Laki Bisa Berhenti Merokok Itu Hebat, Mantab, Keren, Top Abis! (FIGHTER!) (II)

Ini adalah lanjutan episode sebelumnya di goo.gl/0m3CMs, artikel yang bersumber dari forum kaskus.us, diposting oleh kratingdieng seorang Kaskus Maniac. Berharap saja semoga bermanfaat... (klik pada gambar untuk memperbesar).

A special thanks to kratingdieng.

TAHUKAH AGAN DAN SISTA?

Gerakan anti tembakau Nazi di Jerman adalah kampanye publik anti merokok pertama dalam sejarah modern. Adolf Hitler adalah perokok berat yang kemudian meninggalkan rokok dan membenci rokok! Peredaran tembakau dan rokok diawasi dengan sangat ketat untuk melindungi rakyat Jerman. Wikipedia (bit.ly)

Contoh poster propaganda anti tembakau di era Nazi.



Di negara-negara maju masyarakatnya berbondong-bondong meninggalkan rokok. Tapi di negara kita malah sebaliknya! 

Uploaded on Dec 1, 2011. Fakta mengenai Industri dan bisnis Rokok di Indonesia, Penetrasi Rokok dalam masyarakat Indonesia..

Dalam Konferensi Dunia untuk Tembakau 2010 Koresponden Christof Putzel pergi menyelinap dan melakukan pembicaraan dengan karyawan perusahaan tembakau. Ia juga melakukan wawancara dan investigasi langsung mengenai bocah perokok terkecil di Dunia serta memaparkan mengenai fakta-fakta cengkraman bisnis tembakau global di Indonesia.
 
Disharing oleh Yayasan Jantung Indonesia melalui Komisi Nasional Pengendalian Tembakau serta Current TV. Untuk Kepentingan edukasi mengenai bahaya rokok. 




 MEROKOK TAK UBAHNYA SEPERTI BUNUH DIRI PERLAHAN


Banyak kita temui tindakan bunuh diri yang pelakunya menggunakan bahan kimia seperti cairan obat nyamuk dan potas. Pelakunya memilih bahan kimia tersebut dikarenakan menyadari akan kandungannya yang mematikan. Bagi kaum Muslimin, kita tahu bahwa bunuh diri itu hukumnya haram dan pelakunya dijamin dengan azab neraka. Ketika perokok sadar akan kandungan dan bahaya besar dari merokok, bahkan dibungkus dan iklan rokok tertera peringatan keras 'rokok membunuhmu', jika terus merokok akhirnya mati dalam kondisi sakit parah akibat rokok, dikhawatirkan Allah menggolongkannya sebagai manusia yang membunuh diri sendiri! Neraka adalah tempat bagi pelakunya. Naudzubillah min dzalik.



JADILAH PRIBADI YANG PANDAI BERSYUKUR

Perokok lupa bahwa Allah karuniakan kepada kita nikmat sehat, saat yang lainnya terlahir tidak sempurna atau dengan mengidap penyakit berbahaya, atau saat ini jutaan orang terbaring sakit tak berdaya. Namun bukannya mengjaganya dengan bersyukur, namun malah lalai dengan merusak, mengkufuri nikmat-Nya.


Bagi para fakir miskin uang 5000 rupiah bisa untuk makan untuk sekeluarga untuk 1 hari, sedangkan perokok 10 s/d 30 ribu mereka bakar untuk mengkufuri nikmat sehat dan juga rezeki. Astaghfirullah.

Beliau Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya tidaklah engkau meninggalkan sesuatu karena Allah 'Azza wa Jalla, kecuali Allah akan menggantikannya bagimu dengan yang lebih baik bagimu.” (HR. Ahmad no 23074. Shahih)




 Point 4: Jangan mendzolimi diri sendiri dan orang lain


Rokok dengan berbagai kandungannya yang penuh mudharat, tak hanya akan 'meracuni' diri agan, namun juga dapat 'meracuni' dan mendzolimi orang-orang disekitar agan, termasuk orang-orang yang agan sayangi. Paparan asap rokok yang agan tiupkan akan mendzolimi orang di sekitar agan sebagai perokok pasif, bahkan termasuk racun-racun yang telah mengendap dan menempel di baju agan setelah habis merokok itu masih bisa meracuni orang-orang disekitar agan secara perlahan-lahan, apalagi resikonya bagi balita dan anak-anak. Mendzolimi diri sendiri saja kelak akan dimintai pertanggung jawaban, apalagi ditambah mendzolimi orang lain, betapa berat dan besarnya dosa yang harus ditanggung. Renungkan!

Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Tidak akan masuk surga, orang yang tetangganya tidak merasa aman dari gangguannya.” (HR. Bukhari 6016 dan Muslim 46)
Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka janganlah dia mengganggu saudaranya.” (HR. Bukhari 5185 dan Muslim 47)
Coba agan sekalian renungkan, apabila seseorang yang kerap mengganggu tetangganya saja Allah mengancam tidak akan masuk surga bagi pelakunya, nah bagaimana dengan perbuatan dari perokok. Tak hanya mengganggu tetangga dengan racun asap rokoknya (karena tentu bersosialisasi), namun juga mengganggu dan mendzolimi bahkan kepada keluarganya sendiri, 'meracuni' siapapun yang berada di sekitarnya. Pada November 2010 WHO melakukan studi di 192 negara yang menghasilkan estimasi bahwa lebih dari setengah juta perokok pasif meninggal setiap tahunnya. Sepertiganya adalah anak-anak.



Original Posted By 05072013 : gua mantan perokok gan (perokok aktif selama 18 thn). Anak gua cewek Safira Aura Saskia Wardani hanya bisa genap usianya 1 tahun 10 hari, wafat di vonis radang paru-paru akut (pneumonia) krn ayahnya ngerokok. bukan ngerokok di sebelah anaknya (gua klo ngerokok pasti keluar rumah), tetapi menghirup racun nikotin dr baju ayahnya saat kondisi menggendongnya setelah barusan merokok. Kasus penumonia pada Safira: Selengkapnya (bit.ly)

Original Posted By eeya : Ayah ane yang perokok terkena kanker paru2. Ane ga tega gan ngeliat dia kesakitan, nafas sesak, dada selalu sakit, nelan susah dada sakit. Sakit bgt ane liat penderitaannya gan dan itu gara2 rokok. 1 thn kemudian ibu ane nyusul beliau, tepatnya nov kemaren, karena terkena TBC, dirawat 1 bln di RS, sakit2an 6 bln. sedihnya ane gan. Sadarlah teman, rokok membunuhmu dan org2 disekitarmu.

Original Posted By adiswasana : Foto di bawah ini pas bapak ane dirawat karena kanker paru-paru. Sekarang bapak ane sudah meninggal dunia.. bapak ane perokok berat! Dulu ane juga perokok berat, tapi Alhamdulillah berhenti. Dan di bawah ini adalah gambar cairan yang disedot dari paru-paru bapak ane. 





Rokok terbukti secara nyata tak hanya meracuni dan menghancurkan hidup para perokok aktif, namun juga meracuni para perokok pasif yang menjadi korban sikap egois dan ketidak pedulian perokok aktif.



Jika kita adalah orang yang bijak dan bersikap dewasa, sudah seharusnya pengalaman orang lain seperti yang ada di atas sebagai pelajaran berharga dan bukan bersikap egois.



