Mythomania: Penyakit Suka Berbohong demi Pengakuan

Mythomania. Istilah ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1905 oleh seorang psikiater bernama Ferdinand Dupré. 

Mythomania adalah kebohongan yang dilakukan seseorang bukan dengan tujuan menipu orang lain. Penderita gangguan Mythomania akan membuat dirinya sendiri percaya bahwa kebohongan yang dia buat adalah nyata. Yang membedakan Mythomania dengan kebohongan biasa adalah.. penderita Mythomania sering tidak sadar bahwa dia sebenarnya sedang berbohong dan menceritakan khayalan yang ada dalam kepalanya.

Kebohongan-kebohongan yang dilakukan olehnya cenderung di luar kesadaran, yang artinya adalah dia tidak tahu/tidak sadar bahwa orang lain akan merasa terganggu dengan kebohongannya, karena yang terpenting baginya adalah dirinya mendapat pengakuan oleh sekelilingnya, pengakuan terhadap ‘kenyataan’ yang ingin ia wujudkan demi melarikan dirinya dari kenyataan sebenarnya yang tidak mau ia terima, dengan tanpa rasa menderita ataupun perasaan bersalah.
"...karena yang terpenting baginya adalah dirinya mendapat pengakuan oleh sekelilingnya, pengakuan terhadap ‘kenyataan’ yang ingin ia wujudkan demi melarikan dirinya dari kenyataan sebenarnya yang tidak mau ia terima."
Salah satu penyebab mythomania adalah kegagalan-kegagalan dalam kehidupannya, bisa jadi berupa kegagalan dalam hal studi, masa kecil, masalah keluarga, kisah-kisah sentimentil, bahkan kegagalan dalam hal pekerjaan (namun jangan keliru, pada saat ia mendapati orang lain mulai meragukan apa yang ia percaya, ia menjadi sadar telah berbohong -detilnya akan dibahas di bawah). Singkatnya, ia ingin melarikan diri dari semua image tentang dirinya sendiri. Jadi, semakin orang lain mempercayai kebohongannya, semakin ia terbantu untuk lepas dari image nyata tentang dirinya yang sulit ia terima itu.

Menurut Wikipedia, pembohong patologis atau mythomaniac adalah orang yang memiliki perilaku yang terbiasa atau selalu terdorong untuk berbohong.

Sementara definisi lengkap dari kebohongan patologis adalah, "Pathological lying is falsification entirely disproportionate to any discernible end in view, may be extensive and very complicated, and may manifest over a period of years or even a lifetime."

Jadi kebohongan patologis itu merupakan suatu kebohongan yang dapat melebar dan menjadi sangat rumit untuk waktu yang sangat lama bahkan bisa sepanjang hidup si pembohong!

Berbeda dengan kebohongan biasa yang membuat seseorang tampak kaku dan salah tingkah saat berbohong, penderita Mythomania sangat lihai dan meyakinkan ketika bercerita, seolah-olah memang itulah hidupnya. Seorang mythomania akan mengesankan kalau dirinya adalah pribadi positif nan sempurna pada orang lain.



Ciri-ciri pembohong patologis:

1. Suka membesar-besarkan sesuatu.
2. Selalu menimpali bahwa dirinya lebih baik dari apapun yang kita ceritakan.
3. Menciptakan realitas sendiri untuk dirinya.
4. Karena mereka tidak menghargai kejujuran, mereka juga tidak menghargai kepercayaan.
5. Bisa jadi seorang hypochondriac juga yaitu orang yang selalu merasa sakit (dibuat-buat) ingin diperhatikan.
6. Sering kontradiktif dengan pernyataan sebelumnya.
7. Bisa berbohong hanya untuk suatu hal sepele.
8. Selalu membesar-besarkan setiap kalimat.
9. Bisa merubah-rubah cerita setiap saat.
10. Sangat defensif ketika dipertanyakan pernyataanya.
11. Sangat percaya apa yang dikatakannya benar padahal jelas tidak benar buat orang lain.
12. Berbohong ketika sebenarnya sangat mudah untuk menceritakan kebenaran.
13. Berbohong untuk mendapat simpati dan terlihat baik.
14. Selalu mendapat nilai baik pada pandangan pertama tapi selanjutnya tidak dapat dipercaya.
15. Memiliki gangguan kepribadian.
16. Jago memanipulasi.
17. Ketahuan bohong berkali-kali.
18. Tidak pernah mengakui kebohongan.
19. Menganggap dirinya legenda.


