Filosofi Landak

Hari itu, adalah musim salju yang paling ekstrim di Kanada. Banyak binatang yang mati akibat rasa dingin yang teramat sangat.

Di suatu daerah, tinggal sekelompok Hedgehog (sejenis landak). Mereka memutuskan untuk tinggal secara berkelompok di dalam sebuah gua, agar tetap hangat. Mereka mendekatkan diri satu sama lain. Namun ketika mulai berdekatan, duri-duri mereka melukai teman-teman terdekat mereka.

Setelah beberapa saat, mereka pun memutuskan untuk menjaga jarak satu sama lainnya. Akibatnya, mereka mulai merasakan dingin yang membeku, dan akhirnya terancam mati. Jadi mereka harus memutuskan: menerima duri-duri temannya, atau mati!

Secara bijaksana, mereka memutuskan untuk kembali bersatu. Mereka pun belajar untuk hidup dengan luka-luka kecil akibat jarak yang sangat dekat dengan sahabat-sahabatnya supaya dapat merasakan kehangatan. Cara inilah yang membuat mereka akhirnya selamat dan bisa bertahan hidup.


Pesan Moral:

Hubungan yang terbaik dalam hidup ini bukanlah hubungan yang membawa orang-orang yang sempurna dalam kelompok. Tetapi ketika semua individu belajar hidup dengan ketidaksempurnaan orang lain, serta mampu “mengapresiasi” semua kehangatan yang diberikan oleh teman-temannya.

Hal inilah yang membuat hidup kita menjadi lebih “hidup” (bermakna) & “mampu bertahan” dalam situasi atau lingkungan yang ekstrim sekalipun.








Happiness Is Like A Butterfly

Happiness is like a butterfly | comic via



Setuju Sama Ini, Mungkin Anda Seorang Psikopat!

Bukan perkara mudah untuk mengidentifikasi seseorang adalah psikopat atau bukan, karena butuh pemeriksaan mendalam oleh psikolog. Namun jika dari 10 pernyataan berikut banyak yang sesuai, maka ada kecenderungan untuk menjadi psikopat.

Psikopat adalah julukan untuk orang-orang yang mengidap psikopati, yakni gangguan kepribadian yang dicirikan dengan tidak adanya perasaan bersalah sedikitpun ketika melanggar sebuah norma maupun aturan. Psikopat juga identik dengan perilaku kejam dan tidak kenal takut.

Seorang psikopat memang tidak selalu melakukan kekerasan seperti yang digambarkan dalam film-film pembunuhan berantai. Kadang-kadang hingga taraf tertentu, perilaku sederhana seperti suka mencontek juga bisa dikategorikan sebagai gangguan perilaku psikopati.

Gangguan kepribadian ini kadang sulit diidentifikasi, karena kebanyakan psikopat tampak normal atau bahkan sangat ramah dalam kehidupan sehari-harinya. Namun di balik itu semua, seorang psikopat tidak punya empati atau kepekaan nurani terhadap lingkungan sekitarnya.


2007 - Pembantaian Virginia Tech: Seorang mahasiswa bernama Cho Seung-Hui melakukan penembakan liar di kampus Virginia Tech, Amerika Serikat menewaskan 33 orang termasuk dirinya sendiri.

Salah satu contohnya adalah Seung-Hui Cho, mahasiswa Virginia Tech yang membantai 32 (33 termasuk dirinya) teman sekampusnya dengan pistol sebelum akhirnya mati bunuh diri pada tahun 2007. Beberapa orang terdekat mengakui, dalam kesehariannya Cho adalah seorang anak pendiam dan sangat pemalu.

Menurut penelitian, 1 dari 100 orang sebenarnya memiliki kecenderungan psikopati dengan tingkatan yang bervariasi. Dikutip dari TheSun, 10 pernyataan berikut dapat dipakai sekedar untuk memperkirakan seberapa besar kecenderungan seseorang untuk menjadi psikopat.

