23.2.15

Mythomania: Penyakit Suka Berbohong demi Pengakuan

Mythomania. Istilah ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1905 oleh seorang psikiater bernama Ferdinand Dupré. 

Mythomania adalah kebohongan yang dilakukan seseorang bukan dengan tujuan menipu orang lain. Penderita gangguan Mythomania akan membuat dirinya sendiri percaya bahwa kebohongan yang dia buat adalah nyata. Yang membedakan Mythomania dengan kebohongan biasa adalah.. penderita Mythomania sering tidak sadar bahwa dia sebenarnya sedang berbohong dan menceritakan khayalan yang ada dalam kepalanya.

Kebohongan-kebohongan yang dilakukan olehnya cenderung di luar kesadaran, yang artinya adalah dia tidak tahu/tidak sadar bahwa orang lain akan merasa terganggu dengan kebohongannya, karena yang terpenting baginya adalah dirinya mendapat pengakuan oleh sekelilingnya, pengakuan terhadap ‘kenyataan’ yang ingin ia wujudkan demi melarikan dirinya dari kenyataan sebenarnya yang tidak mau ia terima, dengan tanpa rasa menderita ataupun perasaan bersalah.
"...karena yang terpenting baginya adalah dirinya mendapat pengakuan oleh sekelilingnya, pengakuan terhadap ‘kenyataan’ yang ingin ia wujudkan demi melarikan dirinya dari kenyataan sebenarnya yang tidak mau ia terima."
Salah satu penyebab mythomania adalah kegagalan-kegagalan dalam kehidupannya, bisa jadi berupa kegagalan dalam hal studi, masa kecil, masalah keluarga, kisah-kisah sentimentil, bahkan kegagalan dalam hal pekerjaan (namun jangan keliru, pada saat ia mendapati orang lain mulai meragukan apa yang ia percaya, ia menjadi sadar telah berbohong -detilnya akan dibahas di bawah). Singkatnya, ia ingin melarikan diri dari semua image tentang dirinya sendiri. Jadi, semakin orang lain mempercayai kebohongannya, semakin ia terbantu untuk lepas dari image nyata tentang dirinya yang sulit ia terima itu.

Menurut Wikipedia, pembohong patologis atau mythomaniac adalah orang yang memiliki perilaku yang terbiasa atau selalu terdorong untuk berbohong.

Sementara definisi lengkap dari kebohongan patologis adalah, "Pathological lying is falsification entirely disproportionate to any discernible end in view, may be extensive and very complicated, and may manifest over a period of years or even a lifetime."

Jadi kebohongan patologis itu merupakan suatu kebohongan yang dapat melebar dan menjadi sangat rumit untuk waktu yang sangat lama bahkan bisa sepanjang hidup si pembohong!

Berbeda dengan kebohongan biasa yang membuat seseorang tampak kaku dan salah tingkah saat berbohong, penderita Mythomania sangat lihai dan meyakinkan ketika bercerita, seolah-olah memang itulah hidupnya. Seorang mythomania akan mengesankan kalau dirinya adalah pribadi positif nan sempurna pada orang lain.



Ciri-ciri pembohong patologis:

1. Suka membesar-besarkan sesuatu.
2. Selalu menimpali bahwa dirinya lebih baik dari apapun yang kita ceritakan.
3. Menciptakan realitas sendiri untuk dirinya.
4. Karena mereka tidak menghargai kejujuran, mereka juga tidak menghargai kepercayaan.
5. Bisa jadi seorang hypochondriac juga yaitu orang yang selalu merasa sakit (dibuat-buat) ingin diperhatikan.
6. Sering kontradiktif dengan pernyataan sebelumnya.
7. Bisa berbohong hanya untuk suatu hal sepele.
8. Selalu membesar-besarkan setiap kalimat.
9. Bisa merubah-rubah cerita setiap saat.
10. Sangat defensif ketika dipertanyakan pernyataanya.
11. Sangat percaya apa yang dikatakannya benar padahal jelas tidak benar buat orang lain.
12. Berbohong ketika sebenarnya sangat mudah untuk menceritakan kebenaran.
13. Berbohong untuk mendapat simpati dan terlihat baik.
14. Selalu mendapat nilai baik pada pandangan pertama tapi selanjutnya tidak dapat dipercaya.
15. Memiliki gangguan kepribadian.
16. Jago memanipulasi.
17. Ketahuan bohong berkali-kali.
18. Tidak pernah mengakui kebohongan.
19. Menganggap dirinya legenda.


Pada saat seorang mythomaniac telah berhasil menjerat kita, sedikit demi sedikit kebohongannya merusak dan mengganggu sistem kepercayaan dan keyakinan diri kita. bahkan rasa percaya kita yang paling kokoh pun akan guncang dan kita mulai percaya pada ‘image’ baru yang dia buat, serta perlahan kita meninggalkan kenyataan yang sesungguhnya mengenai si mythomaniac tersebut. Ketika kita mulai sadar akan kebohongannya, pada awalnya ia akan mengelak, kadang disertai dengan kemarahan, kemudian ia akan memanipulasi lagi dari awal dengan tetap pada kebohongan yang sama. Tetapi jika hal ini mulai ia rasakan berat, maka ia akan ‘mengkoreksi’ kebohongannya dengan cara berbelit dan berputar-putar dengan cerita yang baru, dengan tanpa meninggalkan kebohongan awalnya (istilah sekarang ‘ngeles’). Semakin kita mempertanyakan kebohongannya, semakin banyak kebohongan yang ia ciptakan karena pada titik ini, ia sadar telah berbohong, dan seorang mythomaniac yang sadar telah berbohong akan semakin lepas kendali!

"Faktor utama penyebabnya adalah kegagalan-kegagalan dalam kehidupannya,bisa jadi berupa kegagalan dalam hal studi, masalah keluarga, kisah-kisah sentimental, bahkan kegagalan dalam hal pekerjaan (namun jangan keliru, pada saat ia mendapati orang lain mulai meragukan apa yang ia percaya, ia menjadi sadar telah berbohong- detilnya akan dibahas di bawah). Sederhananya, ia ingin melarikan diri dari semua image tentang dirinya sendiri. jadi, semakin orang lain mempercayai kebohongannya, semakin ia terbantu untuk lepas dari image nyata tentang dirinya yang sulit ia terima itu." (Indonesian Hypnosis Society)


Jika anda menjumpai seorang mythomaniac, ingatlah bahwa mereka adalah pemohong pendusta. Jalan terbaik adalah menghindar.


Mythomaniac sendiri sebenarnya adalah korban. Ia korban dari ketidakbahagiaan dalam hidupnya dan korban dari penderitaan yang terlalu terus menerus. Ia tidak mampu mengekspresikan keaslian dirinya sehingga selalu ingin bersembunyi dibalik topeng. Jika anda menjumpai seorang mythomaniac, jalan terbaik adalah menghindar darinya. Namun jika anda ingin menolongnya, jangan berusaha mencari alasan yang masuk akal, atau mencoba menemukan jawaban dari tindakan-tindakan kebohongannya karena itu membuang-buang waktu saja. Berusaha mengerti mengapa ia berbohong adalah sia-sia saja karena jiwanya merupakan sebuah labirin dimana ia hanya berputar-putar saja di situ tanpa ada jalan keluar. Yang bisa anda lakukan adalah meyakinkannya untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Setelah itu, semua kembali kepada si mythomaniac itu sendiri. Hanya dia yang bisa menolong dirinya sendiri. Ia harus menyadari permasalahannya, mengakuinya dan harus memiliki keinginan yang kuat untuk menyembuhkan dirinya. Menemui seorang psikiater adalah merupakan salah satu pertanda bahwa ia ingin menolong dirinya.



Pacar Sering Bohong? Mungkin Dia seorang Mythomania


"Lima tahun yang lalu aku tinggal di Jepang, bekerja di salah satu perusahaan saham," ujar kekasih. 

Dia bisa menceritakan dengan sangat rinci bagaimana kehidupan di Jepang, tetapi saat anda ingin melihat bukti foto-fotonya, dia tidak mau memperlihatkan dengan banyak alasan.

"Aku anak orang kaya, tapi keluargaku berantakan. Sebenarnya aku mendapat banyak warisan, tetapi aku tidak mau mengandalkan itu saja," ujarnya dengan yakin. 

Tapi saat anda memintanya untuk berkenalan dengan keluarganya, dia menolak dengan sejuta alasan yang kadang tidak masuk akal.