Point 5: Hargailah Pengorbanan dan Kasih Sayang Orang Tua


Dulu ketika TS bertekad bulat berhenti merokok, ane ngerasain yang namanya disindir, dicibir dan diolok-olok sama temen-temen. Tapi tekat ane sudah bulat, apalagi Ibu ane gak suka ane merokok dan ane juga pun juga berpikir: "Kalau ane terus merokok, trus ane jatuh sakit kena paru-paru atau jantung, teman-teman ane khan gak bakal tanggung jawab. Ane yang bakal ngerasain sakitnya, ane yang bakal nanggung biayanya, anak istri dan keluarga ane yang bakal susah, bukan mereka." Pikirkan keluargamu!

Dikandung 9 bulan, disusui 2 tahun, dirawat hingga dewasa, dijaga agar senantiasa sehat selalu. Dan rasa terima kasih kita adalah dengan cara mendzolimi tubuh kita?



Bagi ane seorang Muslim, berjuang berhenti merokok itu adalah sebuah jihad di jalan Allah Ta'ala. Sebagai lelaki ane merasa hebat dan bangga bisa berkorban untuk anak istri dan orang tua. Hidup sehat dan tak lagi boros demi rokok. Mereka bangga dan bahagia ane berhenti merokok. Dan yang terpenting adalah sebagai bentuk rasa syukur ane terhadap segala nikmat sehat karunia Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Menghabiskan jutaan rupiah dalam setahun untuk membeli rokok terasa ringan, namun misal untuk sekedar membelikan hadiah sederhana untuk orang tua banyak dari pecandu rokok yang tidak ingat.



Point 6: Berbagai Motivasi Tambahan Untuk Berhenti Merokok

Agan akan menjadi panutan yang baik untuk anak, keluarga dan lingkungan. Kebanyakan para anak dan remaja yang merokok rata-rata disebabkan karena orang tuanya juga merokok. Dengan berhenti merokok akan memutus rantai kebodohan diperbudak rokok, melindungi keturunan agan dari mencontoh perilaku merokok dari orang tuanya serta jadi motivasi orang lain untuk juga berhenti.

Agan dapat hidup lebih sehat, begitu pula keluarga dan lingkungan agan. Lebih banyak hal positif yang dapat agan lakukan dalam kondisi tubuh yang sehat. Agan juga berhenti 'meracuni' keluarga dan orang-orang sekitar sebagai perokok pasif. Keluarga terjauh dari bahaya!

Agan berhenti melakukan perilaku mudharat dan juga mendulang dosa. Ketika agan berhenti merokok, agan berhenti mendulang dosa. Karena dengan merokok agan mendzolimi diri agan sendiri dan juga orang lain yang merupakan perilaku dosa yang kelak akan dihisab di akhirat.

Keuangan agan akan menjadi lebih baik dan agan lebih bijak menggunakannya. Agan dapat menabung lebih banyak untuk hal yang lebih bermanfaat, agan dapat menambah uang belanja untuk meningkatkan gizi keluarga, untuk membahagiakan keluarga, atau untuk bershodaqoh.




Jika masih merokok dengan dalih relaksasi, silahkan renungkan


Bagi yang masih merokok, silahkan agan pergi ke rumah sakit, lalu masuklah ke ruang-ruang perawatan penyakit kanker paru-paru, jantung, stroke, kanker laring, TBC hingga penyakit pneumonia. Tanyakan kepada para dokter atau mintalah data-data pihak rumah sakit tentang penyebabnya. Niscaya akan agan temukan banyak sekali data dan bukti nyata bagaimana rokok punya andil besar sebagai penyebabnya.



Apakah agan tetap bisa merasa rileks jika semisal karena agan terus menyia-nyiakan nikmat karunia tubuh yang sehat dari Allah 'Azza wa Jalla lalu agan diazab dihukum dengan penyakit yang kronis seperti kanker paru-paru, penyakit jantung atau sakit stroke? Apakah saat tubuh terkapar tergeletak tidak berdaya karena penyakit-penyakit kronis itu agan masih bisa merasa rileks? Perasaan anak dan istri agan hancur dan terpukul melihat agan terkapar tak berdaya. Dan apakah agan masih tetap bisa merasa rileks saat satu persatu harta agan habis semua dijual untuk membiayai penyakit kronis agan, penyakit yang akhirnya menjadi balasan atas egoisme agan mencandu rokok? Keluarga jadi terlantar, anak tidak bisa melanjutkan sekolah, dll. Masih agan bisa merasa rileks melihat hidup keluarga yang kacau berantakan.

"TANPA MEROKOK, HIDUP DAN PRIBADI ANDA LEBIH MULIA"



PARA LELAKI SEJATI PASTI BISA BERHENTI MEROKOK

Karena mereka sadar akan kesalahan dan mau berbenah diri. Allah menyukai segala bentuk pertaubatan, termasuk tobat mendzolimi diri sendiri.

Karena mereka adalah sosok pribadi yang bertanggung jawab. Bertanggung jawab kepada diri sendiri, keluarga dan juga tentunya kepada Allah Ta'ala.

Karena mereka mempunyai pemikiran dewasa dan bijaksana. Salah satu indikatornya adalah bisa memilah mana perkara yang baik dan yang buruk.

Karena mereka mempunyai niat, tekat dan mental yang kuat. Salah satu ciri lelaki sejati adalah mempunyai mental seperti baja dan pantang menyerah.

SEMUA BISA BERHENTI MEROKOK, KECUALI YANG LEMAH

Tentu dari sekian banyak dari mereka yang bisa sukses total berhenti merokok, masih kita temukan mereka yang belum bisa berhenti merokok. Alasan seperti "susah banget berhenti merokok", "berat banget berhenti merokok" dan yang semisalnya hanya akan kita temui dari mereka yang memang mentalnya lemah, niatnya setengah hati, tidak berusaha sungguh-sungguh, mudah menyerah dan tidak didasari kesadaran. Tahukah anda sosok Sabar Gorky? Sosok kebanggaan Indonesia penakluk Gunung Elbrus (tertinggi di Eropa) yang mana dia hanya memiliki satu kaki! Dia sanggup menaklukkan Elbrus karena memiliki niat yang kuat yang ditopang perjuangan keras! Hanyalah pria sejati yang berani berjuang.



MODAL UTAMA UNTUK BERHENTI MEROKOK



Niat yang sepenuh hati dan tekat yang bulat merupakan syarat mutlak sekaligus pondasi utama untuk berhenti merokok. Apakah agan baru saja merokok beberapa bulan ataupun sudah mencandu hingga belasan tahun, tidak ada yang bisa menghentikan agan untuk berhenti merokok ketika agan punya niat yang kuat. Mereka yang gagal berhenti merokok adalah mereka yang kurang dari niatnya. Niat musti kuat dan langsung berusaha berhenti merokok, jangan pernah ditunda-tunda. Jaga komitmen dengan baik!

Doa minta pertolongan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Ingat semua yang terjadi di jagat raya ini atas izin Allah Ta'ala. Termasuk keberhasilan agan untuk berhenti merokok juga semuanya atas izin Allah. Ketika agan mempunyai niat berhenti, lalu meminta memohon lah kepada Allah agar diberi kekuatan untuk berhenti merokok, memohonlah agar diberi keistiqomahan. Berdoalah agar dimudahkan dan dikuatkan untuk berhenti merokok serta yakinlah 100% bahwa akan dikabulkan oleh Allah 'Azza wa Jalla.

