Tips Menjadi Orang Tua Hebat

Semua orang tua dulunya adalah anak-anak, oleh karena itu semua anak bisa menjadi orang tua, namun tidak semua orang tua bisa menjadi orang tua yang hebat untuk anaknya. Diperlukan komitmen dan pengorbanan akan waktu serta tenaga untuk menjadi orang tua yang hebat.

Sebagai orang tua tentu Anda mendambakan seorang anak yang cerdas, berkarakter kuat dan berguna bagi lingkungannya bukan? Hal ini tentu tak bisa terlepas begitu saja dari peran orang tua. Menjadi orang tua yang sukses dalam mendidik anak tentu ada triknya.

Berikut ini beberapa tips menjadi orang tua yang hebat, dikutip dari Boldsky.

1. Tetap Membuka Mata

Ketika anak masih dalam masa pertumbuhan, mereka cenderung lebih aktif mencari tahu hal-hal baru. Pastikan perhatian Anda tak lepas dari buah hati Anda, upayakan dia tetap berada di zona aman dan tetap menjaga mereka dari hal-hal buruk yang berada di sekitar mereka. Selain itu Anda juga harus lebih sensitif, ketika anak yang aktif tiba-tiba diam atau anak yang pendiam tiba-tiba agresif.

Kedua hal tersebut merupakan cara mereka menunjukkan sesuatu kepada Anda. Tetaplah untuk membuka mata dan waspada akan segala kemungkinan.

2. Berkomunikasi Dengan Guru Sekolahnya

Sekolah merupakan tempat anak mendapatkan pendidikan kedua setelah keluarga. Oleh karena itu sebagai orang tua wajib membangun hubungan yang baik pula dengan guru sekolah. Guru dapat memberi tahu tentang segala perilaku yang dilakukan anak-anak Anda di sekolah, sehingga orang tua tahu bagaimanakah cara memberikan treatment yang benar kepada anak.

3. Bersosialisasi

Mengurung anak di dalam rumah memang aman, namun akan membuat anak Anda kurang bisa bersosialisasi dengan baik di masa depan. Oleh karena itu biarkanlah ia bersosialisasi dengan teman-teman seusianya. Dengan bersosialisasi akan membantunya mengembangkan diri dan membentuk karakternya secara alami.

4. Membantunya Menjadi Individu yang Independen

Meskipun ia merupakan anak semata wayang Anda, namun sebaiknya Anda tak memanjakannya secara berlebihan, hal ini akan membuatnya selalu mengandalkan orang lain dalam hidupnya. Bangunlah sifat independen pada dirinya sejak kecil.

Hal ini juga membuatnya mengerti bahwa melakukan segala hal secara mandiri merupakan hal penting dalam kehidupan.


0 komentar:

Poskan Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
23