Kekuatan Super Tersembunyi Kita


1. Kekuatan Super

Mungkin kita pernah mendengar cerita tentang Angela Cavallo yang mampu mengangkat mobil ketika melihat anaknya yang sedang memperbaiki suspensi mobil impala 1964, terjepit. Percaya atau tidak, itu bukan hanya sebuah legenda. Angela berlari keluar untuk melihat putranya yang terjepit di bawah mobil tersebut. Dia kemudian berteriak kepada tetangga untuk pergi meminta bantuan, dan ketika bantuan tidak datang cukup cepat, dengan kekuatan seorang ibu dia memutuskan untuk mengangkat mobil yang menjepit anaknya dengan tangan telanjang!

Walaupun dia tidak mengangkat mobil tersebut sampai di atas kepalanya, tetapi hanya beberapa inci yang dibutuhkan agar dapat menyeret anaknya selama beberapa menit ke tempat yang aman. Tapi itu bukan prestasi kecil mengingat bahwa kendaraan berat setidaknya 3.340 pound (1 pound = 500 gram). Pergilah ke halaman Anda dan mencobanya.

~ Springfield Union (Springfield, Massachusetts), 14 April 1982, page 25

Selanjutnya ada Sinjin Eberle yang sedang memanjat tebing di New Mexico, saat itu batu seberat 600 pound (1 pound adalah 500 gram) longsor dan menghantam tangannya, akan tetapi ketika tubuhnya dalam keadaan terdesak ia mampu mendorong batu tersebut hanya dengan satu tangannya.

Kenapa kita tidak bisa melakukannya setiap saat?

Jadi bukti menunjukkan bahwa serat-serat otot kita yang sebenarnya secara fisik memiliki kemampuan untuk memukul menembus dinding seperti Terminator jika benar-benar ingin, tapi otak kita membatasinya. Kenapa? Salah satu masalahnya adalah tendon dan jaringan lainnya yang menghambat kita, mereka tidak dibuat untuk melakukan hal tersebut. Inilah yang sama yang membuat pengguna steroid lebih rentan terhadap cedera.


Terminator

Tetapi, ketika Kita berada di saat satu pilihan "mengangkat batu atau mati", tubuh mendapat kekuatan itu dengan menghentikan fungsi tubuh lainnya seperti pencernaan dan respon kekebalan tubuh. 

Namun, kita kesal bahwa kita tidak bisa memakai kekuatan super kita sesuai kehendak. Mungkin kalo kita bisa menggunakannya, perkelahian akan menjadi lebih seru. ^^'
 


2. "Melihat" dengan Telinga (A.K.A. Echolocation)

Ini adalah kekuatan super yang dimiliki Daredevil. Dia mengatasi kebutaan dengan kemampuan seperti sonar, pendengaran yang begitu tajam untuk menggantikan kemampuan melihatnya.
Ini adalah hal yang nyata. Dalam dunia nyata kita sebut dengan echolocation, dan orang-orang seperti Daniel Kish memilikinya. Dia benar-benar buta selama seluruh hidupnya. Meskipun demikian, salah satu hiburan favoritnya adalah bersepeda gunung.

Daniel Kish 

Mungkin kita membayangkan orang ini akan menabrak melalui jendela kita sambil mencengkeram peta Braille saat bersepeda, tetapi dia sebenarnya cukup baik dalam bersepeda. Dan dia melakukan itu semua dengan menggunakan suara untuk melukiskan gambaran di otaknya mengenai dunia di sekelilingnya, dan melakukannya begitu cepat sehingga dapat menghindari pohon, batu-batu dan beruang saat melaju di sisi gunung.

Kita mungkin ingat bahwa sebelumnya tentang orang lain dengan kemampuan ini, yaitu Ben Underwood. Kish adalah orang yang dilatih Ben.

Kenapa kita tidak bisa melakukannya setiap saat?

Untuk alasan yang sama orang-orang menggunakan kalkulator untuk mengerjakan matematika. Kebanyakan orang memilih cara yang mudah, dalam hal ini bergantung pada penglihatan kita untuk memberitahu benda di sekitar kita, dan saat kehilangan kemampuan ini kita harus melakukannya dengan cara yang jauh lebih sulit.