Perjuangan keras dan pengorbanan saat proses berhenti merokok. Bagi yang sudah kecanduan, masa-masa awal berhenti merokok memang tidak mudah. Dari perasaan yang tidak nyaman, tubuh yang kurang rileks, hingga godaan teman-teman perokok yang asyik merokok atau menawari rokok. Dan agan harus tanamkan dalam hati bahwa berhenti merokok memang butuh perjuangan keras dan pengorbanan!

BERPIKIRLAH: "AKU BUKAN PEROKOK, AKU TIDAK BUTUH ROKOK!"

Jangan menjadikan proses berhenti merokok sebagai sebuah beban dan karena keterpaksaan. Sebaliknya jadikan kesadaran berhenti merokok sebagai berkah.



JANGAN MAU HIDUPMU TERUS DIPERBUDAK ROKOK



Para romusha menjadi budak karena terpaksa, sedangkan perokok dengan sukarela menjadi budak kapitalis. Apakah agan punya mental seperti Spartacus, sosok budak Romawi yang memilih berjuang serta berani untuk bebas dari perbudakan? Beranikah agan berjuang untuk lepas dari menjadi budak rokok?



Hitung jumlah yang agan keluarkan untuk biaya 'meracuni' diri agan dan keluarga:





Website Rujukan Berhenti Rokok:
Media partner Indonesia Bebas Rokok



RATUSAN KASKUSER BERHENTI MEROKOK, BACA DISINI: goo.gl/Sovywm



TIPS MELAWAN KEINGINAN UNTUK MEROKOK

1. Tulis atau print komitmen agan pada kertas atau notes. Baca dan renungkan kembali saat ada godaan atau keinginan untuk merokok.

2. Ngemut atau makan permen yang banyak mengandung mint. Seperti permen Hexos, Relaxa, Fisherman's Friend, Ricola, dll.

3. Menggosok gigi dan berkumur-kumur dengan mouth wash. Bawalah sikat gigi, pasta gigi dan mouthwash seperti Listerine, Colgate, dll.

4. Habis makan biasakan minum teh anget tawar atau susu. Rasa tawar dari teh hangat atau susu dapat mengurangi rasa asam di mulut.

5. Jangan terlalu banyak menyimpan uang di dalam dompet. Ketika uang cash agan dikondisikan mepet, maka dapat mengurangi keinginan beli rokok.

6. Mintalah keluarga atau teman untuk terus memotivasi. Mintalah keluarga atau teman untuk terus mengingatkan agan, bisa juga via SMS.

7. Carilah kesibukan untuk mengisi waktu senggang. Semisal dengan berkumpul dengan non perokok, berolah raga, ngelakuin hobby positif, dll..

8. Carilah teman atau lingkungan baru yang tidak merokok. Lingkungan dan pergaulan sehat punya pengaruh dalam usaha agan berhenti merokok.


QuitNow! Aplikasi Keren Untuk Membantu Berhenti Merokok



TS (Thread Starter) membuat thread ini dengan niat bisa saling berbagi dengan sesama dan berharap semoga ada yang akhirnya memutuskan untuk total berhenti dari merokok. Aamiin.

Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda, yang artinya:
"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain."
(HR. Ahmad, Thabrani. Hadits shahih)


BACA KOMEN TESTIMONI KASKUSER DI BAWAH INI 
Inilah rangkuman dari komen-komen para kaskuser.




TIDAK SEMUA LAKI MEROKOK, TAPI HAMPIR SEMUA BANCI MEROKOK

Original Posted By doelirsyad : kalo ada yg bilang gak ngerokok kayak banci, kayaknya dia belon pernah maen ke salon, isinya bencong ngeroko semua.. hahahaha
 

Original Posted By wiped : ga ngerokok dibilang banci.. padahal banci ga ada yg ga ngerokok.. semua perokok..



Sadar rokok bahaya tapi gak berani nolak rayuan temen, takut sama temen, takut dikucilkan.. NAMANYA BANCI! Pulang aja ke rumah orang tuamu, menangislah minta dibeliin rok polkadot warna pink sama pemerah pipi.


MEREKA BERHENTI MEROKOK SETELAH TERKENA PENYAKIT KRONIS

Original Posted By mekongus : Sudah 1 tahun 1 bulan berhenti merokok semenjak kena serangan jantung!

Komen TS: bukti nyata gan, di usia muda pun perokok bisa terkena serangan jantung!

Original Posted By left4perfect : ane perokok gan dari kelas 6sd sampe ane kuliah dan sekarang ane berhenti gara-gara ane kena radang paru gan asli nyiksa banget. buat perokok aktif maupun pasif berhenti lah ngeroko sebelum terlambat!

Original Posted By cocodlo : ane dulu perokok berat gan, sampe akhirnya ane kena TBC, paru2 ane hampir rusak yg sebelah kiri. dulu ane ngerokok gara2 temen ane yg maksa, sampe akhirnya ane jd pencandu berat. Selama ane sakit sumpah ane menderita bgt, bnyk komplikasi yg ane alami

tapi setelah 2 tahun berobat ke dokter, alhamdulillah sekarang udah sehat, pokok nya ane kapok dah, ane udah abis puluhan juta cuma buat berobat doank

Original Posted By Rehaen : Alhamdulillah ane bukan perokok. Ane mo cerita tentang paman ane yg lagi kena stroke ringan, kasian gan matanya jadi sakit gitu, plus klo jalan harus pelan-pelan. Anaknya paling gede masih smp, kasian gan masih ada adeknya yg SD. Ane gk mau ini terjadi sama agan-agan semua, please stop this habit.

Original Posted By vctr21 : ane share tentang bapak ane. bapak ane perokok berat (dulu) dari sebelum ane lahir bapak ane dah ngerokok sampai sekitar tahun 2009 bapak ane kena serangan jantung. bapak ane dibawa kerumah sakit bulak balik bandung jakarta. dibandung berobat dijakarta di operasi (pasang vent buat dijantung) biar penyempitan pembuluh darah dari jantung bisa agak longgar dan darah mengalir. kalo bicara soal biaya ente taulah sakit jantung ga bakal kena dikit cuci darah aja sudah kena berapa coba? apalagi operasi belum + biaya obatnya, kalau dihitung nih bisa beli mobil baru gan.

Original Posted By vadvad : Ane pengen bagi pengalaman om ane gan. Secara ane bukan perokok. Om ane dari umur 18 tahun udah ngerokok sampe umur 50an. Waktu dia pergi ke US buat tinggal bareng anaknya 2 tahun lalu, baru ketahuan punya penyakit. Awalnya sering ngeluh sakit dada. Pas diperiksa, ternyata ngidap kanker paru stadium akhir. Kondisi dia saat itu kalo ga dioperasi dipastikan idupnya ga lama lagi. Tapi kalo dioperasi pun 50-50, bisa sukses dan idup atau bisa gagal trus....you know. Akhirnya om ane milih dioperasi aja gan, bahkan sebelum operasi pun dokternya udah nyuruh om ane buat nyari kuburan dulu.

Alhamdulilah operasinya lancar gan. Tapi paru-paru sebelah kanannya diambil karena udah rusak parah, dan untuk ngambil paru-paru itu, harus motong tulang rusuknya satu. Jadinya dia sekarang idup dengan paru yang sebelah kiri doang, dan rusuk yang ga lengkap. Badan sebelah kanannya jadi lebih turun. Sengsara deh gan gara-gara rokok. Belum lagi masih harus bolak balik terapi. Pertengahan tahun kemaren pulang ke Indonesia dan baru Desember kemaren balik lagi ke US karena musti terapi ditambah ngerasa sakit lagi.