Pada saat seorang mythomaniac telah berhasil menjerat kita, sedikit demi sedikit kebohongannya merusak dan mengganggu sistem kepercayaan dan keyakinan diri kita. bahkan rasa percaya kita yang paling kokoh pun akan guncang dan kita mulai percaya pada ‘image’ baru yang dia buat, serta perlahan kita meninggalkan kenyataan yang sesungguhnya mengenai si mythomaniac tersebut. Ketika kita mulai sadar akan kebohongannya, pada awalnya ia akan mengelak, kadang disertai dengan kemarahan, kemudian ia akan memanipulasi lagi dari awal dengan tetap pada kebohongan yang sama. Tetapi jika hal ini mulai ia rasakan berat, maka ia akan ‘mengkoreksi’ kebohongannya dengan cara berbelit dan berputar-putar dengan cerita yang baru, dengan tanpa meninggalkan kebohongan awalnya (istilah sekarang ‘ngeles’). Semakin kita mempertanyakan kebohongannya, semakin banyak kebohongan yang ia ciptakan karena pada titik ini, ia sadar telah berbohong, dan seorang mythomaniac yang sadar telah berbohong akan semakin lepas kendali!

"Faktor utama penyebabnya adalah kegagalan-kegagalan dalam kehidupannya,bisa jadi berupa kegagalan dalam hal studi, masalah keluarga, kisah-kisah sentimental, bahkan kegagalan dalam hal pekerjaan (namun jangan keliru, pada saat ia mendapati orang lain mulai meragukan apa yang ia percaya, ia menjadi sadar telah berbohong- detilnya akan dibahas di bawah). Sederhananya, ia ingin melarikan diri dari semua image tentang dirinya sendiri. jadi, semakin orang lain mempercayai kebohongannya, semakin ia terbantu untuk lepas dari image nyata tentang dirinya yang sulit ia terima itu." (Indonesian Hypnosis Society)


Jika anda menjumpai seorang mythomaniac, ingatlah bahwa mereka adalah pemohong pendusta. Jalan terbaik adalah menghindar.


Mythomaniac sendiri sebenarnya adalah korban. Ia korban dari ketidakbahagiaan dalam hidupnya dan korban dari penderitaan yang terlalu terus menerus. Ia tidak mampu mengekspresikan keaslian dirinya sehingga selalu ingin bersembunyi dibalik topeng. Jika anda menjumpai seorang mythomaniac, jalan terbaik adalah menghindar darinya. Namun jika anda ingin menolongnya, jangan berusaha mencari alasan yang masuk akal, atau mencoba menemukan jawaban dari tindakan-tindakan kebohongannya karena itu membuang-buang waktu saja. Berusaha mengerti mengapa ia berbohong adalah sia-sia saja karena jiwanya merupakan sebuah labirin dimana ia hanya berputar-putar saja di situ tanpa ada jalan keluar. Yang bisa anda lakukan adalah meyakinkannya untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Setelah itu, semua kembali kepada si mythomaniac itu sendiri. Hanya dia yang bisa menolong dirinya sendiri. Ia harus menyadari permasalahannya, mengakuinya dan harus memiliki keinginan yang kuat untuk menyembuhkan dirinya. Menemui seorang psikiater adalah merupakan salah satu pertanda bahwa ia ingin menolong dirinya.



Pacar Sering Bohong? Mungkin Dia seorang Mythomania


"Lima tahun yang lalu aku tinggal di Jepang, bekerja di salah satu perusahaan saham," ujar kekasih. 

Dia bisa menceritakan dengan sangat rinci bagaimana kehidupan di Jepang, tetapi saat anda ingin melihat bukti foto-fotonya, dia tidak mau memperlihatkan dengan banyak alasan.

"Aku anak orang kaya, tapi keluargaku berantakan. Sebenarnya aku mendapat banyak warisan, tetapi aku tidak mau mengandalkan itu saja," ujarnya dengan yakin. 

Tapi saat anda memintanya untuk berkenalan dengan keluarganya, dia menolak dengan sejuta alasan yang kadang tidak masuk akal.

Semua orang pernah berbohong, tetapi jangan abaikan kebohongan-kebohongan aneh yang meyakinkan atau khayalan bohong yang dilakukan seseorang, apalagi pacar atau kekasih anda. 

