Asyiknya Berpetualang di Kebun Binatang Maut

'Kebun Binatang Surabaya' adalah kebun binatang dengan koleksi hewan terlengkap di Asia  Tenggara. Namun kini akibat perawatan yang buruk dan kondisi kandang  hewan yang tak layak huni, membuat banyak koleksi hewan di kebun  binatang ini menjadi banyak yang mati. Hal ini pun menjadi sorotan  Internasional .

Selamat datang di "ZOO OF DEATH", Kebun Binatang Maut...
(Klik foto untuk memperbesar ukuran)


'Kebun Binatang Surabaya' adalah kebun binatang dengan koleksi hewan terlengkap di Asia Tenggara. Namun kini akibat perawatan yang buruk dan kondisi kandang hewan yang tak layak huni, membuat banyak koleksi hewan di kebun binatang ini menjadi banyak yang mati. Hal ini pun menjadi sorotan Internasional.

Baca selengkapnya http://www.infospesial.net/13892/foto-kondisi-hewan-kebun-binatang-surabaya-memprihatinkan/ /infospesialcom @infospesial
'Kebun Binatang Surabaya' adalah kebun binatang dengan koleksi hewan terlengkap di Asia Tenggara. Namun kini akibat perawatan yang buruk dan kondisi kandang hewan yang tak layak huni, membuat banyak koleksi hewan di kebun binatang ini menjadi banyak yang mati. Hal ini pun menjadi sorotan Internasional.

Baca selengkapnya http://www.infospesial.net/13892/foto-kondisi-hewan-kebun-binatang-surabaya-memprihatinkan/ /infospesialcom @infospesial
Lanskap "ZOO OF DEATH", Kebun Binatang Maut. Sejak 1916 tidak banyak yang berubah. (Foto: michelgmmaas.com/surabaya-zoo)



Gajah-gajah muda dirantai di tiga kakinya, mereka tidak bisa bergerak ke depan dan belakang. Setiap hari, para gajah itu dirantai. Rantai baru dibuka jika kebun binatang itu ditutup. Pengelola kebun binatang hanya mementingkan uang daripada memperlakukan gajah dengan baik. (Foto: Andrew Chant/Daily Mail).


Melihat 150 burung pelikan dijejalkan dalam satu kandang dan berbagi air dalam kolam yang kecil secara berdesak-desakan. Untuk mengepakkan sayap pun, burung-burung itu tampaknya akan kesulitan. 


Pengunjung melempar makanan ke Orangutan di Kebun Binatang Surabaya, Indonesia. Tahun lalu otopsi pada jerapah mengungkapkan hewan memiliki 20 kilo plastik dalam perut itu. Kebun Binatang Surabaya dijuluki: 'Zoo of Death', karena pada tahun 2008 dan 2009 lebih dari 700 hewan mati karena kondisi buruk di kebun binatang. Gelap, lembab dan penuh sesak kandang, inbreeding, air minum yang tercemar, pola makan yang buruk menyebabkan penyakit kronis. Masih sekitar 50% dari hewan yang terkena penyakit seperti pneumonia dan hepatitis. (Foto: http://michelgmmaas.com/surabaya-zoo)


Pernah melihat orangutan makan pulpen? Ada satu ekor hewan yang sedang mengunyah pulpen berwarna kuning. Alat tulis itu dilempar oleh salah seorang pengunjung. Dengan santainya, orangutan itu mengunyah pulpen lalu menghisapnya. Bukan tidak mungkin, dia akan menelan pulpen, karena tak ada petugas yang menegur pengunjung pelempar pulpen atau berusaha mengambil pulpen itu. Bukan cerita baru kalau hewan di KBS tak diperhatikan makanannya. (Foto: Andrew Chant/Daily Mail).


Nanik Orangutan


Nanik, orangutan berusia 12 tahun dari Kebun Binatang Surabaya terlihat sesaat sebelum meninggal di karantina pada 21 September 2013. Nanik meninggal akibat tumor pada ususnya. (JG Photo/Photo courtesy of Surabaya Zoo’s Temporary Management Team). 


Melanie, Harimau Betina Sumatera




Foto: http://michelgmmaas.com/surabaya-zoo


Melanie, Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang menderita saluran pencernaan di kandang Kebun Binatang Surabaya. Tim medis Kebun Binatang Surabaya (KBS) menemukan zat formalin di dalam tubuh Melani sehingga mengakibatkan gangguan pada lambungnya, Melanie lahir 7 mei 1998 dikawin dengan harimau jantan bernama Ujang, kini kondisinya setelah di diagnosa tim medis mengalami gejala lambung dan diare berkepanjangan dan sudah dilakukan intensif kesehatan berulang-ulang namun masih saja tidak berubah, kondisi berat badannya saja kini hanya 70 kilogram menyusut 20 kilogram dari berat badan Harimau normal. (Foto: Jefri/siaga.co)


Video tentang kondisi Melanie: http://youtu.be/JyQDkHTIeNg


Melanie (15), berada di salah satu kandang khusus perawatan harimau dengan kesehatan bermasalah, di Kebun Binatang Surabaya (KBS). Melanie yang merupakan bagian dari 10 ekor Harimau Sumatera yang ada di KBS, mengalami gangguan pencernakan sudah selama empat tahun, dan pihak KBS sudah melakukan tindakan perawatan kesehatan sesuai standar yang ada. (http://berita.plasa.msn.com/wow/kisah-tragis-di-kebun-binatang-surabaya).