Buat yang masih ngerokok dan yang mau nyoba. Mending duitnya dipake beli yang lain. Mau macho, yaudah duitnya beliin moge mendingan, macho beneran tuh. Bisa jadi investasi juga..

Original Posted By oceanbrother011 : Ane bantu gan trit ente. Ane dulu juga perokok AKTIF bahkan berat. Bokap ane dan Om ane juga sama.Tapi musibah dateng ke Om ane, dia terkena penyakit dan setelah didiagnosis dia menderita Kanker Prankeas stadium 4 gan dan harus dioperasi dan dirawat selama 2 bulanan dan setelah di operasi dia menghembuskan nafas terakhirnya gan.

Setelah cerita dengan tante ane ternyata ketauan kalo dia lebih suka menghabiskan rokok dan jarang makan gan (katanya merokok mengurangi nafsu makan). Pada akhirnya Bokap ane dan ane pun perlahan-lahan meninggalkan barang tersebut gan. Dan alhamdulillah sampai saat ini ane dan bokap ane tidak akan menyentuh apalagi menghisap ROKOK untuk selama-lamanya gan.

Original Posted By eeya : Ayah ane dl mudanya mgerokok utk pergaulan aja ktnya, bhenti umur 40an krna nafasnya dah sesak. tp terlambat tnyta. beliau meninggal umur 57thn krna kanker paru2. di rawat seminggu krna stroke awalnya, tnyata kanker paru yg udah nyebar. Agan tau, kami mengobatinya tnpa terbebani. tp beliau, merasa bersalah, krna dia keluarganya susah. rasa bersalah itu jelas sekali.akhirnya beliau tiada, yg plg ane ga tega gan. ngeliat dy kesakitan, nafas sesak, dada selalu sakit, nelan susah dada sakit. sakit bgt ane liat penderitaannya gan dan itu gr2 rokok.

1 thn kemudian ibu ane nyusul beliau gan. tepatnya nov kemaren di usia 57 jg, karena TBC. dirawat 1 bln di RS. sakit2an 6 bln. sedihnya ane gan.

Sadarlah teman, rokok mmg membunuhmu dan org2 disekitar mu.. jauhilah sblm terlambat atau kau menyebabkan sakit pd keluargamu mu.

krna perokok pasif lebih berbahaya. saat kau merasakan efeknya baru berhenti? tp sudah terlambat saat itu..

Original Posted By tenkqu : Ane perokok dari kelas 3 SMP (ikut pergaulan) umur 15 tahun sampe pertengahan kuliah umur 21 tahun. Ane sehari bisa habis 1-2 bungkus. Bokap n kakek ane semua merokok. Dan yang namanya perokok pasif juga berbahaya, emank begitulah adanya. Bokap ane meninggal gara-gara kanker hati pas ane umur 17 tahun. Tapi ane tetep ngerokok. Ane berhenti karena 'kepaksa' cos cewek ane nglarang ane rokok. Ane kesel juga sih, susah bgt berhenti ngrokok. Tapi sekarang ane merasa berterima kasih sama cewek ane dulu (sekarang udah jadi mantan ane). Ga lama setelah ane berhenti ngerokok, kakek ane kena kanker hati yang akhirnya 6 bulan kemudian meninggal. Terus nyokap ane yang bertahun-tahun jadi perokok pasif, kena kanker paru-paru yang akhirnya 3 tahun kemudian nyokap ninggalin ane selama-lamanya.

Ane sekarang takut bgt liat yg namanya rokok. Ane nyesel bertahun-tahun ngerokok cos takut akan ada efeknya buat ane kedepannya. Namun ane bersyukur cepat lepas dari tu barang, karena ane udah liat sendiri penderitaan orang yang mengidap kanker.



MEREKA MANTAN PEROKOK BERAT YANG BISA BERHENTI MEROKOK

Quote: Original Posted By pisangebut : dulu ane ngrokok sehari 2 sampai 5 bungkus, udh 6 bulan ini ane stop total. kadang sih suka kangen pengen nyoba2, tapi ane tahan2 walaupun asem.

Original Posted By the.ecology : ane dulu perokok gan.. sejak taun 1997... baru brenti total awal maret 2013... ane sekarang lbh bisa ngrasain hidup sehat tanpa asap gan... percaya aja deh, kalian para perokok pasti bisa brenti kok.. asal ada niat dan kemauan...

Original Posted By dwicendoll : wahh... ini baru trit keren.. Sedikit cerita dari ane. Ane dulu juga perokok dari kecil, umur 4th dah ngerokok dan itu sembunyi2, sampai 5 th yang lalu ane dah berhenti total. gara2nya tiap bangun tidur dada rasanya sakit. alhamdulillah sekarang sudah enggak. Malah sekarang bencinya minta ampun. Pernah sih nyoba punya temen, tapi rasanya ga enak.

Original Posted By satya.fr : Langsung ane rate bintang 5 nih trit gan dulu ane juga perokok gan sehari bisa abis 2-3 bungkus sekarang 3 tahun terakhir ane udah berhenti total.

Original Posted By febri083 : Dulu ane pertama kali kenal rokok kelas 6 SD gan, kalau ngga salah sekitar tahun 95/96, dan coba coba, ketagihan sampai paling parah ane di SMK dan sampai kerja, akhrnya temen ane ada yang kena TBC parah gan, kata dokternya salah satunya karena kecanduan rokok, ane sempet berhenti tapi hanya bertahan 1 minggu, setelahnya kambuh lagi. Nah pada puncaknya , pas ane besuk temen yang lagi dirawat dirumah sakit, dari UGD ada anak kecil sakit , trus pas banget ane ketemu ama bapaknya tuh anak, akhirnya terjadilah perbincangan, yang pada intinya bapaknya tuh anak nyesel dia seorang perokok dan sekarang malah anaknya yang kena sakit paru paru, kata si dokter harus operasi paru paru. Dari perbincangan itu ane jadi kepikiran terus gan, gimana besok kalo ane punya anak tapi masih perokok, gimana kalau nanti anak saya juga kena efeknya.Dan akhirnya ane punya tekat untuk berhenti merokok gan, memamng susah banget, ngga semudah yang kita bayangin.
Awal tahun 2006 ane menikah gan, ane masih perokok, selang sebulan istri ane hamil gan. begitu tau kalau istri ane hamil, ane jadi semangat banget pingin berhenti merokok, karena ane pingin anake ane kelak "Jangan sampai ngelihat kalau bapaknya perokok",
dengan modal niat itu gan, alhamdulillah mulai saaat itu juga ane bisa berhenti ngerokok Gan, sampai sekarang ane bener bener berhenti ngerokok .

Jadi buat agan-agan yang pingin berhenti ngerokok, pada intinya adalah Niat dari kita, niat dari dalam hati kita, biasanya kalau hanya sekedar ucapan kita ngga bakalan bisa berhenti gan....

sayangi kesehatan kita, sayangi kesehatan keluarga kita...
Original Posted By slank612 : ane dulu perokok gan..sejak taun 1997...baru brenti total awal maret 2013...ane sekarang lbh bisa ngrasain hidup sehat tanpa asap gan....percaya aja deh, kalian para perokok pasti bisa brenti kok...asal ada niat dan kemauan..
Original Posted By TheNorth : Alhamdulillah ane dah berhenti kurang lebih dah 10 taon dr 2004 - 2014, untung ane laki bukan yg ngerokok

Original Posted By 3nc1m : Sebelumnya saya perokok berat. Tapi sekarang sudah berhenti total. Asal niat bener2 berhenti bisa kok. Nice thread gan.