Lingkari skor yang paling sesuai di setiap pernyataan: 3 jika sangat setuju, 2 jika setuju, 1 jika tidak setuju dan 0 jika sangat tidak setuju. Jumlahkan seluruh skor, lalu cocokkan dengan keterangan di bawah.
  1. Saya jarang membuat perencanaan. Saya lebih suka segalanya serba spontan dan mendadak. 0 1 2 3
  2. Menyelingkuhi pasangan boleh-boleh saja asal tidak ketahuan. 0 1 2 3
  3. Jika mendadak ada hal yang lebih baik maka tidak ada salahnya untuk membatalkan kesepakatan terdahulu. 0 1 2 3
  4. Melihat hewan terluka atau kesakitan tidak membuat saya merasa terusik sedikitpun. 0 1 2 3
  5. Berkendara dengan kecepatan tinggi, naik roller coaster serta terjun payung sangat menarik bagi saya. 0 1 2 3
  6. Tidak masalah untuk melangkahi seseorang demi mendapatkan apa yang saya inginkan. 0 1 2 3
  7. Saya pintar membujuk dan memiliki kemampuan khusus agar orang mau melakukan kemauan saya. 0 1 2 3
  8. Saya cocok melakukan tugas berbahaya karena mampu membuat keputusan dengan sangat cepat. 0 1 2 3
  9. Bagi saya sangat mudah untuk bertahan dalam sebuah situasi, ketika orang lain mulai merasa sangat tertekan. 0 1 2 3
  10. Jika saya bisa melawan seseorang, berarti orang itu memang pantas menerimanya. 0 1 2 3

Kecenderungan psikopat berdasarkan total skor:
  • 00-10: Rendah
  • 11-15: Di bawah rata-rata
  • 16-20: Rata-rata
  • 21-25: Tinggi
  • 26-30: Sangat tinggi

Kalau saya skornya cuma 9, bagaimana kalian..?? ^^'

 


East Meets West: Infografis Perbedaan Orang Barat dan Timur

Berikut ini adalah ikon poster rancangan Liu Yang, seorang pekerja seni dan desainer visual muda kelahiran Cina, tetapi menjalani masa remaja dan sekolah sejak usia 14 tahun hingga dewasa  di Jerman. Karyanya "East Meets West" menampilkan bagaimana saat budaya Timur bertemu dengan budaya Barat. Karyanya tersebut menggambarkan perbedaan sosial dan budaya antara dunia Timur dan Barat-nya dengan baik dan pas dengan menggambarkan kondisi globalisasi budaya, masyarakat, dan juga tempat sekarang ini.

Lihat apakah Anda setuju dengannya. Perhatikan: Biru berarti Barat. Merah berarti Timur atau Asia.


1. MENGEKSPRESIKAN PERASAAN. Apabila orang bule marah, maka kita akan dengan mudah mengetahui kemarahannya cukup melihat dari body language-nya saja. Kalau di budaya timur, kita akan susah mengetahui apakah seseorang  itu sedang marah atau tidak. Terkadang senyum dan tetap ramah, tapi dalam hati dongkol setengah mati.


2. RELASI KONEKSI. Orang bule kebanyakan, hanya menjalin hubungan dengan orang-orang tertentu saja. Kalau butuh berhubungan ya berhubungan, kalau tidak ya sudah. Orang timur berhubungan dengan banyak orang. Semua bisa menjadi relasi. Semakin banyak relasi, bisnis semakin menjadi lancar. :-D


3. KECANTIKAN IDEAL. Di kebudayaan timur, semakin putih cewek, semakin cantik dia. Lihat saja iklan-iklan skin whitener yang merajalela dimana-mana. Cewek-ceweknya yang sangat terobsesi sangat takut terkena sinar matahari. Memakai baju lengan panjang atau jaket jikalau pergi keluar atau memakai payung, tidak peduli menyiksa yang penting terlindungi dari sinar matahari. Bandingkan di negara-negara barat dimana orang lebih suka dengan kulit yang agak berwarna. Coba saja lihat di pantai Kuta Bali, yang senang berjemur kebanyakan para bule-bule.


4. KEHIDUPAN SEHARI-HARI LANSIA. Disini banyak kita melihat kakek nenek yang sedang memomong cucunya, sementara orang tua mereka sedang bekerja. Sangat menyenangkan bagi mereka untuk menghabiskan hari-hari tua dengan memomong cucu. Beda sekali di negara barat. Karena karakter "independence" orang bule, maka kebanyakan begitu pula pilihan mereka menghabiskan hari tua. Jarang sekali ada orang tua yang tinggal bersama dengan anak-anaknya.

