Cerita Tentang Seorang Pria yang Ingin Mengubah Dunia

Ingin mengubah dunia? Begini caranya.. 

Berikut ini diketahui tertulis di makam seorang Uskup Anglikan di Westminster Abbey sekitar 1100 AD. Tentang cerita seorang pria yang ingin mengubah dunia

Ada dua versi yang saya ketahui, mungkin bisa jadi memang hanya dua versi saja. Berikut ini adalah versi pertama dan paling populer, paling sering diposting & dishare. Saya dan juga kebanyakan orang mungkin suka versi yang ini karena salah satu yang lebih baik dan sederhana.

Tentang mengubah dunia, ada tertulis seperti ini:
"Ketika aku muda, aku ingin mengubah seluruh dunia. Lalu aku sadari, betapa sulit mengubah seluruh dunia ini. Maka aku putuskan untuk mengubah negaraku saja.

Ketika aku sadari bahwa aku tidak bisa mengubah negaraku, aku mulai berusaha mengubah kotaku. Ketika aku semakin tua, aku sadari tidak mudah mengubah kotaku. Maka aku mulai mengubah keluargaku.

Kini aku semakin renta, aku pun tak bisa mengubah keluargaku. Ternyata aku sadari bahwa satu-satunya yang bisa aku ubah adalah diriku sendiri.
 
Tiba-tiba aku tersadarkan bahwa bila saja aku bisa mengubah diriku sejak dahulu, aku pasti bisa mengubah keluargaku dan kotaku. Pada akhirnya aku akan mengubah negaraku dan aku pun bisa mengubah seluruh dunia ini."

Tulisan diatas bersumber asli (berbahasa Inggris) di: http://www.scrapbook.com/poems/doc/12475/378.html. Apakah ada yang tahu dari versi atau sumber lain? Tulisan di bawah ini sepertinya adalah kisah komplitnya yang kemudian disederhanakan sedemikian rupa, memang agak panjang, tetapi inti hikmah dari setiap paragrafnya kurang lebih sama. Untuk keotentikannya.. Sayang belum ada seorangpun yang memverifikasi. Berikut ini adalah versi komplitnya:

Aku ingin mengubah dunia.

"Ketika aku masih muda dan bebas berimajinasi tanpa batas, aku bermimpi mengubah dunia. Seiring dengan bertambahnya usia dan bijaksana, kutemukan dunia tidak akan berubah, karenanya kurubah cara pandangku dan memutuskan untuk mengubah hanya negaraku saja.

Ketika usiaku semakin senja, dalam satu upaya putus asa terakhir, kutetapkan untuk mengubah hanya keluargaku saja, orang-orang terdekatku, tapi sayangnya mereka tidak menginginkan itu.
 
Dan sekarang, saat aku berbaring di ranjangku, tiba-tiba aku tersadar: Jika aku terlebih dahulu mengubah diriku sendiri, maka aku akan memberi contoh dan itu mengubah keluargaku.
 
Dari inspirasi dan dorongan mereka, kemudian akan mampu memperbaiki negeriku, dan siapa tahu, aku mungkin bahkan mengubah dunia."


Ditemukan pada batu nisan di Westminster Abbey

Seorang narasumber mengatakan tulisan ini terukir di batu nisan seorang uskup Anglikan yang dimakamkan di Westminster Abbey pada tahun 1100 AD. bit.do/Y3rL

Ada informasi menyebutkan tidak ada Uskup Anglikan di 1100 AD. oleh karena pada masa itu semua orang adalah Kristen Khatolik. (Gereja Anglikan tidak resmi dimulai sampai sekitar 1534 AD, meskipun jejak awal Gereja Inggris untuk St. Augustine, sekitar tahun 597 AD). bit.do/Y3rL



Apakah ukuran batu nisannya itu relatif besar atau kecil sehingga mampu menampung tulisan yang sedemikian agak panjang, sayangnya juga belum ada seorangpun yang memverifikasi. Adakah yang bisa memverifikasi semuanya ini? 