Semua orang pernah berbohong, tetapi jangan abaikan kebohongan-kebohongan aneh yang meyakinkan atau khayalan bohong yang dilakukan seseorang, apalagi pacar atau kekasih anda. 

Hati-Hati Terjebak Hubungan Dengan Pria Mythomania. Inilah ciri-ciri pria penderita Mythomania:
  • Sering membesar-besarkan cerita dan kisah hidupnya.
  • Sering membuat kisah bahwa dia adalah korban (orang tua broken home, sering disiksa, sakit parah dan sebagainya).
  • Selalu ingin diperhatikan, karena itu mereka sering mengubah-ubah cerita hingga anda tetap percaya.
  • Seringkali mereka terlihat menawan dan wow saat pertama bertemu, tetapi selanjutnya, kebohongan-kebohongan mulai tercium.
  • Sering ketahuan berbohong, tetapi tidak mengakui dan kembali menceritakan berjuta alasan agar anda percaya.
  • Menyembunyikan dirinya, tidak memperkenankan orang lain melihat identitas diri, foto bahkan sering tidak mau memperkenalkan teman atau keluarganya.
  • Paling sering menjalin hubungan/pacaran jarak jauh. Ada kemungkinan pernah bertemu, tetapi hubungan lebih sering via telepon, BBM, SMS, email dan sebagainya.

Agar Tidak Terjebak Bersama Pria Mythomania. Tidak ada seorangpun yang mau dibohongi, apalagi berkali-kali dengan khayalan yang sebenarnya jauuuuh dari kenyataan. Agar tidak terjebak dalam hubungan ini, perhatikan hal-hal ini:
  • Hati-hati dengan hubungan/pacaran jarak jauh dengan orang yang belum anda kenal secara nyata.
  • Hati-hati dengan pria yang sering menceritakan penderitaan hidup, misalnya sakit parah atau datang dari keluarga yang suka menyiksa.
  • Hati-hati terpesona dengan cerita WAH, dia pengusaha sukses, punya kekayaan, pernah tinggal di luar negeri dan sebagainya. Terlebih lagi jika dia tidak bisa menunjukkan bukti berupa foto atau cerita dukungan dari orang yang mengenalnya.
  • Sering ketahuan berbohong tetapi selalu menyangkal dan menceritakan hal lain untuk meyakinkan Anda (padahal dia kembali berbohong).
  • Sering menolak bahkan tidak mau memperkenalkan anda dengan keluarga atau teman-teman dekatnya, bahkan sering tidak mau menunjukkan identitas diri dengan segudang alasan yang meyakinkan.
Sekali lagi, penderita mythomania adalah orang yang menderita gangguan kejiwaan yang mereka sendiri sering tidak menyadarinya. Mereka membutuhkan ahli kejiwaan untuk bisa sembuh. Karena itu, jika anda terjebak hubungan seperti ini, bijaklah, akan meneruskan atau memutuskan hubungan.

A pathological liar is someone who often embellishes his or her stories in a way that he or she believes will impress people.

theglobal-review.com | vemale.com

82 komentar:

  1. bagus blognya, tapi jangan pake lagu dong ngeganggu kak. karna gak semua orang bisa fokus baca dengan adanya lagu :D

    BalasHapus
  2. Sy cukup prihatin jika anaku menderita spt itu.....ku maafkan ....smg tak spt malimkundang.

    BalasHapus
  3. teman kampus aku ciri2nya sama kayak mythomaniac, dan sekarang berurusan di kantor polisi karna si mythomaniac ini membuat laporan palsu dengan kasus pembullyan padahal tidak ada namanya pembulyan

    BalasHapus
  4. Teman saya ada yang menderita penyakit Mythomania dia berkata kalau dia anak orang kaya raya, punya mobil mewah banyak, ke luar kota setiap hari minggu, dia juga sering menjanjikan ke temen2 yang lain kalau mau diajak ke luar kota tapi tidak jadi karena tiketnya rusak dimakan tikus, dan dia sampai sekarang masih sering menipu... saya sebagai teman juga ikut sedih karena teman saya menderita GANGGUAN KEJIWAAN minta saranya makasih

    BalasHapus
  5. Memprihatinkan memang. Dulu aku juga punya teman yg kaya gitu dan memang aneh klo orang bohongnya udah parah :(

    BalasHapus
  6. pacar sepupu saya ada yang menderita mythomania dan itu benar" sangat mengganggu kehidupan sepupu saya karena dia sering menutupi kebohongan dengan kebohongan yang lainnya...

    BalasHapus
  7. Teman saya menderita mythomaniac, perilakunha sesuai sekali dengan ciri-ciri yang ditulis blog ini. Tapi di sisi lain, dia adalah orang yg pintar dan cerdas. Saya jadi bingung sendiri kenapa dia mesti berbohong. Padahal, tanpa dia berbohong pun semua orang sudah tau akan kemampuannya tersebut.

    BalasHapus
  8. assalamualaikum..selamat malam.....saya saat ini mengalami kasus ini......yang terjadi sama pacar saya.........awalnya saya belum tau ini adalah penyakit yang menyebalkan......tiap hari saya ama pacaran selalu bertengkar......akan sikapnya yang ternyata mythomaniac ini.......hubungan saya jadi gak harmonis.apalagi setelah kebohongannya saya ketahui dia semakin marah.....dan hidupnya dipenuhi beban katanya...dan penuh tekanan..dan sellu mengarang bebas....bnyak imajinasinya...tiap menit cerita nya beda2.......apalgi kalau mmbcrakan tentang mantannya.....kasus ini terjdi stlh dia putus n kcewa berat dengan mantannya sya seperti dibuatnya pelarian tapi dia bilang tulus apalgi bcra kteman2nya kalau sya sma dia gak ada hubungan tapi dengan sya berbeda lagi ucapnnya sllu sya bkin mslh......sekrng pacar sya menghindar bahkan susah ditemui gak mau ditemui apa lgi tgl 13 nov dia ultah..wktu sya ultah tgl 8 dia ada untuk sya...sya berthn s,pe saat ini sabar krna sya mau dia sembuh......hnya kekuatan doa yng bsa mnymbhkannya dan perhatiaan sya yng tulus.....untuk dknlin sma klrga n tmn2nya sllu bnyak alsan n ngrang crta trs......Hnya kpd allah sya mmhn ksmbhan pacaran sya ini....krna sya bngung untuk ktmu dia ajak udh gak bsa.....cpt smbuh yach vien novita kekasih ku....aku ykin akan indah pada waktunya.ALLAH gak tdur.Amin ya robbb

    BalasHapus
  9. sekarang penyakit novie smkin ganas...terakhir dia mmblikkan fakta..dia mmfitnah sya pda semua orang dan klrga sya...yng pernh kita jlnni bersama......habis2san sya di fitnahnya..cobaan apalgi nih ya ALLAH pda hal sya sayang n niat mau mmbtu pnymbhan pnykitnya selian sdh ssh ditemui no sya diblokir...tapi dia msh trs mmfitnah sya pdhl sya pnya itikad baik tuk ktmu dia n smbhin dia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya anda yg mythomaniac. Wkwk

      Hapus
    2. Bener2. Kayaknya dia yg hrs disembuhin. wkwkwkkw..

      Hapus
  10. Jika seorang wanita telah hidup selama 7 tahun dengan suami yang mengidap mythomaniac dan baru mengetahui hal ini pada tahun ke7. apa yang harus dia lakukan?

    BalasHapus
  11. Sabar mas Ardian..
    Saya juga dulu punya sahabat yg seperti itu, cerdas bgt tapi ternyata mythomaniac,
    Ciri2nya persis sama yg disebutin diatas.

    Dia akan memfitnah orang2 yg udh tau dia suka bohong, tdk mendukungnya lagi, intinya memfitnah siapapun demi dpt perhatian dan selamat dr kebohobgan sblm2nya..