5. TINGKAT KEBISINGAN DI RESTORAN. Coba kita lihat saat di restoran, disini pasti rame banget kan? Bahkan ada yang ketawa ketiwi dan terkadang bisa berisik banget. Beda halnya dengan orang bule, di restoran mereka berbicara dengan intonasi pelan atau berbisik.


6. PERSEPSI DIRI.


7. BERURUSAN DENGAN MASALAH. Perbedaan ini yang kadang membuat orang bule yang tinggal di Asia menjadi frustasi. Karena cara orang Asia untuk mengatasi suatu masalah kebanyakan dengan cara begitu mbulet atau rumit. Yang penting tetap jalan, meski malahan terkadang masalah utamanya sendiri tidak terselesaikan. Berbeda dengan orang bule yang frontal dalam menyelesaikan masalah.

8. SAAT DALAM ANTRIAN. Nah, yang ini sepertinya kita sudah sama-sama mengetahui bagaimana adat kita pada saat mengantri. Tidak disiplin, tidak rapi, berantakan... Siapa cepat dia duluan. Gara-gara masalah ini, untuk lebih mengajarkan kedisiplinan dan kesopanan dalam mengantri, di China sesaat sebelum Olimpiade dilaksanakan, setiap sebulan sekali diadakan Hari Antrian Nasional.

9. WAKTU MANDI. Orang bule terbiasa mandi waktu hari panas, sedangkan orang kita lebih suka mandi sebelum matahari terbit.

10. MENIKMATI AKHIR PEKAN. Karena keindividualismenya, orang bule lebih suka istirahat dengan menyendiri saja. Menghindari keramaian. "Lha wong istirahat tapi kok ke tempat rame," mungkin begitu mikirnya. Kebiasaan orang timur, waktu liburan diisi dengan jalan-jalan ke mall-mall. Mencari tempat-tempat yang ramai dan asyik buat nongkrong.

11. ANAK DALAM KELUARGA. Lihatlah kita, kita akan bekerja sekuat tenaga demi anak-anak kita. Demi keturunan kita. Dalam budaya barat, anak-anak mereka dibiasakan mandiri sedari kecil. Mereka harus terbiasa sendiri dan sebisa mungkin tanpa bantuan orang tua.


12. SAAT PESTA. Di pesta orang bule, biasanya mereka berbincang-bincang secara terpisah. Paling tidak bergerombol 2-4 orang. Di Indonesia, acara akan lebih seru jika diadakan serentak berbarengan dengan diatur oleh MC (Master Ceremony). Jadi tidak terpisah-pisah seperti budaya barat. Kalau gitu mendingan jalan sendiri ajah deh... :-D


13. SARANA TRANSPORASI. Jaman dahulu di dunia barat (tahun 70-an) mereka sudah mengendarai mobil. Sekarang sudah berganti naik sepeda, dengan alasan mengatasnamakan generasi hijau. Di Indonesia dulu masih mengendarai sepeda (itupun yang berduit yah..), karena mobil masih langka. Sekarang, Jakarta macet gara-gara banyaknya mobil dan sepeda motor.


14. BOS. Di perusahaan-perusahaan barat, bos itu part of the team, alias 'bagian dari tim'. Di perusahaan-perusahaan Asia, bos laiknya seperti dewa. Takutnya minta ampunlah kalo sama bos. Bos salah, anak buah ga ada yang berani menentang atau protes...  :-D

15. TRAVELLING. Orang bule traveling untuk menikmati pemandangan yang segar-segar dan alamiah. Kalau kita yang terpenting foto-fotonya dong... :-D


16. LIFESTYLE: MANDIRI VS. SALING KETERGANTUNGAN. Orang bule selalu berfikir tentang SAYA (independent). Sementara kita selalu berfikir sebagai bagian kecil dari suatu kelompok.


17. MAKAN 3 KALI SEHARI.


18. MENU MAKANAN. Orang bule menyukai masakan Asia dengan sayur mayur dan bumbu rempah-nya yang menyehatkan. Sementara kita lebih menyukai makanan yang kebarat-baratan hanya karena prestise, lifestyle, tidak ketinggalan jaman.


