'Setiap Hari Istimewa, Buatlah Begitu': Catatan Rahasia Mengharukan Gadis 13 Tahun Korban Kanker

Catatan Rahasia: Keluarga baru menemukannya di balik cermin, setelah ia meninggal. (Kamis, 5 Juni 2014)

Nyaris setahun Athena Orchard berjuang melawan kanker tulang osteosarkoma. Sakit diawali saat ia pingsan di dapur rumahnya sebelum Natal. Minggu lalu, hidup gadis 13 tahun itu berakhir.

Keluarganya dirundung duka. Namun betapa terkejut mereka, saat menemukan sisi lain Athena di balik cermin kamarnya. Caroline menemukan kata-kata inspiratif ketika membereskan kamar putrinya.

Athena menuliskan sekitar tiga ribu kata-kata indah di balik cermin. Itu seperti pesan kematian yang istimewa untuk orang tua dan enam adik kandungnya. Athena berbagi semangat positif untuk hidup.

Ia menulis betapa hidup harus dinikmati. Selagi masih ada kesempatan, lakukan yang terbaik. Sebab, seperti yang terjadi padanya, maut bisa merenggut kapan saja.
 
Setiap hari istimewa, buatlah begitu. Kau bisa mendapat penyakit mematikan besok, jadi buatlah hidup istimewa setiap hari. Hidup hanya buruk jika kau membuatnya buruk,” demikian salah satu pesannya.

Ia juga menulis soal cinta. Menurut Athena, cinta bukan soal siapa yang diharapkan untuk mendampingi di masa depan. Melainkan, seseorang yang tak bisa dibayangkan jika kelak tak bersamanya.

“Hidup adalah permainan untuk semua orang, tapi cinta adalah hadiahnya,” ia melanjutkan.


Keluarga Athena dan cermin: Sang ibu Caroline, Naysa (1), Letissia-Dior (2), Indika-Mayah (4), Porscha dan Ethan (11), Tiana(5), Harley(8), dan sang ayah, Dean.

“Aku membacanya. Tapi belum sampai selesai, aku sudah berhenti. Rasanya itu terlalu banyak. Kata-katanya sangat menyentuh,” kata Dean, ayah Athena, seperti dikutip dalam laman Daily Mail.

Athena memang suka menulis. Baginya, itu membuat bahagia. Namun selama ini, ia tak pernah sedikitpun mengungkit soal kata-kata yang ia tulis di balik cerminnya. Athena seperti masih ada di situ.

Semasa hidup, Athena dikenal sebagai sosok yang inspiratif. Setelah divonis kanker, ia pernah menjalani 7,5 jam operasi untuk mengangkat kanker di tulang belakangnya. Berbulan-bulan ia kemoterapi.

Ia kehilangan rambut indahnya, juga kekuatan fisiknya. Namun pandangan positifnya tak pernah luntur. Saat di rumah sakit, justru ia yang menguatkan sang ibunda. Ia berkata, semua akan baik-baik saja.


Athena Orchard 13 tahun, dari New Parks, Leicester, telah menjadi berita utama di seluruh dunia. 

Karena itulah ia begitu dicintai teman-temannya. Mereka meninggalkan pesan cinta di kaca kamarnya. Para pengguna Twitter pun menggunakan tagar #AthenaOrchard untuk mengenang sosoknya.

“Dia orang paling berani yang pernah aku kenal. Dia begitu cantik dan atletik,” kata Caroline.

Seperti yang dikatakan Athena, hidup bukan tentang bagaimana akhirnya. Hidup adalah tentang cerita yang telah ditorehkan didalamnya. Ia mengajak berpikir, apa yang telah diperbuat dalam hidup?


Berikut petikan kata-kata inspiratif yang ditulis Athena.


Happiness depends upon ourselves. Maybe it’s not about the happy ending, maybe it’s about the story.
Kebahagiaan tergantung pada kita. Mungkin itu bukan tentang akhir yang bahagia, mungkin itu hanya tentang cerita.

The purpose of life is a life of purpose. The difference between ordinary and extraordinary is that little extra. Tujuan hidup adalah hidup dengan bertujuan. Hanya perlu menambahkan sedikit untuk membuat yang biasa menjadi luar biasa.

Happiness is a direction not a destination. Thank you for existing. Be happy, be free, believe, forever young. You know my name, not my story.
Kebahagiaan adalah arah, bukan tujuan. Terima kasih telah ada. Berbahagialah, bebaskan, percaya, dan selamanya muda. Kau tahu namaku, tapi tidak ceritaku.

You have heard what I’ve done, but not what I’ve been through. Love is like glass, looks so lovely but it's easy to shatter.
Kau mungkin telah mendengar apa yang kulakukan, tapi tidak apa yang telah kulewati. Cinta seperti kaca, kelihatannya indah tapi terlalu mudah untuk pecah.


Love is rare, life is strange, nothing lasts and people change. Every day is special, so make the most of it, you could get a life ending illness tomorrow so make the most of every day. Life is only bad if you make it bad. Cinta itu langka, hidup itu aneh, tidak ada yang tinggal dan orang-orang berubah. Setiap hari spesial, buatlah begitu. Hidupmu bisa berakhir besok, maka buatlah spesial setiap hari. Hidup hanya buruk jika kau membuatnya buruk.