    Allah menghadirkan mrk dalam kehidupan kita untuk mengambil berbagai hikmah dan pelajaran. Mrk menjadi ujian org disekitarnya.. Harus ttp bersabar dan berdoa padaNya agar segera disembuhkan :")

    Menghindar adalah cara terbaik jika mrk tidak mau diajak ke psikiater

    BalasHapus
  12. Saya korban temen saya yang mythomania hahaha dan sudah berjalan beberapa waktu saya menjauh dan menghindar darinya

    BalasHapus
  13. saya menemukan satu teman seperti ini, saya yakin dia Mythomania. awalnya kebohongan pertama yang saya sadari itu dia bilang ke teman2 bahwa Ia ke konser pada malam itu, padahal malam itu dia sedang bersama saya. lalu ngepost foto di instagram yang mewah2 dan update, padahal nyolong semua fotonya. bilang pernah dapet jalur undangan PTN tapi nolak dengan alasan jauh (jarak dari satu gedung ke gedung lain) tapi malah masuk PTS dan mengehboh2kan kalau sebenernya dia masuk PTN. parahnya lagi, orangtuanya juga demikian, apa iya mythomania bisa 'menular' secara psikis? jeng jengggg.... :O

    BalasHapus
  14. sesuai dengan ciri-ciri yang dipaparkan diatas, itu sama seperti salah seorang teman saya. Namun yang membuat kita (para teman yang lain) lebih risih lagi adalah semenjak kehadirannya di kelas kami, banyak barang berharga kami yang hilang. Hinggga suatu saat hp salah satu teman saya hilang pada saat ia tengah berkunjung kerumah teman saya. Dengan berbagai kedoknya ketika ditanya oleh mama teman saya, ia mulai bersilat lidah dengan berbagai alasan yang tidak masuk akal. Begitupun dengan hilangnya dompet teman saya yg satu lagi, dengan bodohnya ia mengembalikan STNK, KTP, dan surat penting lainnya kedalam jok motor teman saya. Tapi tidak dengan dompetnya. Apakah hal seperti ini merupakan dampak yang ditimbulkan ketika mythomaniac.nya sudah parah atau bagaimana? Mohon jawabannya. Terimakasih

    BalasHapus
  15. apakah teman saya ini termasuk pengidap kelainan psikologis ini gak yah? Soalnya Dia bilang kalau dia anak angkat tapi dia punya adik yang mukanya mirip kyak di jiplak. Kemudian dia bilang kalau dirinya terkena kanker darah stadium akhir dan divonis dokter kalau hidupnya tinggal 1 tahun lagi dan nyatanya ini sudah tahun ke empat dia masih sehat wal afiat pdahal dri bbrapa kasus kanker darah stadium akhir itu agak susah sembuhnya (tapi ini mungkin saja mukjizat dri yang maha kuasa dia diberi kesembuhan) hanya saja sekarang dia masih sering pingsan tiba2 kalau ketahuan bohong dsb. Yang terakhir sya liat updateannya di sosmed kalau dia lagi full job untuk make up-in org dengan melampirkan 4 foto org dengan muka cantik yg full make up. Krna dri salah satu seperti artis dan sya tidak mau berkomentar pda postingannya akhirnya saya menggunakan pencarian google dengan foto, dan keluar hasilnya ternyta foto tahun 2015 di posting oleh rumah make up dan bridal profesional di jakarta, karena 1 foto ketahuan akhirnya dya penasaran dngan foto yg lain dan sya pun kembali mencari foto tersebut dngan google dan lagi foto trsebut telah di posting oleh MUA di surabaya, sya coba foto ketiga hasilnya juga sudah di post MUA di bukit tinggi. Yg ke4 sdah tdak sya coba lagi sya sudah yakin itu bukan hasil karya dia.
    Apakah orang seperti itu bisa disembuhkan dngan efek jera? Misalnya di skakmat di sosmed?

    BalasHapus
  16. Benar banget apa yang di tulis sama blog ini
    Cewek/mantan saya mengidap mythomania
    Selama 6 tahun berpacaran ketahuan di tahun ke 3
    Awalnya percaya saja sama ceritanya setiap kali tengkar,lama2 janggal juga dari ceritanya,dia cerdas banget

    Sampai akirnya april 2016 kemarin aku ikhlaskan dia daripada akunya yang stress (padahal neh desember mau nikah 😄)

    Dan benar menjalin hubungan via BBM,LINE,WA yang paling disukai

    BalasHapus
  17. Saya Ando di jakarta
    Sampai skrg org mythomania ini ada disamping saya, bahkan jadi ibu dr anak saya
    Saya dan org2 sekitar sadar bahwa ada keanehan dng istri saya, bahkan saya sempat bertemu mantannya dan bertukar pikiran dan ternyata kami sepemikiran bahwa istri saya adalah org yg hidup dalam imajinasinya sendiri, dia berbohong utk sesuatu yg tidak perlu bahkan dia pernah mengarang cerita bahwa saat itu saya sakit parah dan membutuhkan banyak biaya, dia meminjam uang ke teman2 saya dan saya gatau apa apa, sampe skrg kalo saya tanya soal itu dia berkelit bahkan membuat cerita kalo saya memang org yg sakit
    Dia pernah menceritakan mantannya adalah psycho yg suka memukul dan menyiksa awalnya saya percaya itu sampai waktu itu saya sdg dalam pertengkaran besar dan saya meninggalkannya, dia mengarang cerita ke sahabat2 saya dan org tuanya bahwa saya adalah seorang psycho yg suka memukul persis seperti cerita mantannya yg dia pernah ceritakan

    Apakah mythomania bisa menular kpd anak saya?
    Teman2 tau apa yg harus saya lakukan skrg?
    Tks

    BalasHapus
  18. ya disekolah saya ada mythomaniac namanya lisa hanjani. setiap ketemu ama org ngakunya diusir dr rmh ama mertua. dikejar2 ama debitur pdhl yg punya utang kakak iparnya. dr kecil ga disayang org tua, ortunya ktnya sampe sakit pinggang wkt ngelahirin dia, kokonya cicinya pd dirayain ultah, dia doang sendiri yg ga dirayain and cuman dikasi duit, trs dia lempar aja duitnya ke muka papanya (pdhl ketemu keluargany baik2 aja tuh hub nya). dr SMA dibully ama temen, minggat dari rumah, temennya gak ada yg mau kasi tumpangan. dia sakit demam berdarah mertuanya gak kasih dia makan (faktanya mobil rumah, biaya anak sekolah dr mertua). msh byk cerita lg cerita yg aneh2.

    BalasHapus
  19. Hallo.... setelah membaca blog ini barulah saya sadar bahwa pacar saya seorang mythomaniac bahkan pembohong patologi.... kita baru 7 bulan pacaran tapi ketahuan berbohong semenjak 3 bln pertama, sebenarnya dr awal sudah banyak bohong2 kecilnya, tp skenario besarnya memang dimulai dr awal dia nembak saya... saya adalah single parent, dan dia bilang dia seorang single parent jg dgn 1anak berumur 8 thn, sebulan kemudian ketahuan anaknya sudah kls 1 smp... lalu di bilang sudah design dr pekerjaannya skrng, untk pekerjaannya yg lbh baik lagi, krn sy banyak menemukan kejanggalan nya akhirnya sy cek ke kantornya dan ternyata dia masih aktiv bekerja disitu.... aneh orang ini ya.. seolah olah berbohong itu tdk menyakiti orang lain...dan dia lupa kalau kemrn sdh berbohong lalu hr ini berbohong lagi...setiap bertengkar dia pasti bilang mau bunuh diri..titip anak, mnt maaf.bla bla bla.. pd kenyataannya bsk paginya dengan santainya dia wa "pagi sayang", hadeeehh...
    Dan akhirnya Big scenario nya terbongkar... pd hari itu sy mau ke rmhnya, ternyata dia masih punya istri dan 1 lg anak balita....
    Smp skrng gak mau ngaku, dan terus melakukan kebohongan kebohongan.... jujur saja dekat dengan orang ini membuat saya hampir gila... dan dari pada saya jadi gila beneran.. saya mendapatkan hati saya.. dngn tidak mempercayai setiap omongannya... o iya orang ini tidak segan segan bersumpah menyebut nama ALLAH untuk menutupi kebohongannya...
    Andaikan penyakit ini bs disembuhkan....

    BalasHapus
  20. Temen sekelas kampus gua juga gini kayanya, emg gua dari awal udh ga percaya si ngeliat dari gelagat2nya. Dia pernah perban tangannya ke kampus (karna telat) dan akhirnya boleh absen, tapi besoknya tangannya gapapa, dan lukanya di tangan kanan padahal dia naik motor. Dan gua baru liat juga barusan aja kalo di fbnya dia kaya punya pacar hayalan gitu dari tahun 2012, sampe skrg msh pacaran (statusnya doang) tapi kalo updat status jomblo mulu. Dia juga pernah main futsal sepatunya jebol, padahal jelas2 dia baru beli karna dia lupa copotin label harganya, dan sepatunya juga masih mulus banget, tapi dia tetep ngelak katanya udah lama dipake, heeuu.