Hati-Hati Terjebak Hubungan Dengan Pria Mythomania. Inilah ciri-ciri pria penderita Mythomania:
  • Sering membesar-besarkan cerita dan kisah hidupnya.
  • Sering membuat kisah bahwa dia adalah korban (orang tua broken home, sering disiksa, sakit parah dan sebagainya).
  • Selalu ingin diperhatikan, karena itu mereka sering mengubah-ubah cerita hingga anda tetap percaya.
  • Seringkali mereka terlihat menawan dan wow saat pertama bertemu, tetapi selanjutnya, kebohongan-kebohongan mulai tercium.
  • Sering ketahuan berbohong, tetapi tidak mengakui dan kembali menceritakan berjuta alasan agar anda percaya.
  • Menyembunyikan dirinya, tidak memperkenankan orang lain melihat identitas diri, foto bahkan sering tidak mau memperkenalkan teman atau keluarganya.
  • Paling sering menjalin hubungan/pacaran jarak jauh. Ada kemungkinan pernah bertemu, tetapi hubungan lebih sering via telepon, BBM, SMS, email dan sebagainya.

Agar Tidak Terjebak Bersama Pria Mythomania. Tidak ada seorangpun yang mau dibohongi, apalagi berkali-kali dengan khayalan yang sebenarnya jauuuuh dari kenyataan. Agar tidak terjebak dalam hubungan ini, perhatikan hal-hal ini:
  • Hati-hati dengan hubungan/pacaran jarak jauh dengan orang yang belum anda kenal secara nyata.
  • Hati-hati dengan pria yang sering menceritakan penderitaan hidup, misalnya sakit parah atau datang dari keluarga yang suka menyiksa.
  • Hati-hati terpesona dengan cerita WAH, dia pengusaha sukses, punya kekayaan, pernah tinggal di luar negeri dan sebagainya. Terlebih lagi jika dia tidak bisa menunjukkan bukti berupa foto atau cerita dukungan dari orang yang mengenalnya.
  • Sering ketahuan berbohong tetapi selalu menyangkal dan menceritakan hal lain untuk meyakinkan Anda (padahal dia kembali berbohong).
  • Sering menolak bahkan tidak mau memperkenalkan anda dengan keluarga atau teman-teman dekatnya, bahkan sering tidak mau menunjukkan identitas diri dengan segudang alasan yang meyakinkan.
Sekali lagi, penderita mythomania adalah orang yang menderita gangguan kejiwaan yang mereka sendiri sering tidak menyadarinya. Mereka membutuhkan ahli kejiwaan untuk bisa sembuh. Karena itu, jika anda terjebak hubungan seperti ini, bijaklah, akan meneruskan atau memutuskan hubungan.

A pathological liar is someone who often embellishes his or her stories in a way that he or she believes will impress people.

theglobal-review.com | vemale.com

31 komentar:

Minggu, 26 April 2015 17.57.00 WIB Anonim mengatakan...

waduhhh

Senin, 25 Mei 2015 09.02.00 WIB DIMAS TRI APRIYANTO mengatakan...

bagus blognya, tapi jangan pake lagu dong ngeganggu kak. karna gak semua orang bisa fokus baca dengan adanya lagu :D

Jumat, 11 September 2015 11.12.00 WIB Sunarsih Budi Hastuti mengatakan...

Sy cukup prihatin jika anaku menderita spt itu.....ku maafkan ....smg tak spt malimkundang.

Minggu, 20 September 2015 13.03.00 WIB ary susanto mengatakan...

teman kampus aku ciri2nya sama kayak mythomaniac, dan sekarang berurusan di kantor polisi karna si mythomaniac ini membuat laporan palsu dengan kasus pembullyan padahal tidak ada namanya pembulyan

Minggu, 20 September 2015 18.33.00 WIB dimas satya mengatakan...

Teman saya ada yang menderita penyakit Mythomania dia berkata kalau dia anak orang kaya raya, punya mobil mewah banyak, ke luar kota setiap hari minggu, dia juga sering menjanjikan ke temen2 yang lain kalau mau diajak ke luar kota tapi tidak jadi karena tiketnya rusak dimakan tikus, dan dia sampai sekarang masih sering menipu... saya sebagai teman juga ikut sedih karena teman saya menderita GANGGUAN KEJIWAAN minta saranya makasih

Jumat, 25 September 2015 15.57.00 WIB Anonim mengatakan...