If someone loves you, then they wouldn’t let you slip away no matter how hard the situation is. Remember that life is full of ups and downs.
Ketika seseorang mencintaimu, mereka tidak akan membiarkanmu jatuh dalam situasi sesulit apapun. Ingatlah bahwa hidup naik turun.

Never give up on something you can’t go a day without thinking about. I want to be that girl who makes the bad days better and the one that makes you say my life has changed since I met her!
Jangan pernah menyerah pada sesuatu yang selalu kau pikirkan. Aku ingin menjadi gadis yang bisa membuat hari buruk menjadi baik, dan bisa membuatmu berkata: hidupku berubah sejak bertemu dengannya.


Love is not about how much you say I love you – it’s about how much you can prove it’s true. Love is like the wind, you can feel it but you can’t see it. I’m waiting to fall in love with someone I can open my heart to.
Cinta bukan tentang berapa kali kau mengatakan cinta. Itu adalah tentang seberapa besar usahamu untuk membuktikan bahwa itu benar. Cinta seperti angin, kau bisa merasakannya tapi tidak bisa melihatnya. Aku menunggu untuk jatuh cinta pada seseorang yang bisa membuatku membuka hati.


Love is not about who you can see spending your future with, it's about who you can’t see spending your life without... Life is a game for everyone but love is the prize. Only I can judge me.
Cinta bukan tentang siapa yang kau bayangkan akan menghabiskan masa depan kelak. Itu adalah tentang siapa yang tidak bisa kau bayangkan jika tidak menghabiskan waktu bersamanya. Hidup adalah permainan untuk semua orang, tapi cinta adalah hadiahnya. Hanya aku yang bisa menilaiku.

Sometimes love hurts. Now I’m fighting myself.  Baby I can feel your pain. Dreams are my reality. It hurts but it’s okay, I’m used to it.
Seringkali, cinta menyakitkan. Sekarang aku berjuang melawan diriku. Sayang, aku bisa merasakan penderitaanmu. Mimpi adalah nyata bagiku. Itu menyakitkan, tapi tak masalah. Aku layak untuk itu.


Don’t be quick to judge me, you only see what I choose to show you... you don’t know the truth. I just want to have fun and be happy without being judged.
Jangan terlalu cepat menilaiku, kau hanya melihat yang kupilih untuk menunjukkannya padamu. Kau tidak tahu yang sebenarnya. Aku hanya ingin bersenang-senang dan bahagia tanpa dinilai.


This is my life, not yours, don’t worry about what I do. People gonna hate you, rate you, break you, but how strong you stand, that’s what makes you… you!
Ini hidupku, bukan hidupmu. Tak usah pikirkan tentang apa yang kulakukan. Orang akan membencimu, menilaimu, menghancurkanmu, tapi sekuat apa kau bertahan, itu yang membuat kau menjadi dirimu.

There’s no need to cry because I know you’ll be by my side.
Tak ada yang perlu ditangisi, karena aku tahu kau akan selalu ada di sisiku. http://is.gd/LUu53S


Mereka Tidak Akan Melupakan Apa yang Mereka Temukan di Balik Cermin Ini


Athena Orchard menemukan dia menderita kanker tulang Desember lalu. Dia menjalani kemoterapi untuk kanker menyerang tulang punggungnya, bahu dan kepala. Dia juga menjalani operasi paling tidak-delapan jam untuk mengangkat tumor pada tulang punggungnya. (Foto: dailymail.co.uk)
 


 
Athena dengan gagah berani berjuang melawan penyakitnya, tapi sayang, dia kehilangan perjuangannya Rabu lalu. Beberapa hari kemudian, ayahnya, Dean, membersihkan kamar dan menemukan sesuatu yang membuatnya meneteskan air mata. (Foto: Athena Orchard 13 tahun, dari New Parks, Leicester, telah menjadi berita utama di seluruh dunia.)


Ia menemukan sebuah cermin dan ketika ia berbalik memutar, terlihat dari dekat 3000 kata hati tercetak di bagian belakangnya. Itu adalah kata-kata Athena yang diringkas seperti pelajaran kehidupan baginya. Dean tidak mampu lagi meneruskan membaca, hanya bisa menangis. (Foto: elitedaily.com)



Kata-kata yang mencerminkan kedewasaan sebelum waktunya dan kebijaksanaannya yang hanya mampu orang-orang dewasa sadari setelah di kemudian hari. Athena mengabadikan semua pandangan positifnya tentang hidup di dalam semua kata-katanya. (Foto: Athena Orchard, 13, and Leon Woodstock)



"Happiness depends upon ourselves.

"Maybe it’s not about the happy ending, maybe it’s about the story.

"The purpose of life is a life of purpose. 
"Love is not about who you can see spending your future with. It’s about who you can’t see spending your life without.

"Life is a game for everyone but love is the only prize.




Ayahnya menggambarkan Athena sebagai orang yang sangat spiritual. Ketika kita membaca kata-katanya, kita pastikan bisa merasa di dalamnya ada semangat, kelembutan, kebaikan, rasa syukur, serta kekuatan jiwa Athena.

(Foto: Dalam foto tampak Keluarga Orchard yang diambil setelah kematian Athena.)
 


Kita bisa menerapkan kata-kata Athena dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai penyemangat dan morivasi. Mengingat dan menginspirasi bagaimana perjuangannya, keberaniannya dalam melawan hidup dan kanker yang dideritanya. (Foto: dailymail.co.uk)


(click for large)


0 komentar:

Poskan Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
23