    BalasHapus
  21. Yg pernah berurusan dengan org mithomania atopun yg skrg lg ngidap mythomania , gabung di grup yuukk,, nama grup nya mythomania ^ ayo kita berbagi ^

    BalasHapus
  22. Temen ku juga ada yg ciri2nya sama dgn yg disebutkan diatas... dia selalu membual banyak hal. Awalnya aku gak ngeh tp lama2 aku mulai sadar kalo semua ucapannya bohong. Dia sering cerita yg wah sampai bikin teman2 lain berdecak kagum, tp apa yg dia ceritakan sama sekali gak terbukti. Dia pernah bilang kerja di cafe milik tantenya, tp saat aku berkunjung ke rumahnya.. ibunya bilang kalo dia (anaknya) belum pernah bekerja. Kebiasaan paling buruk adalah.. dia suka bikin status 'at cafe ---' 'lagi otw liburan ke ---' 'lagi shopping di mall---' beserta mengganti foto profile bbm dg foto2 makanan/perjalanan dimobil/foto2 tempat wisata/foto barang2 bagus. Tapi semuanya itu bohong, karena foto2 yg diuploadnya adalah foto curian dari instagram orang lain.. (salah satu foto tsb dicolong dari ig temennya temen gue, mereka gak saling kenal in real life satu sama lain) pantes aja tiap foto profile yg dipajangnya gak pernah keliatan wajahnya.. selalu bagian wajah dicrop/diberi sticker. Padahal dia typical orang yg suka banget selfie dan bangga dgn wajahnya.
    Sekarang udah hampir kena batunya, temen2 sekelas dikampusnya udah gak ada yg mau berteman sama dia, karena mereka mulai tahu sifat aslinya gimana.. sampai akhirnya dia pindah dr kelas reguler ke kelas non-reguler/karyawan dan tetap melancarkan aksi kebohongannya ke teman2 baru dikelas barunya. (jfyi, aku tahu karena pacarnya temenku jadi satu kelas sama dia dikelas karyawan)

    BalasHapus
  23. satu2nya saudara kandung saya jelas mengidap ini.. baru ketahuan 2014 kmrn setelah ada badai di antara kami.. sebelum2nya yg saya sadari cuma dia suka mencuri pengalaman2 saya yg menarik lalu diceritakan ke orang2 lain sbg pengalamannya, bahkan sampai ke titik ngotot dan saya yg dibilang bohong. setelah setahun hubungan dingin, saya cb baikan lagi tapi tetap ga mau terlalu akrab. saya kira sudah lewat penyakitnya itu. ternyata semalam terjadi lagi dia mencuri pengalamn saya dan adu ngotot sampai cukup panas di dpn kluarga kami, pacarnya, dan pacar saya. semua menyalahkan saya. saya lelah dan kesal sekali, sampai saya paksa kakak saya jelaskan detail2 kejadiannya seperti apa, dia ga bisa ingat jelas karena memang jelas2 dia ga ada di TKP kok. setelah bbrp lama baru dia sadar ternyata itu bukan pengalamannya. orang2 lain akan bilang saya trll membesar2kan masalah, tp saya lelah hidup berdampingan dari kecil dengan org yg seperti ini. badai di 2014 cm ledakan yg belum selesai ternyata. sudah capek dan bingung mau curhat ke mana, orang2 yg saya curhati seperti ortu dan pacar, ujung2nya simpati sama kakak saya dan bilang saya yg terlalu keras. yg bisa mengerti saya cuma teman2 yg dulu pernah akrb dgn kakak saya juga dan mereka juga menyadari keanehannya tsb. kapok saya cerita pengalaman2 saya yg seru dgn detail sama dia. ga mau percaya lagi kalau dia sudah sembuh.

    BalasHapus
  24. Ciri2 di atas dan pengalaman kalian semua sama seperti yg saya alami. Saya di dekatin adik kelas saya adalah seorang yg mengidap penyakit mithomania, awal perkenalan, saya liat dia suka duduk di kantin menyendiri, dan ga ada teman yg main sm dia, dia crita klo temannya suka minjam uang, suka manfaatin dia,dia banyak melakukan kebohongan2. Saya menyadarinya ketika dia sudah terlalu banyak berbohong contohnya: dia seorang anak orang kaya, bapaknya mempunyai tambang minyak di kalimantan, terus dia bilang masing2 anggota kluarganya punya mobil pribadi, seperti dia juga punya mobil sendiri, dia bilang mau bawa mobilnya ke kampus, tapi ga di bawa2, saya pikir hmm mungkin karna macet makanya naik motor dia, lalu dia bilang abangnya ada 2, yg 1 kerjanya di luar negri di pabrik BMW, yg 1 lagi kerjanya jadi pramugara, lebih gila lagi mau di jodohin sm saya. Trs dia bilang suatu saat dia chat saya minta di temani mengambil mobil barunya di show room mobil,katanya abangnya udah bayar lunas dan uda brangkat kerja keluar negri karna ada urusan mendadak, dia mohon2 sama saya (saya masih belum sadar kalo dia seorang mithomania) yaudah saya mau temenin ehh taunya uda di ambil sendiri nah saya belum sadar. Semua KEBOHONGAN yg di buat seolah2 benar critanya. Kemudian dia bilang rumahnya gede banget katanya kalo mau datang main bilang ke dia. Suatu saat saya uda sampe di kompleknya tp dia ga bales2 chat saya. Memang brengsek dia. Saya nunggu 3 jam di deket situ sampe ujan tp ga di bales2 pas uda malem baru di balas. Alasanya ga masuk akal apalah. Saya marahin aja. Sampai sekarang saya gak akan peduli dengan orang gila seperti dia. Bodo amat. Terakhir dia bilang, libur semester 2 di jalan2 ke jepang dengan ibu dan abangnya. Saya liat dia ga ada pasang foto jalan2 kejepang. Trs dia bilang mau ngasih ole2 dari jepang tapi semuanya bullshit. Saya kesel banget rasanya mau ngatain dia tukang bohong. tapi sampe skarang saya uda putus kontak. Saya blokir kontaknya wa line instagram. Karna uda terlalu muak dengan mukanya yg sok2 kalem.
    Selama ini saya membuang waktu saya 2 bulan lebih untuk orang GILA namanya AYU ETANIYA!!!!
    Kalo saya ke kantin tuh bocah ga pernah ada semejak dia tau saya marah. Ngumpet mulu di kelasnya. Memang bodoh itu orang.....!!!!!

    Dan sampe sekarang ga ada yg di buktikan dari omongannya yg besarrrrrrr

    BalasHapus
  25. Teman saya juga punya kelainan seperti itu. kitanya bingung. mau kita jujur takut menyakiti perasaanya.

    BalasHapus
  26. Sebenernya, cara mengajak mereka ke psikolog itu gimana ya kalau mereka udah defensif duluan?

    BalasHapus
  27. saya ingin jujur dengan blog ini...
    Saya dapat tegolong sebagai Mythomania,
    sudah tertanam dan menjadi kebiasaan saya untuk memanipulasi orang-orang disekeliling saya hanya untuk pengakuan agar dapat diterima dalam pergaulan semua orang. bahkan dari dalam setiap pergaulan saya berbohong. dan jujurnya saya belum pernah ketahuan sama sekali, karena saya akan menyadarinya jika saya akan terlihat berbohong, mungkin karena saya sudah sangat mahir melakukannya.
    namun lama kelamaan saya sadar banyak masalah yang timbul diluar perkiraan saya. dan memuat saya semakin gelisah dan tenggelam. dan sampai saat ini saya masih belum dapat memperbaikinya.

    BalasHapus
  28. Oh jadi selama ini saya itu mythomaniac toh hahaha:-) baiklah mulai sekarang saya coba buat ngomong jujur dan bisa nerima kenyataan. Makasih banyak infonya, ngebantu banget^^

    BalasHapus
  29. Gw juga punya temen kayak gitu. UNgibul selangit, begonya dulu gw percaya aja lagi. Sekarang buat yg udah pada tau udah biarin aja mereka. Ga usah ribet2 bantuin entar dia play victim, elu difitnah. Si tukang tipu ini biasanya juga pengkhianat. Cuekin aja, lumayan hiburan gratis. Entar lama2 juga capek sendiri orangnya.