Original Posted By stormheart : Ane juga udah berhenti ngerokok, setelah kecanduan selama 21 tahun(dari sd kelas 6 udh ngerokok). berarti top abis donk yah? hehe....


LELAKI SEJATI YANG BERHENTI MEROKOK DEMI KELUARGA TERCINTA

Original Posted By guswandri : Alhamdulillah berawal dari cek up rutin kantor dokter mengatakan kalo masih sayang keluarga dan ingin melihat anak yg masih kecil tumbuh maka berhentilah... Sejak itu ane berhenti gan padahal sejak sma ane dah perokok aktif berarti udah 12 tahun lebih ... Sekarang dah hampir 1 tahun ane berhenti rokok... Memang 3 - 7 hari pertama bisa stress kaya orang gila.. Tapi ane bertekad gan dan akkirnya bisa lepas.

Original Posted By stigmata10 : Ane ngerokok dr th 1994 sampe 2010. sekarang udah bisa lepas dr ketergantungan rokok. rasanya badan lebih sehat dan segar, muka lebih bercahaya (aura). ane berhenti ngerokok krn pengen sehat dan supaya jangan sampe ditiru anak2 ane, bukan krn sakit.



Original Posted By falyudy : Merokok itu emang bikin kecanduan. Ane sendiri mulai ngerokok dari SMP sampe udah berumah tangga. Entah berapa taon tuh kalo diitung. Waktu rumah tangga, ane ngerokok ngumpet2 gan karena istri ane bisa nyium kalo ane abis ngerokok. Sampe suatu saat ane sadar. Kalo ane sampe sakit gara2 rokok trus meninggal, ane bakalan bikin istri ane sengsara hidupnya. Ane sayang banget sm istri ane, jadi sejak kesadaran itu dateng, ane gak ngerokok lagi. Tiap kali mau ngerokok ane selalu inget istri ane gan. Ane gak mau bikin hidupnya susah.

Original Posted By lephoe : ane jg udh brhenti ngerokok gan. alasan ane brhenti sejak hari pertama nikah gan. alasan ane berhenti ngerokok, ane gk mau anak ane ntar dpt contoh gk baik krn bpknya ngerokok, trus ane pengen ane n sekeluarga sehat, salah satunya dgn bebas dari asap rokok.

Original Posted By flawly : alhamdulillah bener2 stop... janji ane ke istri n tuhan ane gan... karena ane gk pgn ngrepotin istri n calon anak ane d masa depan... skrg berusaha hdp sehat jasmani n rohani gan.... mudah2an jadi rahmat untuk kluarga ane... yuk agan2 yg belumbrenti, jadikan berhenti merokok kado terindah untuk keluarga gan... insya allah ndak susah kok.



Original Posted By sundee27 : Alhamdulilah ane dah brenti ngeroko gan...dr bln puasa pertama kmaren. dada yg sblumnya suka sakit, nyesek skarng enakan, bisa nafas panjang...kaya makan permen pelega tenggorokan...lagian ane ga mau jd racun di istri n ketiga anak ane...kasian...goblok... knp ga dr dlu aja ye --- ini baru trit hebat.

Original Posted By InvernoGear : ane mantan perokok.. berhenti tahun 2007. ane merokok dari tahun 1993 kala itu kelas 1 SMP. ane pernah bahkan sering dinasehatin buat berhenti baik dari nyokap, bokin2 gw yg skrg dah pada mantan

Gw berhenti simple.. pas gw married.. istri gw seorang yg sangat taat ibadah (Insya Allah solehah). paa sblm married dia gak komen macem2 akan kebiasaan merokok gw. paa gw married.. dia bilang begini..

"sehari habis brp bungkus?"
gw jawab.. 1 bungkus.
"klo sebulan 30 bungkus ya?" katanya lagi
gw jawab.. ya bisa lebih..
"habis berapa duit mas untuk rokok dalam sebulan?"
gw jawab.. 300rb sih lebih..
"mas.. bila uang yang buat rokok dialihkan untuk sedekah.. pasti rumahnya bagus di surga"

gw lgsg tersentuh gan.. ga pernah gw dapat nasihat untuk berhenti rokok spt itu..
tdk lama setelah itu.. kira2 1 minggu gw putuskan untuk berhenti merokok.. sampai saat ini..

Original Posted By kakabradic : Ane udah 8 bulan berenti rokok gan.. alasannya karna bini ane lg hamil.. itu aja.. alhamdulillah ane ga ngerasain efek sampingnya.. berenti tinggal berenti aj... padahal udah ngerokok skitar 8 tahunan..


MEREKA YANG CERDAS DAN BIJAKSANA UNTUK TIDAK MEROKOK

Original Posted By HandaruDibya : ane ga ngrokok gan. udah takut semenjak bokap meninggal gara2 kanker dan beliau perokok.

pokoknya ane ga akan mengulangi kesalahan bokap ane dah gan, kasian nyokap

Original Posted By Keropoek : Alhamdullilah banget selama ini gw sanggup untuk bilang gak sama temen gw yg nawarin rokok. Akibatnya gw sehat wal afiat bin makmur dan sentosa

Original Posted By tesarrr : ane bukan perokok gan, stay cool dengan hidup sehat

Original Posted By abithuby : kalo ane seh gan pnah ngeroko tp kalo lg ngeroko di pikir" lg gue ngeroko kenyang kaga sehat kaga uang abis ngapain y gue ngeroko dari situ gue berenti gan.



MAYORITAS PARA WANITA TIDAK SUKA LELAKI PEROKOK

Original Posted By merch1lie : Untuk yang pertama kalinya gue comment di thread orang, biasanya pembaca pasif. Gue cewe pembenci perokok dan gue bela-belain Login cuma buat comment. Semoga banyak Cowo yang mulai mikir dan merubah pola hidupnya. Cowo ga ngeroko = banci / ga macho?

Gue rasa kebanyakan dari Cewe bakal bilang: "Cowo rapi, bersih, bebas asap rokok, mapan diusia muda karena mampu dengan bijak memanfaatkan penghasilannya is awesome!"

Original Posted By socialitehouse : Plg ga suka sm cowo yg merokok

Original Posted By dewi.khayangan : cewek malah ilfil abis sama cowok yg ngerokok gan. setidaknya ane ama temen2 berpendapat begitu. orang paling egois adalah perokok. smart boys don't smoke. no offense

Original Posted By pemburubot : bener banget gan, sebagai seorang cewek, ane akui kalo cowok merokok itu gak nambah macho/keren, malah bikin ilfil adanya.

Original Posted By dewindoet : Gw bela2in login, buat komen di trit ini. Gw setuju banget, butuh keberanian besar untuk berhenti merokok. Dan kualitas seorang laki-laki didefinisikan dari keberaniannya. Banyak cow mulai merokok ketika remaja, krn ikut2an dan dikomporin ama temen2nya ... dibilang cemen kalo ngga ikutan. Pake akal sehat lah, kalo bener2 laki mah, antilah ngerjain sesuatu karena ikut2an, ngga ada bedanya ama anak alay ikut gaya maho korea. Laki2 sejati pasti punya pendirian... Sekian pendapat dari seorang sista.