A.K.A. Echolocation

Tetapi sebenarnya semua orang dapat mengembangkan echolocation bahkan tanpa kehilangan mata kita seperti dalam cerita superhero. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang ditutup matanya dapat belajar untuk menilai jarak ke obyek berdasarkan gema langkah kaki mereka sendiri. Segera mereka bahkan dapat menilai bentuk dan tekstur benda yang tak terlihat hanya melalui gema saja. Cobalah, tutup mata Anda dan perlahan-lahan berjalan menuju dinding sambil berbicara, mendengarkan perubahan suara kita sendiri karena gema akan kembali kepada kita.

Otak kita mengenali semua orang seluk-beluk di echo (kita telah mendengar nya dalam seluruh hidup kita) dan hal itu hanya tentang melatih diri untuk menggunakannya.



3. Daya Ingat Super (Super Memory)

Ingatkah pada suatu sore di bulan Maret saat kita berusia 8 tahun? Saat buang kotoran? atau tidak ada yang luar biasa terjadi? Kita pasti tidak ingat? Mengapa tidak? secara teknis otak kita memiliki kemampuan untuk membalikkan kejadian di masa lalu, dan untuk menyimpan setiap hal terkutuk yang pernah kita lihat, dengar atau alami. Tanyakan saja pada Jill Price..

Jill Price.. Dia memiliki suatu kondisi yang disebut hyperthymesia yang menyebabkan memori otobiografi hampir sempurna seperti yang baru saja kita bicarakan. Ajak dia jalan-jalan dan dia bisa mengingat semua yang ada di hari itu, cuaca, peristiwa yang tampaknya sepele lainnya yang tidak akan diingat orang lain sampai hal penting lainnya.
Tetapi bahkan jika kita tidak memiliki kelainan tersebut (dan hanya beberapa kasus yang telah dipelajari), ada trik untuk membuat memori kita mengingat lebih banyak di atas apa yang dapat kita lakukan sekarang. Dalam sebuah studi pada memori jangka pendek mereka menguji subyek tentang kemampuan mereka untuk menghafal urutan nomor. Dengan sedikit pelatihan salah satu subjek yang kemampuan awalnya mampu menghafal sekitar tujuh digit nomor pada suatu waktu (sekitar rata-rata) menjadi sekitar 80 digit/nomor, sesuatu yang akan tampak seperti trik sulap yang cukup keren jika kita dapat melakukannya di depan teman-teman.

Jill Price, mempunyai penyakit hyperthymesia a.k.a. HDB, Hard Drive Brain, yang memberinya kemampuan mengingat hampir sempurna hal.

Kenapa kita tidak bisa melakukannya setiap saat?

Pertama, penting untuk dicatat bahwa apa yang dimiliki Jill bukanlah "photographic memory" seperti beberapa orang mengklaim memiliki "photographic memory" (di mana mereka dapat, katakanlah, membolak-balik buku telepon dan mengingat semua nomor). Itu dianggap mitos, ilmu pengetahuan tidak pernah dapat memverifikasi siapa saja yang benar-benar dapat melakukannya di luar cerita dari orang lain. Yang perlu dicatat Jill bahkan tidak memiliki otak raksasa untuk menyimpan semua kenangan. Dia mampu menyimpan seluruh hidupnya di otak yang kira-kira ukuran & bentuknya sama seperti milik kita. Kenapa?

Mari kita lihat otak itu semisal seperti komputer. Ia memiliki prosesor sangat cepat dan ruang penyimpanan yang hampir tak terbatas. Tetapi juga memiliki sistem pengarsipan yang sangat unik dan sering merepotkan.

Otak Anda membuat kenangan dapat diakses dengan menciptakan link ke kenangan lain, dengan semua link ke setiap memori diurutkan menurut relevansi (berdasarkan kesamaan dan bagaimana emosi Anda ketika peristiwa itu terjadi).

Jadi memori hanya dapat diakses dengan membuka salah satu kenangan lain yang berkaitan dengan itu, atau dengan memasukkan informasi yang sama lagi (yaitu, seseorang mengingatkan Anda). Jika tidak, itu akan hilang selamanya. Itulah mengapa kita dapat melupakan janji, tapi ketika tiba-tiba mengingatnya menampar dahi dan berkata, "Oh, benar!" dengan semua rincian tiba-tiba tumpah kembali ke dalam pikiran kita. Janji tersebut belum dihapus di otak, tetapi link-nya saja yang rusak.