Tapi saya hanya berpikir bahwa ini hanyalah sekedar tulisan seperti halnya cerita fiktif dongeng untuk membangun dan mencerahkan orang-orang, semacam kisah inspiratif untuk memotivasi khalayak yang menceritakan seorang Uskup Anglikan yang kebetulan tidak dikenal namanya yang hidup pada tahun 1100 AD, yang dimakamkan di Westminster Abbey, kemudian kisahnya ditemukan terukir pada batu nisan saat meninggal dunia. Sekali lagi, adakah yang bisa memverifikasi semuanya ini..?? ^_^  

Tetapi bagaimanapun juga kisah tersebut diatas cukup bagus dan mengandung muatan positif yang mengedukasi, jadi cukup ambil hikmahnya saja. Kenapa saya bilang bagus? Simple, karena populer. Mendunia diberbagai kalangan khalayak berbeda. ^_^




Pesan Moral: 

Keinginan adalah hal besar. Semangat adalah motivasinya. Sedangkan tindakan adalah apinya. Jadi, jika ingin merubah hal-hal besar, maka rubahlah dari sekarang, dari hal terkecil, dan lihatlah revolusi sedang terjadi!

Jangan mudah menyerah dalam menghadapi permasalahan yang ada, karena pada akhirnya kita tahu bahwa semua bisa dilalui dan semua masalah bisa terpecahkan. Yang perlu kita lakukan hanyalah mencoba dan berusaha memberikan yang terbaik.

Seorang manusia dibilang sukses karena ia berhasil bangkit dari keterpurukannya. Bukan semata-mata hanya karena ia pernah membuat hal-hal besar dan dipuji karena kehebatannya.

Tantangan terbesar yang kita miliki sebagai individu hamba Allah SWT Tuhan YME, sebagai bagian masyarakat, ataupun sebagai pemimpin umat beragama (ulama, uskup, dsb) adalah kepemimpinan spiritual dari kehidupan kita sendiri.

Semoga Allah SWT senantiasa memberi kita kekuatan iman, hati yang lembut yang sabar menanti dan menjalani setiap proses step by step dalam kehidupan ini. Aamiin.


"Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit."
"Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia."
~ Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia karya Cindy Adam 
  
"Menyesali nasib tidak akan mengubah keadaan. Terus berkarya dan bekerjalah yang membuat kita berharga." 
~ Abdurrahman Wahid (Gus Dur)
 
"Dunia tengah berangkat gila, dan di zaman ini hanya orang gila yang berkeinginan mengubah atau menyelamatkan dunia. Seandainya tiap manusia cukup rendah hati untuk menyelamatkan sebuah dunianya terlebih dulu." 
~ Nukila Amal, Cala Ibi, hal.151



"Yesterday I was clever, so i wanted to change the world. Today I am wise, I want to change my self."
"Kemarin aku menjadi pintar, karenanya aku ingin merubah dunia. Hari ini aku menjadi bijak, aku ingin merubah diriku sendiri."
~ Rumi
 


"Saya belajar bahwa keberanian bukanlah ketiadaan rasa takut, tetapi kemenangan di atasnya. Orang yang berani bukanlah orang yang tidak merasa takut, tetapi orang yang mengalahkan rasa takut tersebut."
 ~ Nelson Mandela

"Tentukan hal yang bisa dan akan dilakukan, kemudian kita akan menemukan jalan." 
~ Abraham Lincoln 

"Kita mengubah dunia bukan dengan apa yang kita katakan atau lakukan, tetapi sebagai konsekuensi dari telah menjadi apa kita." 
 ~ David R. Hawkins

"Jadilah Anda perubahan yang ingin Anda lihat di dunia itu sendiri." 
~ Mahatma Gandhi
  
"Mereka yang mengusahakan untuk menyembuhkan diri sendiri dapat menyembuhkan dunia!"
~ Thomas Bien 


 
*)AD (Anno Domini) atau Kalender Masehi dalam bahasa Indonesia adalah sebutan untuk penanggalan atau penomoran tahun yang digunakan pada kalender Julian dan Gregorian. Era kalender ini didasarkan pada tahun tradisional yang dihitung sejak kelahiran Yesus dari Nazaret. wikipedia.org.


0 komentar:

Poskan Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
23