Original Posted By FuwaCha : cowo ana dulu ngeroko gan, tapi ngga sering, paling seminggu sekali dua kali. sejak jadian sama ana doi udah kaga pernah ngeroko lagi. Dulu doi mah kurus ceking, jelek, item, dekil. sekarang mah makin ganteng, makin cerah wajahnya, tambah gemuk dan terutama wangi. Buat agan" yang berhasil berhenti merokok, ente the real men!



MANTAN PEROKOK YANG BERHENTI KARENA TAKUT IMPOTENSI

Original Posted By rioom : ane stop rokok gan, untung aja ane ngga kecanduan, biasa nya cuma utk temen kopi pas nulis laporan. kasian bini ane ntar gan kalo si 'ade' kenapa kenapa

kasihanilah diri agan sendiri, juga bini agan (minimal bau mulutmu). bukan hal yg mengherankan kl banyak perokok pada impoten! lha emang saluran pembuluh darahnya tersumbat endapan rokok.. penyebab impoten!



MANTAN PEROKOK LAINNYA YANG SUKSES BERHENTI MEROKOK

Original Posted By putrandhika : Alhamdulillah ane sekarang udah berhenti ngerokok, padahal dulu bener bener kecanduan gara gara ditawarin sama temen. Sekarang udah bisa berhenti secara total tanpa ngerokok lagi, padahal nggak susah loh berhenti ngerokok, asal ada kemauan dan niat aja, nice thread gan

Original Posted By HeiAphan : alhamdulillah ane udah berenti total dari rokok gan. kalo niatnya kuat tulus ikhlas buat berenti, Inysa Allah bisa berenti gan..

Original Posted By masoema : berhenti ngerokok karena napas jadi pendek, tiap bangun tidur dada sesek badan ga segar rasanya. akhirnya hari itu juga saya putuskan stop gak ngerokok lagi..kapok

Quote:Original Posted By blezzernet : Gan susah berhenti.. mungkin perasaannya kyk org kena narkotika yah? Kalo gk ad menggigil ini kalo gak ada gelisah gitu... ane pernah cek 2009 trus divonis calon kanker paru2 krn paru2 ane udh kyk lubang hitam, suru berenti cuma kuat 6 bulan lanjut lgi smpe skrg tp gk pernah beli sebungkus.. tetep aja yah? Skrg mungkin pasrah aja dhe gan kalo divonis beneran kena...

Original Posted By bidadari.angkuh : Oia dulu ane pernah berteman sama org2 MLM yg hobi nongkrong gitu. Kebayang itu ruangan isi asap semua. 2 bulan jd perokok pasif langsung ketek ane nyut2an gan. Ane cek dokter ternyata gejala kanker/tumor payudara. Untung aja cepet ketauan jadi ane obatin herbal tokek ampe abis 3jt skrg udah ga ada lagi.

Original Posted By haekal168 : ane alhamdulilah udah berenti dari 2011,gara gara tbc sih hehehe dulu mah sehari bisa 2 bungkus.

Original Posted By chanieballz : Setelah ane baca dari awal sampe akhir trit ini, di bagian awal baca trit ini ane langsung matiin rokok, nyampe tengah-tengah makin serem bahaya rokok, ane langsung patahin tuh rokok, nyampe akhir yang hadits-hadits akhirnya ane sadar, insya allah, bismillah mau berhenti merokok, demi masa setelah ini, ane mau masuk surga gan.

Original Posted By rully_reinald : ane dulu ngerokok gan, sekarang udah berhenti, ane masih bingung sama orang yang bilang gak ngerokok itu banci, ane berhenti karena nolongin bapaknya pacar ane yang serangan jantung, udah sekarat, sambil dipompa jantungnya sama dokter ane di suruh bantu gulungin lendir dari paru paru....iya lendir..udah setengah kering kayak lem aibon....digulung karena udah menutup saluran paru paru, dan jadi pemicu serangan jantung.....bayangin tuh... sejak itu ane stop ngerokok...tinggi ane 170an, dulu berat badan ane cuma 55kg, sekarang ane seterek gan, jadi 72

sudah hampir 2 tahun ane berhenti ngerokok. Perokok keren itu cuma di dunia kartun dan komik, yang merasa keren karena merokok ya child-ish.

Original Posted By apomilo : Assalamu'alaikum. Terima kasih gan udah bikin thread bermanfaat gini, nangis saya bacanya karna semua yg agan tulis sama persis dg yg ada di otak saya. Saya seorang istri dari perokok gan. Hampir 3 tahun hubungan kami dan selama itu juga saya perjuangkan supaya suami saya berhenti merokok. Sekarang saya hamil 2 bulan gan, anak pertama. Tapi saya stres karna suami saya tetep teguh untuk merokok. Saya takut gan nanti calon anak saya gak berumur panjang karna 'dibunuh' bapaknya. Kalo saya yg 'dibunuh', In Shaa Allah saya nggak apa-apa gan, asal jangan anak saya. Gimana ya gan? Jujur, saya putus asa banget. Sempet ada keinginan buat nyerah, tapi saya masi kepikiran gimana orang tua saya nanti? Maaf ya gan, cuma mau nyampein uneg-uneg aja. Sekali lagi, terima kasih atas threadnya. Semoga banyak manfaat dan makin banyak orang yg terbuka pintu hatinya. Aamiin. Wassalamu'alaikum.

Original Posted By kasundaan : nguahahahah, jdi inget dlu waktu sekolah. kebeneran dari sekelas cuman gw doang yg gk ngerokok. sama ama yg dibilang TS, gw di bully abis2an. dikatain bancilah, pake rok aja sana, ampe ada yg bela2in bawa lipstick dari rmah nya cman buat bully gw doang. tpi pas pelajaran penjaskes gw tantang satu kelas buat adu sprint. gk jauh2 lah, cukup 500 meter aja. and you know what yg terjadi ? temen2 sekelas gw rata2 baru sprint 200 meter aja dah pada tepar. waktu itu asli gw enak banget ngetawain mereka dan alhamdulillah sampe sekarang ini, gw gk tau rasanya rokok tuh gimana...

Original Posted By chasa : Alhamdulillah ane udah hampir 3 minggu berhenti membakar uang setelah baca thread ini gann.. ane berterima kasih buat TS dan agan2 yang nyundul ini thread.. sebelum nya ane bisa 6 sampe 8 bungkus sehari paling sedikit itu juga 3 bungkus gan.. mungkin memang harus sakit dulu gan berenti ngerokok.. tapi setelah itu plongg gann \m/ temen2 ane pada ga percaya ga percaya dan akhir nya semua mendukung dan mau ngikutin jejak ane jg gan.. intinya banyak enak nya gan kalo udah ga ngerokok gan.. \m/ justru kita yang udah berenti ngerokok menjadi perokok berat karena nongkrong di sekeliling orang yang ngerokok dan kita hirup asep pasif nya gan.. :x pokok nya ga ngerokok ga culun gan.. kalo ada yang bilang culun pecahin aja kepalanya gan tusuk paru parunya.. \m/ ahahha..