19. SUASANA HATI.


20. KESENANGAN AKAN BARANG BARU.


21. PERSEPSI: BAGAIMANA BARAT DAN TIMUR MELIHAT SATU SAMA LAIN.


22. KETEPATAN WAKTU.


23. PERLAKUAN TERHADAP BINATANG.


24. CARA PENGOBATAN SAKIT PERUT. :-D


25. MENYAMPAIKAN PENDAPAT.

Yang Liu mengatakan dia sering ditanya tentang cara dia mengumpulkan konten tersebut dan apakah dia menggunakan wawancara, penelitian atau teori-teori. "Faktanya adalah bahwa setiap ilustrasi tunggal pengalaman yang sangat pribadi saya dalam 13-17 tahun terakhir, dan pekerjaan ini dibuat sebagai dokumentasi dari kehidupan saya sendiri," katanya.  

"Faktanya adalah bahwa setiap ilustrasi tunggal pengalaman yang sangat pribadi saya dalam 13-17 tahun terakhir, dan pekerjaan ini dibuat sebagai dokumentasi dari kehidupan saya sendiri."  
~Yang Liu


Sebagai seorang seniman yang dibesarkan di beberapa budaya, dia tidak merasa seperti dia milik salah satu dari mereka: "Saya merasa diri saya lebih dari sekedar orang biasa, saya milik semua tempat yang telah saya tinggali," kata Liu.

Mungkin, ini cukup bisa menggambarkan secara umum bagaimana kurang lebihnya antara cara  Barat dan Timur. Kedua belahan dunia saling belajar satu sama lain. Favorit saya adalah 'persepsi masing-masing'. Disini, Barat belajar untuk berpakaian, minum, dan makan dengan caraTimur, sebaliknya Timur menyukai tampilan yang modern, memakan sosis, dan minum bir.

Apa favorit Anda?

Bagaimana Anda menafsirkan grafis ini?




Tentang Liu Yang

Liu Yang lahir di Beijing, sejak tahun 1990 menetap di Jerman. Ia belajar di UWE di Bristol, Inggris, dan lulus dengan gelar Master dari University of Arts Berlin, dengan Prof Holger Matthies, dia telah bekerja dengan Derek Birdsall, Thomas Manss London dan Berlin, dengan Chermayeff & Geismar New York. Sejak tahun 2004 ia telah mendirikan Yang Liu Design Institute di Berlin. Sejak 2010 Yang Liu adalah profesor dan kepala departemen desain komunikasi di Berlin Technical Art University.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website-nya www.yangliudesign.com


by translated


Happiness is











10 Kisah Cinta Menyentuh Hati dan Melegenda dalam Sejarah

Kisah epik percintaan dan legendaris ini diceritakan berulang-ulang kembali dari satu generasi ke generasi yang lain, dipercantik dan didramatisasi oleh para pujangga, dinyanyikan dan diperingati oleh masyarakat umum begitu terus berulang dan difilmkan oleh industri perfilman dunia. Beberapa ceritanya mampu meluluhkan hati semua orang dan membuat mereka menyadari pentingnya cinta sejati dalam hidup mereka. Inilah 10 kisah cinta yang paling indah dan menyentuh hati yang pernah ada dalam sejarah:

1. Heloise & Abelard

Ini adalah sebuah kisah cinta sejati yang indah dari seorang guru dengan muridnya. Pasangan ini tinggal di Perancis pada abad ke-12. Peter Abelard, seorang profesor dan teolog, jatuh cinta dengan muridnya sendiri, seorang gadis muda bernama Heloise. Pesona dan kecerdasan mereka berdua membuat mereka pasangan serasi. Tetapi hubungan rahasia mereka mengakibatkan paman Heloise, Canon Fulbert murka. Mereka dipisahkan dan Heloise melahirkan bayi laki-laki. Keadaan memisahkan mereka. Heloise menjadi seorang biarawati dan Abelard hidup sebagai biarawan. Setelah beberapa tahun mereka mulai menulis surat cinta yang panjang dan penuh gairah satu sama lain. 