Memprihatinkan memang. Dulu aku juga punya teman yg kaya gitu dan memang aneh klo orang bohongnya udah parah :(

Minggu, 27 September 2015 00.22.00 WIB Anonim mengatakan...

pacar sepupu saya ada yang menderita mythomania dan itu benar" sangat mengganggu kehidupan sepupu saya karena dia sering menutupi kebohongan dengan kebohongan yang lainnya...

Senin, 02 November 2015 16.21.00 WIB A24090095 mengatakan...

Teman saya menderita mythomaniac, perilakunha sesuai sekali dengan ciri-ciri yang ditulis blog ini. Tapi di sisi lain, dia adalah orang yg pintar dan cerdas. Saya jadi bingung sendiri kenapa dia mesti berbohong. Padahal, tanpa dia berbohong pun semua orang sudah tau akan kemampuannya tersebut.

Senin, 09 November 2015 20.48.00 WIB Ardian Director mengatakan...

assalamualaikum..selamat malam.....saya saat ini mengalami kasus ini......yang terjadi sama pacar saya.........awalnya saya belum tau ini adalah penyakit yang menyebalkan......tiap hari saya ama pacaran selalu bertengkar......akan sikapnya yang ternyata mythomaniac ini.......hubungan saya jadi gak harmonis.apalagi setelah kebohongannya saya ketahui dia semakin marah.....dan hidupnya dipenuhi beban katanya...dan penuh tekanan..dan sellu mengarang bebas....bnyak imajinasinya...tiap menit cerita nya beda2.......apalgi kalau mmbcrakan tentang mantannya.....kasus ini terjdi stlh dia putus n kcewa berat dengan mantannya sya seperti dibuatnya pelarian tapi dia bilang tulus apalgi bcra kteman2nya kalau sya sma dia gak ada hubungan tapi dengan sya berbeda lagi ucapnnya sllu sya bkin mslh......sekrng pacar sya menghindar bahkan susah ditemui gak mau ditemui apa lgi tgl 13 nov dia ultah..wktu sya ultah tgl 8 dia ada untuk sya...sya berthn s,pe saat ini sabar krna sya mau dia sembuh......hnya kekuatan doa yng bsa mnymbhkannya dan perhatiaan sya yng tulus.....untuk dknlin sma klrga n tmn2nya sllu bnyak alsan n ngrang crta trs......Hnya kpd allah sya mmhn ksmbhan pacaran sya ini....krna sya bngung untuk ktmu dia ajak udh gak bsa.....cpt smbuh yach vien novita kekasih ku....aku ykin akan indah pada waktunya.ALLAH gak tdur.Amin ya robbb

Sabtu, 14 November 2015 15.49.00 WIB Ardian Director mengatakan...

sekarang penyakit novie smkin ganas...terakhir dia mmblikkan fakta..dia mmfitnah sya pda semua orang dan klrga sya...yng pernh kita jlnni bersama......habis2san sya di fitnahnya..cobaan apalgi nih ya ALLAH pda hal sya sayang n niat mau mmbtu pnymbhan pnykitnya selian sdh ssh ditemui no sya diblokir...tapi dia msh trs mmfitnah sya pdhl sya pnya itikad baik tuk ktmu dia n smbhin dia.

Senin, 07 Desember 2015 16.27.00 WIB sipemimpiblog mengatakan...

Jika seorang wanita telah hidup selama 7 tahun dengan suami yang mengidap mythomaniac dan baru mengetahui hal ini pada tahun ke7. apa yang harus dia lakukan?

Rabu, 09 Desember 2015 08.15.00 WIB Shaby's house mengatakan...

Sabar mas Ardian..
Saya juga dulu punya sahabat yg seperti itu, cerdas bgt tapi ternyata mythomaniac,
Ciri2nya persis sama yg disebutin diatas.

Dia akan memfitnah orang2 yg udh tau dia suka bohong, tdk mendukungnya lagi, intinya memfitnah siapapun demi dpt perhatian dan selamat dr kebohobgan sblm2nya..