Original Posted By oy_payah : Buat agan yang satu ini emang wokee dehh... Setelah ane ngebaca dari awal (sempet mau ngeyel juga sih "ngerokok itu hak orang lahh"), tapii sampe seperempat page ane jadi perlahan geser asbak ama bungkusan rokok+korek ane gan... terlebih pas di pertengahan ane ngeliat video video mantan artis indonesia gan Fuad Baradja gmn dia therapy orang yang mau berenti ngerokok... SAKIT banget kayaknya... So..secara perlahan ane coba ngindarin dari apa itu yang namanya Rokok gan.. Nafas ane udah PENDEK banget juga soalnya.. dan Per Malam ini.. Sabtu, 29.03.2014 00:39 gw mau coba berhenti dari rokok.. dan mungkin biar lebih yakin lagi ane minta dukungannya dari agan dan aganwati sekalian untuk ane bisa bener bener berhenti dari Rokok. dan kalo Perlu banget nih biar ane sendiri malu kalo kalo ane ngerokok lagi.. izin buat TS-nya naro comment ane ini di Page Wan dahh #AkuOraPopo..

Original Posted By BlinkKID : Ane dulu perokok, dan sekarang Alhamdulillah udah berhenti total. kalo pribadi, ane gak benci perokok, ane cuma benci ama rokoknya. terkhusus, ane suka sama org yg ngerokok tapi tau diri, misalnya gak ngerokok di tempat umum, kamar ane, dan tmpat2 dimana ada anak kecil dan org2 yg gak merokok. ane kasi sedikit curcol ane bagaimana cara bisa berhenti, bsa d baca di sini gan.


ini ada buku bagus yg membongkar kebusukan2 industri rokok, yg buat wartawa sekaligus aktivis anti-rokok. bukunya bisa dicomot disini gan (docs.google.com). Katakan tidak untuk merokok, terlebih merokok di kawasan publik dan lingkungan anak-anak.


INILAH SALAH SATU BUKTI MENGAPA ROKOK ITU HARAM! BANYAK SEKALI PARA PEROKOK YANG KONDISINYA SEPERTI INI KETIKA SUDAH KECANDUAN ROKOK. BAGAIMANA CANDU ROKOK DAPAT MENGHILANGKAN AKAL SEHAT PENGHISAPNYA DAN MERUSAK HIDUPNYA.



Marilah kita merenungkan firman-firman Allah Ta'ala dan Sabda Rasul-Nya.  
Mari gunakan kejujuran hati, buang jauh-jauh sikap taqlid (fanatik buta) yang sekedar mengikuti hawa nafsu.


Al-Quran:
"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" (Surah Ar-Rahman (55) ayat 13)
Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:
“Ada dua kenikmatan yang dilalaikan oleh kebanyakan manusia, yaitu nikmat sehat dan waktu luang.” (HR. al-Bukhari no. 6412, dari Ibnu ‘Abbas radiallahu ‘anhuma)
Banyak manusia yang kufur, yang fasik, yang munafik terhadap perkara-perkara kebaikan yang Allah perintahkan, seperti beribadah, menuntut ilmu agama, dan selainnya dalam kondisi tubuh yang sehat. Apalagi ketika Allah berikan nikmat sehat, malah kita rusak dengan rokok yang penuh mudharat.


Allah Subhannahu wa Ta’ala berfirman (yang artinya):
“Jika engkau bersyukur, maka sungguh Allah akan menambahkan nikmat-Nya, dan jika kamu kufur maka sungguh azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)
Allah Subhannahu wa Ta’ala berfirman (yang artinya):
"Dan Alloh menghalalkan bagi mereka semua perkara yang baik dan mengharamkan semua yang buruk." (QS. Al-A'rof: 157)
Rokok termasuk hal yang buruk yang memudharatkan lagi busuk baunya.


Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:
"Tidak boleh mendatangkan bahaya secara tak sengaja maupun disengaja." (HR. Ibnu Majah [2331] dari Ubadah bin Shamit radhiyallahu 'anhu)

Bukankah sudah sangat jelas dan nyata bahaya dari rokok untuk kesehatan!


Allah Subhannahu wa Ta’ala pun berfirman (yang artinya):
"Dan Janganlah kalian menjatuhkan diri sendiri dalam kebinasaan." (Al Baqoroh: 195)

Rokok menimbulkan penyakit-penyakit yang membinasakan seperti kanker, TBC, dan lain-lain.


Allah Subhannahu wa Ta’ala juga berfirman (yang artinya):
"Dan janganlah kalian membunuh diri-diri kalian." (An Nisaa: 29)

Rokok membunuh jiwa dan raga secara perlahan-lahan.


Allah Subhannahu wa Ta’ala berfirman (yang artinya):
"Dan janganlah engkau menghambur-hamburkan harta dengan boros, sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara setan." (Al-Isro: 26-27)


Rokok adalah pemborosan dan penghambur-hamburan terhadap harta.


Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda (yang artinya):
"Dan Alloh membenci bila kalian membuang-buang harta." (Mutaffaqun alaih)
Rokok merupakan pembuang-buangan terhadap harta maka Allah membencinya.


Allah Subhannahu wa Ta’ala berfirman tentang bahaya khamr (yang artinya):  
"Dan dosanya lebih besar daripada manfaatnya. (Al Baqoroh:219)
Bahaya rokok pun lebih besar dari manfaatnya, bahkan keseluruhannya merupakan kemudharatan.


Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda (yang artinya):
"Barangsiapa yang meniup racun hingga mati maka racun tesebut akan berada di tangannya lalu dihirupkan selama-lamanya di neraka Jahannam." (HR. Muslim)
Rokok mengandung racun nikotin yang membunuh penghisapnya perlahan-lahan dan menyiksanya.

Itulah sebagaian dari sekian firman Allah dan sabda Rasulullah yang dijadikan hujjah atau dalil yang nyata oleh Majelis Ulama Indonesia dan terlebih lagi para ulama ahlussunnah di Arab Saudi dan negara timur tengah lainnya (negara dimana Islam diturunkan, dimana ulama ahlus sunnah berkumpul dengan keutamaan ilmu mereka, dimana pusat ilmu agama Islam dipelajari dan diamalkan) dalam mengeluarkan fatwa haramnya rokok. Yang membedakan rokok dengan narkoba itu hanya cepat tidaknya zat-zat mudharat itu dalam merusak tubuh manusia. Jika narkoba cenderung cepat dalam merusak tubuh hingga syaraf, sedangkan rokok perlahan-lahan namun dampak negatifnya pasti terasa, dan celakanya dampak negatif rokok juga bisa mendzolimi orang lain.

Apakah mereka yang mengkufuri nikmat karunia Allah akan dibiarkan begitu saja di yaumul akhirat? Tentu saja tidak. Dosa dari mengkufuri nikmat dan melanggar larangan Allah akan dipertanggung jawabkan!

Wallahu a'lam bishawab. Semoga Allah 'Azza wa Jalla menjaga kita dari bahaya dan kemudharatan. Aamiin.



Fakta Mengejutkan Pada Tubuh Setelah Berhenti Merokok




Pelajari apa yang terjadi pada tubuh Anda setelah sejam, sehari, sebulan, setahun bahkan sepuluh tahun setelah Anda menghentikan kebiasaan merokok. Fakta ini mungkin dapat mengejutkan Anda. Anda pasti tahu seberapa buruk kebiasaan merokok bagi kesehatan Anda.

Penasaran berapa lama nikotin akan bertahan di tubuh Anda? Gejala apa yang akan Anda alami saat Anda berusaha berhenti merokok? Ingin tahu penyakit apa saja yang disebabkan dengan merokok? Berapa hari bebas tembakau yang akan membuat tubuh Anda memulihkan diri dan tidak lagi berada pada resiko bahaya rokok? Berikut ini adalah timeline apa yang akan terjadi pada tubuh Anda saat Anda berhenti merokok.