Heloise and Abelard by Robert Bateman. Foto: Christie's

Baik Peter Abelard dan Heloise terus melanjutkan hidup, untuk menulis, untuk mencintai. Mereka tidak bunuh diri, atau menikah dengan orang lain (kecuali jika itu termasuk fakta bahwa keduanya menikah di gereja). Diyakini bahwa surat cinta mereka masih ada. Mereka dikuburkan bersama di Paris. Heloise berbicara tentang kehilangan akan Abelard, surat-surat (dalam bahasa Inggris) mereka bisa dibaca disini: goo.gl/tQSzLI

2. Abigail & John Adams

Kisah cinta Abigail dan John Adams adalah cinta setengah abad ketika perang memisahkan mereka. Abigail Adams adalah istri dari John Adams, presiden kedua Amerika Serikat. Mereka berdua dikenal untuk surat cinta mereka yang panjang dan bermakna dalam, yang mereka tulis satu sama lain ketika Perang Revolusi Amerika dan beberapa peristiwa lain, sehingga memaksa Adams berada jauh dari rumah untuk jangka waktu yang lama. 

Abigail adalah seorang pasangan hidup dari John Adams dalam pengertian yang sebenarnya. Dalam salah satu surat-suratnya kepada suami tercinta, dia berkata: 
 “The great anxiety I feel for my country, for you, and for our family, renders the day tedious, and the night unpleasant.”

 John dan Abigail Adams digambarkan pada saat kepresidenannya.

Abigail kemudian meninggal pada tanggal 28 Oktober 1818 karena demam tipus. Dia dimakamkan disamping makam suaminya yang terletak di ruang bawah tanah gereja United First Parish atau Church of the Presidents di Quincy, Massachusetts. Kata terkhirnya adalah,
“Do not grieve, my friend, my dearest friend. I am ready to go. And John, it will not be long.”

3. Marie & Pierre Curie

Kepentingan bersama mereka dalam sains dan sifat pekerja keras mereka membuat mereka saling mencintai dan mitra untuk selamanya. Pada tahun 1981, Maria Sklodowska Curie, dikenal sebagai Marie pergi ke Paris untuk ke Sorbonne. Ternyata langkah yang diambilnya untuk mendapatkan pengetahuan juga membawanya ke cinta sejati dalam hidupnya. Dia pandai dan cerdas dan menghabiskan sebagian besar harinya bekerja di laboratorium. Di sinilah tempat ia pertama kali bertemu Pierre Curie, direktur salah satu laboratorium di mana Marie bekerja. Setelah beberapa kali dilamar, Marie akhirnya menikah dengan Pierre pada tahun 1895 dan mulai kemitraan mereka yang terkenal itu.

Pierre dan Marie Curie.

Pada tahun 1898 mereka menemukan polonium dan radium. Pierre dan Marie serta ilmuwan Henri Becquerel memenangkan Hadiah Nobel Fisika pada tahun 1903 untuk penemuan radioaktivitas. Pierre dan Marie menghabiskan hari dan malam di laboratorium, bekerja untuk membuat penemuan terbesar selama bertahun-tahun berikutnya. 

Ketika Curie meninggal pada 1904, Marie meneruskan pekerjaan mereka. Dia mengambil alih posisi suaminya di Sorbonne dan menjadi guru wanita pertama sekolah itu. Pada tahun 1911 ia menjadi orang pertama yang memenangkan Hadiah Nobel untuk kedua kalinya, kali ini untuk kimia. Dia terus bereksperimen dan mengajar sampai kematiannya menjemput akibat leukemia pada tahun 1934.

4. Pyramus & Thisbe

Kisah cinta yang paling terkenal dan menginspirasi dari Babylonia adalah kisah tentang Pyramus dan Thisbe. Kisah cinta mereka dimulai pada tahun 331 SM. Pyramus adalah orang yang paling tampan dan teman masa kecil Thisbe, gadis paling menarik di Babylonia. Mereka berdua tinggal bertetangga dan cinta mereka tumbuh bersama. Orangtua mereka sangat menentang mereka menikah. 