Allah menghadirkan mrk dalam kehidupan kita untuk mengambil berbagai hikmah dan pelajaran. Mrk menjadi ujian org disekitarnya.. Harus ttp bersabar dan berdoa padaNya agar segera disembuhkan :")

Menghindar adalah cara terbaik jika mrk tidak mau diajak ke psikiater

Minggu, 24 Januari 2016 18.22.00 WIB Unknown mengatakan...

Saya korban temen saya yang mythomania hahaha dan sudah berjalan beberapa waktu saya menjauh dan menghindar darinya

Minggu, 31 Januari 2016 15.05.00 WIB farhanindya mengatakan...

saya menemukan satu teman seperti ini, saya yakin dia Mythomania. awalnya kebohongan pertama yang saya sadari itu dia bilang ke teman2 bahwa Ia ke konser pada malam itu, padahal malam itu dia sedang bersama saya. lalu ngepost foto di instagram yang mewah2 dan update, padahal nyolong semua fotonya. bilang pernah dapet jalur undangan PTN tapi nolak dengan alasan jauh (jarak dari satu gedung ke gedung lain) tapi malah masuk PTS dan mengehboh2kan kalau sebenernya dia masuk PTN. parahnya lagi, orangtuanya juga demikian, apa iya mythomania bisa 'menular' secara psikis? jeng jengggg.... :O

Senin, 21 Maret 2016 01.29.00 WIB Anonim mengatakan...

sesuai dengan ciri-ciri yang dipaparkan diatas, itu sama seperti salah seorang teman saya. Namun yang membuat kita (para teman yang lain) lebih risih lagi adalah semenjak kehadirannya di kelas kami, banyak barang berharga kami yang hilang. Hinggga suatu saat hp salah satu teman saya hilang pada saat ia tengah berkunjung kerumah teman saya. Dengan berbagai kedoknya ketika ditanya oleh mama teman saya, ia mulai bersilat lidah dengan berbagai alasan yang tidak masuk akal. Begitupun dengan hilangnya dompet teman saya yg satu lagi, dengan bodohnya ia mengembalikan STNK, KTP, dan surat penting lainnya kedalam jok motor teman saya. Tapi tidak dengan dompetnya. Apakah hal seperti ini merupakan dampak yang ditimbulkan ketika mythomaniac.nya sudah parah atau bagaimana? Mohon jawabannya. Terimakasih

Minggu, 03 April 2016 18.36.00 WIB Siska mengatakan...

apakah teman saya ini termasuk pengidap kelainan psikologis ini gak yah? Soalnya Dia bilang kalau dia anak angkat tapi dia punya adik yang mukanya mirip kyak di jiplak. Kemudian dia bilang kalau dirinya terkena kanker darah stadium akhir dan divonis dokter kalau hidupnya tinggal 1 tahun lagi dan nyatanya ini sudah tahun ke empat dia masih sehat wal afiat pdahal dri bbrapa kasus kanker darah stadium akhir itu agak susah sembuhnya (tapi ini mungkin saja mukjizat dri yang maha kuasa dia diberi kesembuhan) hanya saja sekarang dia masih sering pingsan tiba2 kalau ketahuan bohong dsb. Yang terakhir sya liat updateannya di sosmed kalau dia lagi full job untuk make up-in org dengan melampirkan 4 foto org dengan muka cantik yg full make up. Krna dri salah satu seperti artis dan sya tidak mau berkomentar pda postingannya akhirnya saya menggunakan pencarian google dengan foto, dan keluar hasilnya ternyta foto tahun 2015 di posting oleh rumah make up dan bridal profesional di jakarta, karena 1 foto ketahuan akhirnya dya penasaran dngan foto yg lain dan sya pun kembali mencari foto tersebut dngan google dan lagi foto trsebut telah di posting oleh MUA di surabaya, sya coba foto ketiga hasilnya juga sudah di post MUA di bukit tinggi. Yg ke4 sdah tdak sya coba lagi sya sudah yakin itu bukan hasil karya dia.
Apakah orang seperti itu bisa disembuhkan dngan efek jera? Misalnya di skakmat di sosmed?

Kamis, 07 April 2016 10.16.00 WIB Jhony Andrean mengatakan...