20 menit setelah Anda berhenti merokok. Pengaruh akibat Anda berhenti merokok akan segera diatur oleh tubuh Anda. Kurang dari 20 menit setelah rokok terakhir Anda, detak jantung Anda akan mulai menurun kembali ke tingkat normal.
 

2 jam setelah Anda berhenti merokok. Setelah dua jam tanpa rokok, denyut jantung dan tekanan darah akan mengalami penurunan mendekati tingkat yang sehat. Sirkulasi perifel Anda juga mungkin meningkat. Perhatikan ujung jari kaki dan tangan Anda – karena mungkin akan mulai terasa hangat. Gejala penghentian nikotin biasanya dimulai sekitar dua jam setelah Anda mengisap rokok terakhir Anda. Gejala awal biasanya cenderung bersifat emosional:
Untuk melawan gejala-gejala ini, cobalah untuk mengakuinya dengan rasionalisasi dan menuliskannya. Jangan menipu diri Anda dengan merokok lagi karena hal itu justru hanya akan membuat Anda jengkel.

12 jam setelah Anda berhenti merokok. Karbon monoksida – yang dapat menjadi racun bagi tubuh pada tingkat tinggi – dilepaskan dari pembakaran tembakau dan dihirup sebagai bagian dari asap rokok. Karena karbon monoksida terikat baik dengan sel darah, kandungan tinggi dari zat ini dapat mencegah sel darah untuk mengikat oksigen, yang pada akhirnya dapat menyebabkan masalah jantung yang serius. Hanya dalam waktu 12 jam setelah berhenti merokok, karbon monoksida dalam tubuh Anda akan menurun ke tingkat normal, dan kadar oksigen dalam darah Anda akan meningkat sampai tingkat normal.

24 jam setelah Anda berhenti merokok. Rata-rata serangan jantung di kalangan perokok 70%lebih tinggi daripada yang tidak merokok. Namun, percaya atau tidak, hanya sehari penuh setelah Anda berhenti merokok, resiko serangan jantgung Anda sudah mulai menurun. Meskipun Anda belum sepenuhnya bebas, namun Anda sudah berada di jalan yang benar.


48 jam setelah Anda berhenti merokok. Merokok mungkin tidak mengancam nyawa, namun indra yang mati – terutama indra penciuman dan perasa – merupakan salah satu konsekuensi yang jelas dari rokok. Untungnya, setelah 48 jam tanpa rokok, ujung saraf Anda akan mulai tumbuh kembali, dan kemampuan Anda untuk mencium dan merasa akan meningkat. Hanya sedikit waktu lagi, Anda akan kembali menghargai hal-hal yang lebih baik dalam kehidupan.


72 jam setelah Anda berhenti merokok. Pada titik ini, nikotin akan benar-benar keluar dari tubuh Anda. Sayangnya, gejala yang timbul akibat berhenti merokok akan mencapai puncaknya di sekitar waktu ini. Anda mungkin akan mengalami beberapa gejala fisik seperti sakit kepala, mual, atau kram di samping gejala emosional yang telah disebutkan sebelumnya. Untungnya, gejala fisik ini akan berlalu dengan cepat.


2 sampai 3 minggu setelah Anda berhenti merokok. Setelah beberapa minggu, Anda akan mulai benar-benar merasa berbeda. Anda pada akhirnya bisa berolahraga dan melakukan aktivitas fisik tanpa merasa kehabisan nafas dan sakit. Hal ini disebabkan sejumlah proses regeneratif yang mulai terjadi dalam tubuh Anda; sirkulasi tubuh Anda akan meningkat, dan fungsi paru-paru Anda juga akan meningkat secara signifikan. Setelah dua atau tiga minggu tanpa rokok, paru-paru Anda akan mulai terasa lega, dan Anda akan mulai bernafas dengan lebih mudah. Bagi kebanyakan perokok, gejala yang timbul akibat berhenti merokok akan hilang dua minggu setelah berhenti merokok.


1 sampai 9 bulan setelah Anda berhenti merokok. Sekitar sebulan setelah Anda berhenti merokok, paru-paru Anda akan mulai beregenerasi. Di dalam paru-paru, silia – rambut halus – seperti organel yang mendorong lendir keluar – mulai memperbaiki diri dan kembali berfungsi dengan baik. Dengan silia yang kembali dapat berfungsi dengan baik, akan menolong mengurangi resiko Anda terkena infeksi. Dengan paru-paru yang berfungsi sebagaimana mestinya, batuk dan sesak nafas yang Anda alami akan terus menurun secara dramatis.

Bahkan untuk para perokok berat, gejala yang timbul akibat berhenti merokok tidak akan lagi terasa beberapa bulan setelah berhenti dari merokok.

1 tahun setelah Anda berhenti merokok. Menandai satu tahun berhentinya Anda dari kebiasaan merokok merupakan hal yang besar. Setelah setahun tanpa rokok, resiko Anda terkena serangan jantung akan menurun sampai 50% dibandingkan ketika Anda masih merokok. Cara lain untuk melihat pada kemajuan ini adalah seorang perokok dua kali lebih mungkin dibandingkan Anda untuk menderita semua jenis penyakit jantung.

5 tahun setelah Anda berhenti merokok. Sejumlah zat dilepaskan dalam proses pembakaran tembakau – karbon monoksida merupakan salah satu di antaranya – akan menyebabkan pembuluh darah Anda menyempit, yang meningkatkan resiko Anda mengalami stroke. Setelah 5-15 tahun bebas dari rokok, resiko Anda untuk memgalami stroke sama dengan mereka yang bukan perokok.

10 tahun setelah Anda berhenti merokok. Para perokok memiliki resiko yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak merokok untuk daftar menakutkan dari penyakit kanker, dengan kanker paru-paru menjadi yang paling umum dan salah satu jenis yang paling berbahaya. Merokok menyumbang 90% kematian akibat penyakit paru-paru di seluruh dunia. Hal ini akan memakan waktu 10 tahun, namun jika Anda berhenti, resiko kematian akibat kanker paru-partu akan turun 50% dibandingkan mereka yang merokok. 10 tahun setelah Anda berhenti merokok, resiko Anda dari kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, kandung kemih, ginjal dan pankreas juga akan menurun.

 
15 tahun setelah Anda berhenti merokok. 15 tahun tanpa merokok akan membawa resiko penyakt jantung kembali ke tingkat yang sama dengan mereka yang memang bukan perokok. Anda tidak akan lagi berada pada posisi yang lebih tinggi dari normal untuk berbagai kondisi seperti serangan jantung, penyakit koroner, arhitmia, angina, infeksi jantung maupun kondisi yang mempengaruhi irama detak jantung Anda.

Manfaat jangka panjang dari menghentikan kebiasaan merokok sangatlah fantastis. Menurut Asosiasi Jantung Amerika, mereka yang tidak merokok rata-rata hidup 14 tahun lebih lama dibandingkan para perokok. Berhenti hari ini, dan Anda akan memperpanjang rentang hidup Anda dan menghidupi tahun-tahun ekstra dengan sistem kardiovaskular yang dapat berfungsi, saat Anda aktif dan merasa luar biasa.


Last edited by: kratingdieng

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
23