Jadi seseorang seperti Jill, dengan memori yang sempurnanya adalah hasil dari obsesi/ kompulsif dan menyegarkan tentang kenangan... dengan mengorbankan segala sesuatu yang lain. Seperti orang-orang yang dilatih untuk mengingat digit nomor, ia "melatih" dirinya untuk mengingat tahun dengan hal-hal yang tidak penting. Tapi otak kita melupakan hal-hal tidak penting untuk suatu alasan serius: sehingga dapat memprioritaskan hal-hal penting kedepan.


Jadi otak dengan hyperthymesia seperti mesin pencari rusak yang memunculkan gambar porno tidak peduli apa yang kita cari. Jadi pada dasarnya, mungkin seperti Google Image Search. Oh, adakah kita menyebutkan Jill depresi? Ya, ternyata bisa mengingat semuanya itu tidak selamanya mengagumkan, seperti mengingat ketika kita kencing di celana di depan teman-teman ketika berumur tujuh tahun. 


4.Manipulasi Waktu (Time Manipulation)

Cukup sederhana, "bullet time" adalah nyata. Berbicaralah dengan orang yang telah mengalami pertempuran, atau situasi saat dalam keadaan hidup atau mati dan mereka akan berbicara tentang waktu akan meregang seperti gula-gula.
Ada sebuah penelitian saat polisi terlibat dalam baku tembak atau saat menakjubkan lainnya . Satu orang ditanya & berkata "Selama terjadi tembak-menembak aku menoleh, seperti ditarik dari kekacauan secara tiba-tiba, dan bingung melihat semacam kaleng bir perlahan mengambang melalui udara melewati wajahku. Yang lebih membingungkan adalah ada tulisan 'Federal' dicetak pada bagian bawahnya. Kemudian ternyata berubah menjadi selongsong peluru yang dikeluarkan oleh petugas yang menembak berada di sampingku. "

Pemadam kebakaran Ryan Jordan menceritakan kisah serupa. Saat terjadi kebakaran hutan secara tiba-tiba dia harus berpacu dengan waktu untuk menemukan jalan keluar dan harus berpikir cepat untuk menghindari dari  terpanggang api, di saat-saat genting mereka merasa seperti ada seseorang yang mem-pause waktu.

Kenapa Kita tidak bisa melakukannya setiap saat?

Seberapa cepat waktu bergerak untuk kita sebenarnya tergantung dari yang ada di kepala kita. Coba bayangkan, saat kita berada di ruang tunggu dokter gigi, atau di kursi sementara anda harus menunggu. Kita kembalikan pada tentang "bullet time". Tiap detik menjadi seperti sejam.

Sesuatu yang serupa terjadi pada saat kita panik, tapi untuk alasan yang berbeda. Para ahli menjelaskan otak kita memiliki dua mode untuk menganalisa yaitu: berdasarkan rasional dan pengalaman. Yang pertama adalah apa yang kita pikirkan saat ini, tenang dan mampu memikirkan semuanya. Tetapi jika ada bom meledak di sebelah ruangan, otak kita akan secara tiba-tiba berada dalam modus pengalaman.

Otak Anda seperti masuk ke semacam penambah kecepatan, melewati berbagai macam proses berpikir analitis dan rasional dalam mengambil keputusan (yang bedanya hanya setebal rambut) antara hidup atau mati. Proses berpikir secara normal akan dihapuskan, dan tiba-tiba kita begantung pada insting (atau dalam kasus polisi atau tentara, pelatihan mereka). Dan karena kita berpikir lebih cepat, dunia tampaknya akan bergerak lebih lambat. Skarang ini menjadi masuk akal, Neo sebenarnya tidak memiliki kemampuan untuk memperlambat waktu. Dia hanya bergerak lebih cepat.

 Neo 'The Matrix'

Jadi mengapa kita tidak bisa hanya tinggal menyalakannya saja agar bisa seperti Neo? Pertanyaan yang lebih baik adalah, apakah itu yang kita inginkan? Pada suatu saat dalam hidup kita ketika harus membuat keputusan di saat panik, keputusan yang harus diambil dalam beberapa detik, seberapa baik keputusan tersebut? Kita akan menebak bahwa sebagian besar keputusan paling konyol (kecuali saat mabuk) yang pernah kita buat adalah saat kita sedang panik.