Benar banget apa yang di tulis sama blog ini
Cewek/mantan saya mengidap mythomania
Selama 6 tahun berpacaran ketahuan di tahun ke 3
Awalnya percaya saja sama ceritanya setiap kali tengkar,lama2 janggal juga dari ceritanya,dia cerdas banget

Sampai akirnya april 2016 kemarin aku ikhlaskan dia daripada akunya yang stress (padahal neh desember mau nikah 😄)

Dan benar menjalin hubungan via BBM,LINE,WA yang paling disukai

Senin, 18 April 2016 05.24.00 WIB Andi Aprilliando mengatakan...

Saya Ando di jakarta
Sampai skrg org mythomania ini ada disamping saya, bahkan jadi ibu dr anak saya
Saya dan org2 sekitar sadar bahwa ada keanehan dng istri saya, bahkan saya sempat bertemu mantannya dan bertukar pikiran dan ternyata kami sepemikiran bahwa istri saya adalah org yg hidup dalam imajinasinya sendiri, dia berbohong utk sesuatu yg tidak perlu bahkan dia pernah mengarang cerita bahwa saat itu saya sakit parah dan membutuhkan banyak biaya, dia meminjam uang ke teman2 saya dan saya gatau apa apa, sampe skrg kalo saya tanya soal itu dia berkelit bahkan membuat cerita kalo saya memang org yg sakit
Dia pernah menceritakan mantannya adalah psycho yg suka memukul dan menyiksa awalnya saya percaya itu sampai waktu itu saya sdg dalam pertengkaran besar dan saya meninggalkannya, dia mengarang cerita ke sahabat2 saya dan org tuanya bahwa saya adalah seorang psycho yg suka memukul persis seperti cerita mantannya yg dia pernah ceritakan

Apakah mythomania bisa menular kpd anak saya?
Teman2 tau apa yg harus saya lakukan skrg?
Tks

Rabu, 20 April 2016 14.19.00 WIB Anonim mengatakan...

ya disekolah saya ada mythomaniac namanya lisa hanjani. setiap ketemu ama org ngakunya diusir dr rmh ama mertua. dikejar2 ama debitur pdhl yg punya utang kakak iparnya. dr kecil ga disayang org tua, ortunya ktnya sampe sakit pinggang wkt ngelahirin dia, kokonya cicinya pd dirayain ultah, dia doang sendiri yg ga dirayain and cuman dikasi duit, trs dia lempar aja duitnya ke muka papanya (pdhl ketemu keluargany baik2 aja tuh hub nya). dr SMA dibully ama temen, minggat dari rumah, temennya gak ada yg mau kasi tumpangan. dia sakit demam berdarah mertuanya gak kasih dia makan (faktanya mobil rumah, biaya anak sekolah dr mertua). msh byk cerita lg cerita yg aneh2.

Kamis, 21 April 2016 08.51.00 WIB Anonim mengatakan...

Hallo.... setelah membaca blog ini barulah saya sadar bahwa pacar saya seorang mythomaniac bahkan pembohong patologi.... kita baru 7 bulan pacaran tapi ketahuan berbohong semenjak 3 bln pertama, sebenarnya dr awal sudah banyak bohong2 kecilnya, tp skenario besarnya memang dimulai dr awal dia nembak saya... saya adalah single parent, dan dia bilang dia seorang single parent jg dgn 1anak berumur 8 thn, sebulan kemudian ketahuan anaknya sudah kls 1 smp... lalu di bilang sudah design dr pekerjaannya skrng, untk pekerjaannya yg lbh baik lagi, krn sy banyak menemukan kejanggalan nya akhirnya sy cek ke kantornya dan ternyata dia masih aktiv bekerja disitu.... aneh orang ini ya.. seolah olah berbohong itu tdk menyakiti orang lain...dan dia lupa kalau kemrn sdh berbohong lalu hr ini berbohong lagi...setiap bertengkar dia pasti bilang mau bunuh diri..titip anak, mnt maaf.bla bla bla.. pd kenyataannya bsk paginya dengan santainya dia wa "pagi sayang", hadeeehh...
Dan akhirnya Big scenario nya terbongkar... pd hari itu sy mau ke rmhnya, ternyata dia masih punya istri dan 1 lg anak balita....
Smp skrng gak mau ngaku, dan terus melakukan kebohongan kebohongan.... jujur saja dekat dengan orang ini membuat saya hampir gila... dan dari pada saya jadi gila beneran.. saya mendapatkan hati saya.. dngn tidak mempercayai setiap omongannya... o iya orang ini tidak segan segan bersumpah menyebut nama ALLAH untuk menutupi kebohongannya...
Andaikan penyakit ini bs disembuhkan....