    BalasHapus
  30. jujur saja sy bingung harus memulai dari mn cerita sy ini...tpi setelah saya membaca blog ini dn juga para komentatornya sy jd semakin percaya dengan kecurigaan sy selama ini bahwa orng/cewek yng sy syngi selama ini adlh orng mythomaniac. tpi yg saya herankan dia pernah bilang dngan sy kalo dia mengakui keadanya bahkan dia bilang klo tidak berbohong sekali saja dlm 1 hari rasanya hidupnya tidak nyaman dan kosong, sementara dia menyadari dn mengatakn pada sy hal itu (klo dia sering bohong) tpi kami sngat2 saling menyayangi dia mau melakukan apapun untk sy, tpi yg ga sy sukai kebohongan itu dia lakukan ke pada keluarganya sendiri termasuk pd ibu nya (di bohong sejak dia masih ank2 dn sekarang sdh 27 thn) dn dia lakukan tiap hari di setiap saat.klo kita sedang bertengkar maka dia akan berkata munafik/lain di kata lain pula kejadiannya tpi memang dia tidak sampai memfitnah saya. (meski beda2 tipis lh) tetapi yg saya herankan kenapa dia punya rasa sayang yg amat sangat dengan sy dan kadang2 dia mengakui tentang semua yg dia bohongkan selama ini, dn dia sadar klo dia suka bohong, tpi yg jd masalah memang dia temperamen suka marah2 dan tidak terkendali sehingga sangat membahayakan dia sendiri dan juga sy, dan dia tidak mau tau. (yah persis seperti apa yg di tulis di blog ini lah). memang jalan satu2nya, bisa tidak bisa, tega tidak tega sy harus menghindar. semoga bisa sembuh "nining" kekasihku.

    BalasHapus
  31. Saya sendiri adalah seorang MYTHOMANIAC , hal ini terjadi akibat keraguan , kegagalan , love ,persahabatan dan broken home. Selama 2 tahun ini saya seperti gangguan jiwa berganda ketidakpuasan menuntun saya untuk menjadi lebih, lewat berbohong ketika keberhasilan terwujud lewat suatu kebohongan . Saya sangat menyukai hal itu . Hidup terasa lebih aman dan seakan Kau punya topeng yg bisa memanipulasi keadaan yg kau temui dihapanmu. Hal ini semakin megguncang ketika saya mencoba untuk mendapat seorang yg bisa di percaya lewat seorang wanita. Yg saya sangat cintai'i di waktu sma. Namun buruk hal itu tidak berhasil seakan ketidakadilan dalam hidup . Dia hanya orang bisa tetapi tak mampu , oleh karena aku sedikit stress didalam hal nyata aku bisa mendapatkan seorang wanita yg 4x jauh melebihi dia akan tetapi rasa penasaran ini tak mampu menaklukan dia. Setelah lulus aku hanya menunggu dan mengikuti dia ketika kuliah waktu sedikit lama menunggu jawaban "iya" selama 4 tahun ini.keraguan dan harapan hilang ketika teman yg terdekat hilang dan menjauh ketika mereka memdapatkan dunia baru. Hal ini semakin menambah gejolak ketika usaha keluarga mengalami kemunduran. Hancurnya harapan melangkahkan kaki ke jurang yg salah untuk berada di ketenangan lewat alkhol
    Drugs aku rasa . Aku tenang namun hanya sesaat . Aku mencoba minta di rukiyah semua pikiran menjadi tenang hanya saja jika aku ingin kembali ke identitas sebenarnya berserahkan diri kepada pencipta dan selalu tersenyum ketika situasi tidak memungkinkan untuk dihadapi. Orang yg bisa mengendalikan diri dan tenang adalah orang kuat sebenarnya . Pesan dari seorang tabit. Aku menjadi sadar ketika teman ku berkata kau telah menjadi bagian dari darah ini . Ketika aku berada di rumah sakit jiwa akibat drags. Disitu aku rasa aku seakan hidup kembali dan mencapai puncak baru di hidup ini . Maaf ini hanya pengalaman penderita yg bisa di tuangkan di dalam sebuah komentar. "Seburuk apa arti kejujuran akan terlihat manis jika telah terucapkan" WHO AM I 20th

    BalasHapus
  32. Saya korban, dan benar saja dia penipu kelas kakap. Dia membohongi saya , keluarga saya. Haha orang kaya gini berkhayal terlalu tinggi dan harus di cuci otaknya

    BalasHapus
  33. yang paling bikin emosi, gw punya tetangga mythomaniac. sebelah rumah persis lg. yang bikin bete lagi, keluarganya jg pada nurut ama itu si mythomaniac. Ya Tuhan, uda akhir jaman nih kayakny dunia. tukang tipu, tukang bohong merajalela. org org baik cmn bisa diem aja and mengalah.

    BalasHapus
  34. Klo ada org yg mythomania trus dia niat sembuh tpi dlm prosesny malah pda kontra sma dia, klo kya gtu gmn ya???

    BalasHapus
  35. Sedih bila mempunyai seseorang keluarga yang mythomaniac. yaitu bokap gua. Dia merasakan paitnya dunia begitu byk. kegagalan demi ke gagalan menghantuinya. Ini terjadi saat bokap gua ninggalin nyokap gua dan adik2 gua. Disaat itu ia mengalami kesuksesan begitu besar, sampai perusahaannya bangkrut dan istri barunya meninggalkan ia. depresi yang begitu besar membuatnya menjadi mythomaniac. Gua ingin buat bokap sembuh tapi sulit ia selalu berkata dengan khayalan yang seolah olah ia sudah lakui. bahkan dia mengaku sebagai soekarno presiden pertama hahaha gua sedikit pusing dengan apa yg bapak gua katakan. Gua nyoba buat tenangin hatinya, ia itu berhasil hanya sesaat saja dia menjadi waras dan kembali berkata2 hayalan. mungkin ini sebuah karma jatuhnya. Gua berjuang untuk sembuhin dia selalu ngajak ngobrol tentang ingatannya yang waras dan hal itu menjadi semakin sulit. apa daya ku hanyalah seorang mantan 12th mythomaniac yang sembuh dengan sebuah rangkulan seorang teman. gua tidak seperti mythomaniac lainnya. Gua membuat suatu keceriaan dalam cerita khayalan untuk mempunyai teman, untuk bisa dianggap oleh teman teman. Karena gua selalu sendiri.INI FAKTA BUKAN SEBUAH KARANGAN CERITA. dan salah satu cara menyembuhkannya dgn sebuah pengakuan, dgn cara mengingatkan kembali kemasa jayanya, engga cepat semua itu ada tahapan dan proses inilah yang sedang gua lakuin untuk nyembuhin bokap, doain ya guys semoga bokap gua cepet sembuh aamiin

    BalasHapus
  36. Jujur, saya penderita mythomania. Sejak kecil. Ibu saya juga sepertinya menderita hal yang sama. Saya belajar berbohong darinya. Dan kini saya lebih ahli berbohong dari pada beliau. Sementara ibu saya nampaknya sudah bebas dari mythomania dengan keinginannya sendiri. Saya juga dapat tahu pasti jikalau orang lain berbohong. Menyaksikan kebohongan-kebohongan secara gamblang ternyata menyentil diri saya pribadi. Sampai kapan saya berkelut dengan kebohongan itu. Setiap hari saya berkhayal tentang hal-hal yang tidak terlalu penting, tapi sangat penting untuk dunia khayal saya. Saya bisa berbohong dengan lihai tanpa seorang pun tahu kebohongan saya. Saat dicurigai, saya dapat memutarbalikkan keadaan sehingga saya menjadi sosok yang dipercayai dan dikagumi orang di sekitar saya. Kadangkala berbohong itu menyiksa diri sendiri. Setelah sadar telah berbohong saya akan menangis sendiri, tapi esoknya melakukan kebohongan yang sama. Membaca komentar disini juga sedikit menyinggung saya. Berapa banyak orang yang saya bohongi dengan khayalan saya. Berapa kebohongan yang saya lakukan untuk kebohongan lain? Seberapa benci orang-orang di sekitar saya kalau tahu saya adalah mythomania. Saya ingin sembuh. Saya bertekad sembuh. Namun, kadangkala saya tidak sadar klu sedang berbohong. Atau kadangkala ada perasaan pusing jika tidak berbohong dalam satu hari. Ini sangat menyiksa.