Inilah sebabnya mengapa polisi harus melalui berbagai macam pelatihan . Mereka harus mengatasi naluri alaminya untuk mulai menangis dan menembak ke segala arah. Pemikiran Experiential adalah ketika otak kita seperti menyingkirkan semua beban berat dari mobil kita untuk membuatnya lebih cepat. Ini bukan hanya menghilangkan AC, pemutar DVD, & sandaran kepala, melainkan menghilangkan rem dan setir juga.



5.Kebal terhadap Rasa Sakit

Fakta bahwa rasa sakit adalah bagian penting dari kehidupan adalah salah satu pelajaran keras bagi kita semua untuk belajar tumbuh dewasa. Tapi kemudian, suatu saat, tulang kita patah atau memiliki beberapa cedera mendadak lain dan menyadari, tunggu Ini hampir tidak menyakitkan. Dalam saat-saat shock dan trauma, otak Anda mematikan rasa sakit seperti tombol saja.

Tanyakan kepada Amy Racina..

Amy Racina pernah jatuh dari tebing, mendarat enam tingkat ke bawah, menghancurkan lututnya dan mematahkan pinggulnya. Hanya merasakan nyeri seperti sakit ringan, bahkan dengan patah tulang menonjol keluar dari kulit, dia menyeret dirinya sampai dia menemukan bantuan. Pada saat ketika dia sedang dimuat dengan aman ke sebuah helikopter rasa sakit yang sebenar-benarnya benar-benar datang saat itu juga.

Fenomena yang disebut "runner high" juga serupa. Pada suatu titik di mana seharusnya seluruh tubuh kita berteriak minta ampun, sensasi penahan sakit seperti mengguyur tubuh yang kesakitan, hampir seperti sedang dibius.

Amy Racina (duduk) author 'Angels in the Wilderness'. Foto: lyzzbiz

Kenapa kita tidak bisa melakukannya setiap saat?

Selamat datang di dunia indah endorfin. Nama zat yang sangat ajaib ini berarti "morfin yang diproduksi secara alami di dalam tubuh". Zat ini dilepaskan dari dalam tubuh selama latihan, gembira dan orgasme, dan memiliki kekuatan untuk mengurangi atau sepenuhnya menghilangkan rasa sakit dari lapisan sinapsis terakhir di otak yang seharusnya menerima sinyal rasa sakit dari seluruh tubuh kita.

Jadi mengapa tubuh Anda begitu pelit dengan endorfin? Mengapa kita tidak bisa memakainya semau kita? Coba tanyakan pada siapa saja dengan "Ketidakpekaan bawaan pada Nyeri", kelainan genetik yang membuat mereka dalam keadaan tidak pernah merasakan nyeri sepanjang waktu. Orang tua dari seorang gadis dengan kelainan ini pernah melihat anaknya pada suatu kesempatan yang tidak sengaja mengunyah bagian lidahnya sendiri, saat melamun menggigit jarinya sendiri dan meminum cairan yang mendidih.

Untuk semua orang rasa nyeri mengganggu kita, namun hal ini mungkin menyelamatkan anda ratusan kali dari menyakiti diri sendiri.
"Untuk semua orang rasa nyeri mengganggu kita, namun hal ini mungkin menyelamatkan anda ratusan kali dari menyakiti diri sendiri."

Kita mungkin tergoda untuk mengatakan, "Tapi kenapa otak saya tidak membiarkan kita sendiri yang memutuskan? Berikan kendali tombol endorphin! Saya tidak akan menggunakannya untuk mencobak memenangkan taruhan dibar dengan memakan kaca!" tapi jauh di lubuk hati kira, itulah yang akan kita lakukan.

Sekarang mari kita berpikir, itukah yang kita inginkan?  



1 komentar:

Minggu, 16 November 2014 09.00.00 WIB khabib prabowo mengatakan...

Artikel yang bagus sob :-)

ditunggu kunbalnya :-) berkas13.blogspot.com

Poskan Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
23