Jumat, 29 April 2016 00.10.00 WIB Yogi Prasetio mengatakan...

Temen sekelas kampus gua juga gini kayanya, emg gua dari awal udh ga percaya si ngeliat dari gelagat2nya. Dia pernah perban tangannya ke kampus (karna telat) dan akhirnya boleh absen, tapi besoknya tangannya gapapa, dan lukanya di tangan kanan padahal dia naik motor. Dan gua baru liat juga barusan aja kalo di fbnya dia kaya punya pacar hayalan gitu dari tahun 2012, sampe skrg msh pacaran (statusnya doang) tapi kalo updat status jomblo mulu. Dia juga pernah main futsal sepatunya jebol, padahal jelas2 dia baru beli karna dia lupa copotin label harganya, dan sepatunya juga masih mulus banget, tapi dia tetep ngelak katanya udah lama dipake, heeuu.

Kamis, 26 Mei 2016 01.20.00 WIB Anonim mengatakan...

Sepertinya anda yg mythomaniac. Wkwk

Sabtu, 04 Juni 2016 17.11.00 WIB Gabriella Nathania mengatakan...

Yg pernah berurusan dengan org mithomania atopun yg skrg lg ngidap mythomania , gabung di grup yuukk,, nama grup nya mythomania ^ ayo kita berbagi ^

Senin, 13 Juni 2016 16.01.00 WIB Unknown mengatakan...

Bener2. Kayaknya dia yg hrs disembuhin. wkwkwkkw..

Sabtu, 18 Juni 2016 07.16.00 WIB Tito Bisma mengatakan...

dimana grup nya?

Senin, 29 Agustus 2016 12.38.00 WIB Anonim mengatakan...

Temen ku juga ada yg ciri2nya sama dgn yg disebutkan diatas... dia selalu membual banyak hal. Awalnya aku gak ngeh tp lama2 aku mulai sadar kalo semua ucapannya bohong. Dia sering cerita yg wah sampai bikin teman2 lain berdecak kagum, tp apa yg dia ceritakan sama sekali gak terbukti. Dia pernah bilang kerja di cafe milik tantenya, tp saat aku berkunjung ke rumahnya.. ibunya bilang kalo dia (anaknya) belum pernah bekerja. Kebiasaan paling buruk adalah.. dia suka bikin status 'at cafe ---' 'lagi otw liburan ke ---' 'lagi shopping di mall---' beserta mengganti foto profile bbm dg foto2 makanan/perjalanan dimobil/foto2 tempat wisata/foto barang2 bagus. Tapi semuanya itu bohong, karena foto2 yg diuploadnya adalah foto curian dari instagram orang lain.. (salah satu foto tsb dicolong dari ig temennya temen gue, mereka gak saling kenal in real life satu sama lain) pantes aja tiap foto profile yg dipajangnya gak pernah keliatan wajahnya.. selalu bagian wajah dicrop/diberi sticker. Padahal dia typical orang yg suka banget selfie dan bangga dgn wajahnya.
Sekarang udah hampir kena batunya, temen2 sekelas dikampusnya udah gak ada yg mau berteman sama dia, karena mereka mulai tahu sifat aslinya gimana.. sampai akhirnya dia pindah dr kelas reguler ke kelas non-reguler/karyawan dan tetap melancarkan aksi kebohongannya ke teman2 baru dikelas barunya. (jfyi, aku tahu karena pacarnya temenku jadi satu kelas sama dia dikelas karyawan)

Senin, 29 Agustus 2016 13.04.00 WIB Anonim mengatakan...