 Thisbe menemukan Pyramus sekarat dan kemudian menusuk dirinya sendiri di bawah pohon murbei; dengan Singa sebagai latar belakangnya. Foto: mindsbehindthemyths.org

Maka suatu hari mereka memutuskan untuk melarikan diri dan bertemu di ladang yang tak jauh letaknya di dekat sebuah pohon murbei. Thisbe sampai disana pertama kali dan melihat seekor singa datang menghampuri mata air disitu untuk memuaskan dahaganya. Mulut singa tersebut berlumuran darah. Thisbe takut dan melarikan diri. Dalam ketakutan dia menjatuhkan kerudungnya. Singa itu datang dan mengambil kerudung itu dengan mulut penuh darahnya. Pada saat itu, Pyramus sampai dekat pohon murbei dan melihat kerudung Thisbe di mulut singa, menyangka Thisbe sudah dimangsa. Pyramus patah hati dan sedih, kemudian menusuk dadanya dengan pedangnya sendiri dalam kesedihannya. Thisbe pun tidak bisa hidup tanpa kekasihnya dan meninggal dengan pedang yang sama. Mereka adalah mitra dalam hidup dan mitra dalam kematian.

5. Pangeran Edward & Wallis Simpson

Sebuah pengorbanan atas kekayaan dan kekuasaan dilakukan oleh Pangeran Edward demi Wallis Simpson tercinta. Pangeran Edward dari Inggris jatuh cinta dengan wanita Amerika menawan yang sudah menikah, Wallis Simpson.

 "Bagi saya, kisah percintaan Pangeran Edward VIII dan Wallis Simpson adalah yang terbaik". Foto diambil dari vintage-royalti

Wallis bercerai dari suaminya dan mereka berdua mulai hidup bersama dan asmara mereka tumbuh pesat. Wallis tidak bisa menjadi ratu Inggris karena kebangsaan Amerika-nya. Edward menjadi Raja Inggris pada tahun 1936, tapi ia segera turun tahta tahta demi untuk menikahi wanita yang dicintainya tersebut. Edward meninggal pada tanggal 28 Mei 1972. Wallis hidup selama empat belas tahun lagi, banyak yang dihabiskan di tempat tidur, terpencil dari dunia. Dia meninggal pada tanggal 24 April 1986.

6. Tristan & Isolde

Isolde adalah anak perempuan dari Raja Irlandia. Ia kemudian bertunangan dengan raja Mark dari Cornwall, namun sebenarnya ia jatuh cinta dengan Tristan yang merupakan kemenakan dari raja Mark. Perselingkuhan mereka bahkan berlanjut saat Isolde menikah dengan raja Mark. Akhirnya perselingkuhan ini diketahui oleh raja Mark, namun karena saking cintanya sang raja pada istrinya, ia memaafkan istrinya. Akan tetapi sang raja mengusir kemenakannya itu dari Cornwall.

 Isolde and Tristan the Harper by Frederick Lord Leighton. Foto: timelessmyths.com

Tristan akhirnya pergi ke Britanny dan tertarik dengan Iseult karena namanya mirip dengan Isolde. Mereka menikah, namun Tristan tidak dapat melupakan Isolde. Ini membuatnya jatuh sakit dan menulis surat pada Isolde dan berharap Isolde dapat mengobati luka hatinya ini. Apabila Isolde setuju ingin datang dan menemui Tristan, maka ia harus menaiki kapal berwarna putih. Apabila tidak, kapal harus berwarna hitam. Iseult yang tidak ingin berpisah dengan Tristan, berbohong pada Tristan dengan mengatakan bahwa ia melihat kapal hitam. Tristan akhirnya meniggal dalam kesedihan sebelum Isolde datang menemuinya. Isolde pun akhirnya meninggal karena patah hati.

7. Juan & Evita Peron

Juan dan Evita Peron merupakan pasangan Argentina di era 1940-an. Evita Peron adalah istri kedua Presiden Juan Peron (1895-1974) dan menjabat sebagai First Lady Argentina dari 1946 sampai kematiannya pada tahun 1952. Dia berasal dari pedesaan dan berprofesi sebagai seorang aktris. Juan Domingo Peron sangat terpesona oleh Evita yang muda dan rapuh dan mereka berdua saling jatuh cinta. Mereka mengubah seluruh tradisi pemerintah Argentina dan menjadi salah satu pasangan politik yang paling dicintai di era tersebut. Mereka tetap bersama sampai kematian memisahkan mereka ketika Evita secara tragis meninggal karena kanker.