    BalasHapus
  37. Saya memang kurang bisa bergaul sejak kecil, saya tertekan dengan keadaan keluarga besar maupun inti yg memang kurang harmonis. Sering saya melihat kebohongan setiap harinya, sehingga seperti terpatri di otak kalau dunia benar tidak adil. Saya terkadang berbohong sesuai dgn situasi yg sedang terjadi, sedang bergaul dengan siapa. Saya sering sekali diacuhkan dan tidak dianggap di lingkungan jadilah saya sering membual saat kuliah ini:(. Khalayalan di otak saya terlalu banyak, sempat terpikir hanya ingin mati saja karena malu dengan segala kebohongan saya.

    BalasHapus
  38. Applause buat yang bikin nih artikell..
    dibeberin semuanya.. persis bgt sama temen kerja gw.

    dulu gw merasa bingung kok ada ya orang bgitu? ternyata emang itu adalah sebuah penyakit.
    semua isi dalam artikel ini asli, persis dan nyata.
    satu sisi benci bgt sama orang tukang bohong bgini, tapi disisi lain sedih juga.
    semua temen kerjanya termasuk saya ngga ada yg mau ngajak ngobrol dia berlama-lama, dan slaginya ngobrol itu juga mengenai masalah kerjaan aja yg sekiranya penting.
    tapi klo mau diajak ngobrol bcanda, dia ceritanya sangat berlebihan, bikin pengang telinga, dan bener2 bikin mual.
    dia ngga sadar padahal temennya tau betul dia itu berbohong.

    BalasHapus
  39. Semua tentang saya.. Kadang sedih dengan kenyataan kalo saya seperti itu..
    Bener kalian semua mending jauhi kita :) kita manusia Mythomania memang manusia yang gagal dengan hidup bahkan saya sebagai manusia yg merasa mengidap kelainan jiwa itu tidak tahu siapa saya,kehidupan saya,dan kenapa saya hidup..
    Panjang lebar kalo saya ceritain tentang gangguan ini.. Lagi pula ini semua tidak penting.. Anggap saja kita sampah, anggap saja kita kegelapan yang tidak layak mendapat cahaya.. Tinggalkan kita adalah jalan terbaik karna semakin kalian menjauhi kami, kami akan semakin gelap dan di abakain :)
    Saya berharap semua orang yang baca disini jangan sampai seperti kita.. Karna ini semua sungguh sangat memuakan

    BalasHapus
  40. Hmm, sepupu saya jg gini, Pinter ngomong, Pinter akting,pinter bergaul diawal,sering nipu dan merugikan banyak orang, sampai akhirnya ia dibenci banyak orang dan tidak dipercaya lg.Cuman satu sih pesan saya buat yg terkena penyakit ini. JADI DIRIMU SENDIRI MAKA DUNIA AKAN MENYESUAIKAN. Stop berbohong. Jgn dibiasakan dan jgn dijadikan Hobby.

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Penderita mythimania sendiri korban, tapi mereka juga berpotensi membuat orang lain menjadi korban dari kebohongan dia. kasihan sekali..
    Nice info, suka postingannya. :)

    BalasHapus
  43. sepertinya suami saya mengidap mythomaniac ini, saya mengetahuinya semenjak dia sering keluar malam dan nongkrong di warung dekat rumah, karna waktu mama saya belanja ke warung itu anak yg punya warung nanyain 'menantu ibu hebat, punya kontrakan banyak, bengkel, sama kebun yg luas' tp mama diam aja, yg jawab malah yg punya warung 'kalo emg bnr punya bnyak usaha, ga mungkin istrinya kerja sampe malam' (kebetulan suami tdk bekerja, dan tdk mau bekerja karna terlalu asik dgn hayalannya) pas pulang mama cerita ke aku, duuhh malunyaaa sampai2 males kalo mau belanja ke warung komplek, trus di perkumpulan kami jg gitu, sama omongannya, malah ada org yg kasian karna ga ada kerja tp males bantu karna sombong, cape dehhh...trus langsung saya konfirmasi ke suami 'dia malah marah2, dan bilang mmg bnr semua usahanya itu tp hasil uangnya dikasih ke ortunya, sampe2 org yg ga tau apa2 dibawa2 masuk dalam hayalannya, lalu karna marah dan kesal ketahuan bohong, akhirnya dia bilang kita sdh ga ada kecocokan lg trus malah ngajak cerai,fuuuhhh..parahhh...

    BalasHapus
  44. Ada seorang teman saya yang memiliki gangguan seperti ini, awalnya saya merasa kasian dan mencoba memhami, namun semakin mencoba memahami dia malah semakin banyak bohong, saya jadi semakin kasian sama dia, tapi si dia malah bikin sakit hati. pokoknya berhubungan dengan orang seperti ini itu susah. kadang kalau pakai hati kasian, kalau pakai otak pengen nendang. hehehehheh. doa aja moga dia segera sadar.

    BalasHapus
  45. Suami saya mythomania akut, sdh tdk ada jati dirinya lagi. Saya yakin dia tidak bermaksud buruk tetapi krn kebohongannya pada akhirnya dia terjebak kasus hukum penipuan (dalil investasi yg sebenarnya tdk ada). Awalnya laba tercover dari tabungan sendiri shg akhirnya terjerat hutang.Yang dia perlukan hanya eksistensi, penghargaan dimata orang, termasuk saya, harus sempurna.
    Dimana pun dia berada akan spt itu lagi.Perkataannya dari A-Z tdk ada yg benar. Apa masih ada harapan dia bisa hidup normal sementara realita hidup kami cukup baik, saya bisa cover semua kebutuhan jika tanpa harus melunasi hutangnya. Apakah ada cara spy suami saya bisa sembuh dr mythomanianya?

    BalasHapus
  46. Suami saya mythomania akut, sdh tdk ada jati dirinya lagi. Saya yakin dia tidak bermaksud buruk tetapi krn kebohongannya pada akhirnya dia terjebak kasus hukum penipuan (dalil investasi yg sebenarnya tdk ada). Awalnya laba tercover dari tabungan sendiri shg akhirnya terjerat hutang.Yang dia perlukan hanya eksistensi, penghargaan dimata orang, termasuk saya, harus sempurna.
    Dimana pun dia berada akan spt itu lagi.Perkataannya dari A-Z tdk ada yg benar. Apa masih ada harapan dia bisa hidup normal sementara realita hidup kami cukup baik, saya bisa cover semua kebutuhan jika tanpa harus melunasi hutangnya. Apakah ada cara spy suami saya bisa sembuh dr mythomanianya?

    BalasHapus
  47. Akhirnya saya menemukan penyakit saya. Dalam hati kecil, saya ingin jujur, tapi kenapa setiap di hadapan orang-orang saya selalu terpacu untuk melakukan kebohongan. Sesaat saya selalu berpikir keras cara agar saya jujur, tapi pada akhirnya saya melakukannya lagi. Saya pernah mencoba untuk tidak berbicara dengan orang lain hanya menjawab seperlunya, tapi saat saya mencoba bebicara lepas kembali, hal yang sama terulang lagi.

    BalasHapus
  48. Saya adalah seorang mythomania. Sudah bertahun tahun saya melakukannya dengan peran yang berbeda2. Bedanya saya tidak melakukannya di dunia nyata hanya di dunia maya. Saya sangat menikmati peran saya sebagai orang lain. Di socmed saya adalah gadis muda tapi dewasa, pintar secara akademik, selera humor yang tinggi dan berkelas, nice, humble. Pokoknya semua karakter yang disukai orang ada pada tokoh yang saya mainkan. Sebatas itu, saya tidak menipu dan merugikan secara finansial sebaliknya saya beberapa kali merugikan diri sendiri dengan memberikan hadiah ke beberapa teman di jejaring sosial hanya supaya image saya lebih meyakinkan sebagai orang baik. Padahal sebenernya saya tidak punya uang lebih.

    Yang membuat saya berpikir kadang kenapa saya harus melakukan ini. Kehidupan dunia nyata saya gak ada masalah, gak ada trauma masa kecil, gak ada kekerasan apapun itu. Suami saya orang yang baik, lugu dan pemaaf. Anak2 saya pintar dan berkembang dengan baik. Justru seringkali masalah timbul akibat aktifitas saya di dunia maya yang sudah sampai tahap addicted.