satu2nya saudara kandung saya jelas mengidap ini.. baru ketahuan 2014 kmrn setelah ada badai di antara kami.. sebelum2nya yg saya sadari cuma dia suka mencuri pengalaman2 saya yg menarik lalu diceritakan ke orang2 lain sbg pengalamannya, bahkan sampai ke titik ngotot dan saya yg dibilang bohong. setelah setahun hubungan dingin, saya cb baikan lagi tapi tetap ga mau terlalu akrab. saya kira sudah lewat penyakitnya itu. ternyata semalam terjadi lagi dia mencuri pengalamn saya dan adu ngotot sampai cukup panas di dpn kluarga kami, pacarnya, dan pacar saya. semua menyalahkan saya. saya lelah dan kesal sekali, sampai saya paksa kakak saya jelaskan detail2 kejadiannya seperti apa, dia ga bisa ingat jelas karena memang jelas2 dia ga ada di TKP kok. setelah bbrp lama baru dia sadar ternyata itu bukan pengalamannya. orang2 lain akan bilang saya trll membesar2kan masalah, tp saya lelah hidup berdampingan dari kecil dengan org yg seperti ini. badai di 2014 cm ledakan yg belum selesai ternyata. sudah capek dan bingung mau curhat ke mana, orang2 yg saya curhati seperti ortu dan pacar, ujung2nya simpati sama kakak saya dan bilang saya yg terlalu keras. yg bisa mengerti saya cuma teman2 yg dulu pernah akrb dgn kakak saya juga dan mereka juga menyadari keanehannya tsb. kapok saya cerita pengalaman2 saya yg seru dgn detail sama dia. ga mau percaya lagi kalau dia sudah sembuh.

Senin, 12 September 2016 11.18.00 WIB musician mengatakan...

Ciri2 di atas dan pengalaman kalian semua sama seperti yg saya alami. Saya di dekatin adik kelas saya adalah seorang yg mengidap penyakit mithomania, awal perkenalan, saya liat dia suka duduk di kantin menyendiri, dan ga ada teman yg main sm dia, dia crita klo temannya suka minjam uang, suka manfaatin dia,dia banyak melakukan kebohongan2. Saya menyadarinya ketika dia sudah terlalu banyak berbohong contohnya: dia seorang anak orang kaya, bapaknya mempunyai tambang minyak di kalimantan, terus dia bilang masing2 anggota kluarganya punya mobil pribadi, seperti dia juga punya mobil sendiri, dia bilang mau bawa mobilnya ke kampus, tapi ga di bawa2, saya pikir hmm mungkin karna macet makanya naik motor dia, lalu dia bilang abangnya ada 2, yg 1 kerjanya di luar negri di pabrik BMW, yg 1 lagi kerjanya jadi pramugara, lebih gila lagi mau di jodohin sm saya. Trs dia bilang suatu saat dia chat saya minta di temani mengambil mobil barunya di show room mobil,katanya abangnya udah bayar lunas dan uda brangkat kerja keluar negri karna ada urusan mendadak, dia mohon2 sama saya (saya masih belum sadar kalo dia seorang mithomania) yaudah saya mau temenin ehh taunya uda di ambil sendiri nah saya belum sadar. Semua KEBOHONGAN yg di buat seolah2 benar critanya. Kemudian dia bilang rumahnya gede banget katanya kalo mau datang main bilang ke dia. Suatu saat saya uda sampe di kompleknya tp dia ga bales2 chat saya. Memang brengsek dia. Saya nunggu 3 jam di deket situ sampe ujan tp ga di bales2 pas uda malem baru di balas. Alasanya ga masuk akal apalah. Saya marahin aja. Sampai sekarang saya gak akan peduli dengan orang gila seperti dia. Bodo amat. Terakhir dia bilang, libur semester 2 di jalan2 ke jepang dengan ibu dan abangnya. Saya liat dia ga ada pasang foto jalan2 kejepang. Trs dia bilang mau ngasih ole2 dari jepang tapi semuanya bullshit. Saya kesel banget rasanya mau ngatain dia tukang bohong. tapi sampe skarang saya uda putus kontak. Saya blokir kontaknya wa line instagram. Karna uda terlalu muak dengan mukanya yg sok2 kalem.
Selama ini saya membuang waktu saya 2 bulan lebih untuk orang GILA namanya AYU ETANIYA!!!!
Kalo saya ke kantin tuh bocah ga pernah ada semejak dia tau saya marah. Ngumpet mulu di kelasnya. Memang bodoh itu orang.....!!!!!

Dan sampe sekarang ga ada yg di buktikan dari omongannya yg besarrrrrrr

Kamis, 20 Oktober 2016 16.13.00 WIB musician are mengatakan...

Teman saya juga punya kelainan seperti itu. kitanya bingung. mau kita jujur takut menyakiti perasaanya.

Minggu, 23 Oktober 2016 20.02.00 WIB Anonim mengatakan...

Sebenernya, cara mengajak mereka ke psikolog itu gimana ya kalau mereka udah defensif duluan?

Poskan Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
23