 Semasa hidupnya, Evita adalah perempuan paling berkuasa di negerinya. Kebanyakan sejarahwan setuju bahwa ia tetap yang paling berpengaruh dalam sejarah bangsanya dan di seluruh Amerika Selatan. Pada saat kematiannya, ia adalah perempuan paling berpengaruh di seluruh dunia.

Mungkin kita sempat mendengar lagu yang terkenal berjudul “Dont cry for me Argentina” yang dibawakan oleh Madonna. Saat itu Madonna memerankan Evita di video klipnya.

8. Antony & Cleopatra

Ini kisah cinta antar bangsa, antara Mark Anthony yang tampan dari Romawi dan Pharaoh (Firaun) terakhir dari Mesir, yaitu Cleopatra. Kisah ini terjadi di tahun 31 SM. Dimana kemudian didramatisasi oleh William Shakespeare dan masih dipentaskan di seluruh dunia.

 Antony and Cleopatra. Artist: Lawrence Alma-Tadema (1836–1912)

Kedua orang yang berkuasa ini jatuh cinta pada pandangan pertama. Mark Antony meninggalkan istrinya, Octavia, karena terpukau pada Cleopatra dan menikahinya. Saudara Octavia, Octavian membawa tentara Roma untuk menghancurkan mereka. Pada saat dalam pertempuran melawan Roma, Antony mendapat berita palsu tentang kematian Cleopatra. Hancur hatinya, ia bunuh diri dengan pedangnya. Cleopatra ketika mengetahui tentang kematian Antony, bunuh diri dengan racun. Dua pelayannya, Iras dan Charmian, juga membunuh diri mereka sendiri. Mereka meninggal tetapi cinta mereka satu sama lain tetap abadi. Cerita ini hampir mirip dengan kisah Romeo dan Juliet dari Verona, Italy.

9. Salim & Anarkali

Salim dan Anakali.

Pangeran Salim merupakan anak dari seorang kaisar Akbar (kaisar dari The Great Mughal) dan istrinya Mariam-uz-Zamani. Pangeran Salim dikenal sangat amburadul dan tidak sopan yang jatuh cinta pada seorang pelayan istana bernama Anarkali. Mereka berdua saling jatuh cinta, namun hal tersebut tidak direstui oleh ayahnya yang menganggap Anarkali sebagai wanita penggoda. Ayahnya kemudian mencari segala jalan untuk memisahkan anaknya dari Anarkali. Sang ayah kemudian mengirim pangeran Salim untuk sebuah tugas, dan ketika itu juga Anarkali dikuburkan hidup-hidup di tembok batu. Cerita ini membuat setiap pasangan menitikkan air mata ketika mendengarkannya.

10. Annie Oakley & Frank Butler

Annie Oakley dan Frank Butler.
Apabila kalian tahu film musikal Irlandia tahun 1940-an yang berjudul “Annie Get Your Gun”, merupakan inspirasi dari kisah nyata Annie Oakley dan Frank Butler. Annie Oakley adalah seorang penembak senapan terampil. Pada tahun 1881, pertunjukan menembak Baughman and Butler yang terkenal sedang tampil di Cincinnati. Bintang pertunjukan, juara menembak Frank E. Butler, membual bahwa dia bisa mengalahkan semua penembak jitu lokal dan menantang mereka mengadu kemampuan. 

Butler menganggap remeh saat melihat Annie Oakley mengambil tantangan itu. Tapi kemudian, karena tembakan ke-25-nya luput dari sasaran, Butler kalah dalam pertandingan dan taruhan. Oakley ternyata tidak hanya memenangkan kompetisi, tetapi juga hati Butler. Butler akhirnya memacari Oakley, dan mereka menikah pada tanggal 20 Juni 1882. Butler meninggalkan karirnya sendiri untuk mengikuti Oakley. Mereka berdua bergabung dengan Bill Buffalo's Wild West Show. Annie meninggal pada tahun 1926 dan Frank yang patah hati meninggal 18 hari kemudian setelah 44 tahun bersama. (Link foto: goo.gl/iCV2lM)

goo.gl/QoOYqG


 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
23