    BalasHapus
  49. Apa pacar saya juga seorang penderita mythomania ?
    Setiap kali ada masalah pasti dia bilang dia terluka, kecelakaan dan bla bla bla pdhal saat bertemu, saya tidak melihat adanya luka sedikitpun. Semuanya terasa aneh saat dia berselingkuh di belakang saya, tp tetap saja dia tidak mengakuinya bahkan dia bersumpah atas nama Tuhan. Dia bilang sering menceritakan tetang saya di hadapan teman dan orang tuanya pdahal faktanya semua temannya pun tdk ada yg mengenal saya . Parahnya lagi setiap kali dia bicara pasti selalu tampak dia itu cerdas dan dewasa makannya dia selalu sukses terlihat perfect di awal perkenalan .

    BalasHapus
  50. Penyakit ini memang bisa sangat berpengaruh pada kehidupan sosial seseorang, Apalagi saat ini banyak yang haus akan pengakuan sosial.

    BalasHapus
  51. Setelah setaun lebih dia pergi meninggalkan saya tanpa sebab barulah saya tau kalau dia seorang mytomaniac,bersyukur bgt dia ninggalin saya walau saya harus mnjadi single mom buat bayi saya tp itu lebih baik karena anak saya akan terhindar dari efect negtive ayahnya. Semoga ga ada yg seperti saya memiliki suami mhytomaniac ngncurin hidup saya dan keluarga saya.

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. Bersyukur tau dr sekarang... Sebelum terlambat.

    BalasHapus
  54. Saya bersyukur menemukan tulisan ini, karena ini yang sedang mengacaukan organisasi saya, karena ada orang yang dengan penyakit mythomania ini, sekarang ini dia banyak menipu anggota organisasi mentoring bisnis kami, karena orang ini awalnya di percaya untuk mengelola organisasi kami namun setelah bebrapa pertemuan tanpa kita ketahui dia ini menipu banyak anggota baru dengan iming-iming investasi. sekali lagi terima kasih atas tulisannya..

    BalasHapus
  55. Blog yang bagus, aq dapat pengetahuan baru, jadi tidak marah-marah lagi karena ternyata teman yang melakukan kebohongan ini karena dia mytomania..

    BalasHapus
  56. I know this web page provides quality depending content and other material, is there any other web site which presents these things
    in quality?

    BalasHapus
  57. Itu kenapa ada komen yang dihapus yah min, padahal dia menceritakan detail musibah yg dia hadapi selain mitomania juga menderita klepto, pencuri dsb dan people harus aware sama orang2 seperti itu

    BalasHapus
  58. aku pengidap penyakit ini. aku lihai berbohong namun tidak ketahuan.aku berbohong untuk masalah sepele. aku berbohong ketika aku tidak fokus sm kerjaan dan terlihat setres. kemudian di tanya terus menerus oleh teman ada masalah apa. aku terus bilang gapapa. emang ga ada apa-apa. keluargaku baik2 aja. tapi, mereka bilang aku bilang gapapa itu kyk ada apa2. semua memberikan perhatiannya, akhirnya aku malah berbohong tanpa sadar. bohong kalau aku mengidap penyakit, bohong klo aku broken home padahal enggak. saat cerita aku jg lihai. mengalir dan aku merasakan ini nyata ceritanya. tapi, seiring berjalannya waktu, aku lelah. aku dihantui ketakutan. kalau ketahuan gimana ya. rasanya ingin pindah dari tempat kerja ini. hilang kontak dengan mereka. tapi, setiap aku beribadah, aku merasa hina. sampai aku berfikir untuk jujur berkata. aku sudah bisa jujur, tapi ada saja suatu keadaan yang membuatku berbohong. dan itu mengalir. itu amat nyata.saat berbohong di kepalaku ada gambaran nyata.aku berbohong ketika aku izin tidak bekerja aku bilang izin krn ada yang meninggal. dan itu org penting bagi hidupku. pdhl org itu masih hidup. aku pun menyembunyikan hal itu. setelah mengatakan kebohongan itu, aku berfikir orang itu nnt jg mati. tapi selama hiupnya aku harus menyembunyikannya.
    kemudian ada kebohonganku yg masih dipercaya sudah puluhan tahun. jd aku anti sosial jg. aku bisa menyimpan menutupi rapi. aku pintar manipulasi. tp, aku jg ingin sembuh. tolong aku

    BalasHapus
  59. Tolong bantu aku yang mengidap ini...Selasa, 15 Mei 2018 pukul 20.21.00 WIB

    Adakah disini yang sembuh, karena aku sendiri mengidap penyakit ini, temen2 ku belum pada tahu soal diriku yang suka bohong, tetapi hari ini orangtuaku mengetahui kebohonganku ada banyak sampai ibuku menangis dan ayah ku sakit menghadapi aku, aku sudh berusaha untuk berubah tetapi terjadi lagi dan lagi, kemudian aku coba mencari2 apa yang aku alami saat ini knp jiwaku seperti ini yang aku takutkan jika diteruskan terus menerus akan berpengaruh dengan sama depan ku karena aku juga memiliki sikap yang tertutup, masih belum jelas lagi pekerjaan ku yang serabutan padahal sarjana tambah yang terpenting adalah orangtuaku... Mohon dong pencerahan saat ini aku berusaha dengab berdoa dan menguatkan imanku...
    Terimakasih blog ini membuatku menjadi tahu tentang jiwaku yang merugikan ...

    BalasHapus
  60. Persis seperti yg dialami pacar saya. Pertam kenal ceritanya wahh, dan saya penasaran dg dia, akhirnya saya pgn mngenalnya lebih jauh. Awal kenal dia bilang punya rumah dua, alumni kampus negeri, mulai rajin ke mesjid. Tambah lagi orangnya ganteng putih bersih. Siapa yg ga penasaran. Uda ganteng, sukses, pintar, dan alim pula. Wkwkwk... Tapi setelah kenal lebih jauh, yg benar itu cuma tentang dia mulai rajin ke mesjid, itu mank benar sesuai dg apa dibilang di awal kenal. Bnyak lagi kebohongan lainnya seperti punya mobil dua, punya deposito. Kenyataannya dia cuma tamat smk, tidak pernah kuliah, rumahnya cuma satu, sangat sederhana, mobil tidak punya, jangankan punya mobil dua, sepeda motor aja tidak punya, jangankan depisito, tabungan, dia aja sering minjam duit sama saya. Memang sih saya bukan menyukai dia dari materi, tetapi yg disayangkan, kenapa musti berbohong? Coba dia jujur dr awal, mungkin saya akan tambah respek sama dia. Hal yg paling menyakitkan itu, saya diduain. Selama pedekate sama saya, dia juga memberi harapan sama cewek lain, dan cewe itu ngaku sudah pacaran. Sakittt kali hati ini. Dan saya kepoin fb nya, dia pernah buat status, "akhirnya ketahuan juga, misteri kebohongan, dan misi dianggap selesai". Saya merasa dia melakukan kebohongan itu dengan sengaja.

    Yg lucunya dia pernah mnyangkal kebohongannya dengan berani bersumpah. Kalau dia bohong, dia akan ditabrak kecelakaan di jalan. Jadi saya was was, kalo dia betul2 celaka gimana? Kan saya sayang sama dia. Anehnya dia baik2 aja setelah melakukan perjalanan dr rumahnya ke kantor. Semakin membuatnya terhibur, kalau dia memang tidak bohong. Padahal cewe itu cerita dan buktinya memang ada, dia beliin tu cewe baju couple. Dan mereka memang punya baju sama. Saya tidak ambil pusing itu, krna antara dia dan saya pun juga punya barang2 pemberian, saling ngasi barang. Anehlah, terakhir yg bertengkar hebat itu antara saya dan cewe itu. Rumit kali kyknya yach...

    BalasHapus
  61. Apa penyakit ini bs sembuh???
    Apa bs normal lg?
    Sy jg berinteraksi dg org seperti ini. Sy ingin dia sembuh sy brtahan karna kasian krn sy mau dia normal. Tp sy setres sendiri tdk ada yg bs d ajak curhat yg bs memahami sy n kasus ini. Yg bersangkutan pun tdk mau mengakui kalau dia menderita penyakit ini. Help me please

    BalasHapus
  62. Apa penyakit ini bs sembuh???
    Apa bs normal lg?
    Sy jg berinteraksi dg org seperti ini. Sy ingin dia sembuh sy brtahan karna kasian krn sy mau dia normal. Tp sy setres sendiri tdk ada yg bs d ajak curhat yg bs memahami sy n kasus ini. Yg bersangkutan pun tdk mau mengakui kalau dia menderita penyakit ini. Help me please

    BalasHapus
  63. gimana cara untuk menolong orang yang terkena penyakit ini kalau dia adalah seorang anak di bawah umur ?

    BalasHapus
  64. Thanks infonya... baru bertemu dengan orang seperti ini

    BalasHapus
  65. Sangat perlu berhati-hati karena kita tidak bisa menyelami hati orang yang sesungguhnya, namun informasi ini sangat berguna untuk mengetahui ciri-ciri dari orang yang mengidap mythomania..

    BalasHapus
  66. Mantan pacar saya seorang mythomania. Dia punya identitas ganda. Saya kenal dari SMP dan setelah 20 tahun berlalu saya kembali ketemu lg tapi dia sudah memiliki identitas berbeda. KTP sudah tidak sama lagi namanya dengan nama yg saya kenal sebelumnya. Teman teman nya pun mengenal dia dengan nama yang baru, Identitas baru. Different stories.
    Long story short, cerita singkat kita akhirnya menjalin lebih dari sekedar persahabatan. Dia menjadi kekasih saya saat itu. Saya tertarik dengan cerita cerita dia yang menarik dan menaruh simpati. Karena semua cerita yang pernah dia ceritakan ke Saya. Bagaimana bapak ibunya meninggal, Dan dia harus bertahan sebatang kara di Jakarta. Semua itu menarik simpati sy. Sampai akhirnya sy sadar, kedua orang tuanya masih ada. Semua cerita yg pernah ia ceritakan hanya kebohongannya untuk meminta uang dari saya dari rasa kasihan yang timbul. Seperti ketika dia bilang buliknya di malang jatuh sakit dan mengakibatkan sy harus transfer 10 jt rupiah di tahun 2008. Sudah sembuh sakit lagi sehingga sy harus terus mentransfer uang. Tidak berhenti di situ dia bilang buliknya akhirnya meninggal dan tidak punya uang untuk penguburan. Sy transfer bolak balik, 2-3 juta begitu setiap minggunya. Sampai sy sadar semakin aneh kebohongan yang diciptakanya. Puncaknya, ketika dia menghilang berhari hari bilang mencari pekerjaan di bandara sebagai penadah barang import. Ternyata semua bohong. Dia berselingkuh dengan wanita lain Dan entah sy yang sudah terlanjur dibodohi langsung sadar semua cerita yang pernah dia ceritakan tidak ada satupun yang jujur. Freaky!.
    Sy pilih melarikan diri, Allah masih sayang sy. Btw, dr smp dia selalu cerita punya leukemia dan divonis 2 tahun hidupnya. Tapi sampe skrg 2018 masih hidup 😀.
    You guys/girls becareful kalau ketemu org macem mythomania.

    BalasHapus
  67. itu saya sekali...
    sekarang saya merasa malu dan minder karena kelakuan saya ini..
    bahkan teman-teman, saudara saya, saudara istri dan tetangga istri saya diam jika ketemu saya serta saya tdk dpt kerja sampek skrng...
    hampir semua warga desa istri saya tidak suka dengan saya..
    saya merasa malu dan ingin mengakhiri hidup ini..
    yang paling parah adalah ortu saya juga sudah ngak percaya dng saya..

    BalasHapus
  68. itu saya sekali...
    sekarang saya merasa malu dan minder karena kelakuan saya ini..
    bahkan teman-teman, saudara saya, saudara istri dan tetangga istri saya diam jika ketemu saya serta saya tdk dpt kerja sampek skrng...
    hampir semua warga desa istri saya tidak suka dengan saya..
    saya merasa malu dan ingin mengakhiri hidup ini..
    yang paling parah adalah ortu saya juga sudah ngak percaya dng saya..

    BalasHapus
  69. Way cool! Some very valid points! I appreciate you penning this post and the rest of the site is very good.

    BalasHapus
  70. Magnificent beat ! I would like to apprentice even as you amend your
    website, how can i subscribe for a weblog site?
    The account helped me a applicable deal. I have been a little bit familiar of this your broadcast offered vivid transparent concept

    BalasHapus
  71. I’m not tһat mսch of a online reader too be honest
    but your sites really nice, kdep it up! I'll go ahead and bookmark your site to come bɑck in the future.
    Cheers

    BalasHapus
  72. Because of this if you are having a coverage that gives for low damage provisions, you need to improve that policy
    immediately to be on the better side of the regulation. The
    Legal Services Commission of South Australian has additionally prepared
    the Law Handbook Online which offers an overview of the regulation in on a regular basis language.
    In another stream, we're utilizing machine studying and natural language processing to identify a taxonomy mannequin of suppliers’
    classifications of legal points, and one other considered one of
    consumers’ expressions of those points.
    Would you like to debate your opinion on the threat that technology poses to the English Language?
    We cannot ask for private information like your title or address.
    While Court workers can provide data and entry to types,
    they are not in a position to provide authorized advice.
    Left tackle Donald Penn landed on injured reserve after 4 games with a groin harm while guards Kelechi Osemele and
    Gabe Jackson had been slowed by different ailments. Of course, the very best strategy to ascertain the strengths of your case and the damages you can recover
    for a burn harm is to contact one of many Houston burn damage attorneys advertised on this site as rapidly as potential.

    BalasHapus
  73. Ini adalah kesaksian saya tentang kerja baik Dr Fasoya yang membantu saya, saya Alberto Grace dari Spanyol. Saya minta maaf karena telah memasang ini di internet, tetapi saya harus melakukannya, dengan kastor mantra dunia kelas atas ini yang membawa kembali suami saya yang meninggalkan saya keluar selama 3 tahun terakhir, saya akhirnya bertemu pria ini di sebuah situs blog yang diposkan oleh salah satu kliennya untuk meminta bantuan, suami saya memberikan semua tanda-tanda bahwa dia berselingkuh tetapi saya memilih untuk hidup dalam penyangkalan dan mengabaikannya. Dia memperlakukan saya dengan buruk dan berhenti menunjukkan cinta dan kasih sayang yang membuat saya jatuh cinta padanya

    saya menjelaskan semuanya kepadanya dan dia memberi tahu saya tentang spell caster yang telah dia dengar dan dia memberi saya alamat email untuk menulis ke spell caster untuk memberitahukan masalah saya. Hanya dalam 2 hari, suami saya kembali kepada saya, saya hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada kastor mantra yang jujur ​​dan tulus ini, pak semua yang Anda katakan telah terjadi dan terima kasih tuan, tolong saya ingin memberitahu semua orang yang mencari solusi untuk masalah mereka, saya menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan ini spell caster, dia asli, dia kuat dan apa pun spell caster katakan adalah apa yang akan terjadi, karena semua yang dikatakan spell caster kepadaku telah terjadi. Anda dapat menghubungi dia di: alamat emailnya adalah (Fayosasolusionhome@gmail.com) atau langsung pada whats-app +2348151918774

    BalasHapus
  74. Apa saya termasuk Mythomania? Saya wanita berusia 30 tahun,belum menikah.Saya selalu di kecewakan oleh laki laki yang mendekati saya,saya selalu di tinggalkan ada yg pergi begitu saja,ada pulak yg memutuskan hubungan hanya dia tidak merasa cocok dengan saya,padahal saya baru berpacaran 3 hari artinya kisah asmara saya tidak pernah bahagia.Lalu saya di usia 29 tahun menjabat sebagai manager di jakarta,namun itu tidak berlangsung lama hanya 7 bln perusahaan tersebut tutup.Saya sangat terpuruk di tambah tidak adanya seseorang di samping saya,saya harus bekerja demi kelangsungan hidup saya.Dan kini saya sudah bekerja kembali sebagai staff biasa tapi teman teman sedivisi dengan dan seusia juga sudah menikah semua.Dari awal saya masuk,saya sudah berbohong mengatakan saya sudah menikah dan memiliki anak perempuan 1 dri laki laki yang saya cintai 5 tahun lalu.Dan semua temen kantor percaya dengan cerita palsu saya,mereka selalu setiap hari bercerita mengenai kehidupan rumah tangga mereka dan saya merasa teriris sekali,jadi saya membuat cerita bohong bahwa saya wanita yang bahagia,memiliki suami dan anak.Selama 6 bln bekerja ini saya tidak memiliki masalah dalam bekerja,namun jika saya kembali ke rumah hati saya selalu menangis merasakan kesediahan yang amat sangat pedih saya merasa kasihan terhadap diri saya,saya berbohong demi dapat berbaur dengan mereka.Saya merasa bersalah setiap saya seorang diri,menangis dan menyesali semua perkataan saya.Saya takut menjadi orang lain,bukan diri saya yang dahulu.

    BalasHapus