Seorang perawat satwa, Kamto (49), mengecek reflek seekor Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) betina, Melanie (15). (http://berita.plasa.msn.com/wow/kisah-tragis-di-kebun-binatang-surabaya).



Sebuah sakit kritis terancam punah harimau Sumatera bernama Melani disuplai dari sebuah kandang di Kebun Binatang Surabaya pada tanggal 17 April 2013. Melani, seekor harimau betina 15 tahun, telah menderita gangguan pencernaan yang serius selama lima tahun terakhir. (AFP/AFP)


.... :"(

 
Menunggu ajal... :"( (Foto: berita.plasa.msn.com)




"Kawan, bakal ada berita ttg Melanie di Trans TV nih. liat yuk beritanya, kira2 yang ditampilin Melanie apa bukan ya?" via twitter (@welfariansby 21/Jun/2013 11:20:07 AM PDT ini beritanya :) http://t.co/Yvkd9OkmYD)



Harimau Bengal Putih tanpa kuping mengalami ganguan kesehatan di dalam Kebun Binatang Surabaya, 10 Maret 2012. (http://berita.plasa.msn.com/wow/kisah-tragis-di-kebun-binatang-surabaya).


Harimau Sumatra yang tetep kelaparan dengan perut kempis. (http://t.co/TOP5uoXDzO)


Seekor harimau India tidur di 'penjara' Kebun Binatang Surabaya, Indonesia. (Foto: http://michelgmmaas.com/surabaya-zoo).


Osama, si Singa
 


Osama, singa jantan Afrika dan Kangguru yang mati diruang karantina Kebun Binatang Surabaya. Tiga bulan singa tersebut mengalami gangguan syaraf pergerakan, sehingga tidak bisa menggerakkan tubuhnya. (TEMPO/Fully Syafi/ 17/9/2010).


Beno, si Beruang Grizzly




Sehari-hari Beno hanya duduk di sudut kandangnya sambil menjilati benjolan tumor yang menyerang kulitnya. Beno berusaha mengusir lalat yang membuatnya terganggu dengan menyodorkan moncongnya ke kutil-kutil yang dihinggapi lalat. Lalat pergi sebentar tapi hinggap lagi. Semenjak terkena tumor kulit sekitar tahun 2010. (14/02/2012/Dailyten).


Si Beruang Madu



Tersingkirkan. Beruang madu ini perutnya banyak luka seperti kena penyakit kulit. Pupil matanya jg mengecil. Beruang madu dimasukan kedalam kandang karena mengalami tumor kulit di dalam Kabun Binatang Surabaya 10 Maret 2012. (http://berita.plasa.msn.com/wow/kisah-tragis-di-kebun-binatang-surabaya)


Fitri, Gajah Sumatera



Petugas pemberikan infus kepada seekor gajah Sumatera Fitri yang sakit di Kebun Binatang Surabaya, 26 Juli 2011. Fitri mempunyai masalah dengan perut dan kakinya. (http://berita.plasa.msn.com/wow/kisah-tragis-di-kebun-binatang-surabaya).


Kliwon si Jerapah




Kliwon, jerapah jantan berumur 30 tahun dirawat oleh petugas Kebun Binatang Surabaya pada 1 Maret 2012. Kliwon akhirnya mati karena di dalam perutnya terdapat botol plastik. (http://berita.plasa.msn.com/wow/kisah-tragis-di-kebun-binatang-surabaya).


Bison si Amerika



Seekor Bison Amerika berada di kandang peraga Kebun Binatang Surabaya (KBS) Surabaya, Jatim, Minggu (11/3/12). Menurut data dari KBS, selain bison Amerika yang sedang sakit; kedua matanya nyaris buta, gerakannya sangat lemah, juga ada 28 satwa lainnya yang sedang sakit dan dalam masa perawatan, diantaranya dua ekor singa, dua harimau Sumatra, seekor macan tutul, tiga ekor rusa, dua ekor beruang hitam, dan seekor beruang madu yang masuk dalam karantina tim medis KBS. (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat).


Komodo



Sejumlah petugas melakukan otopsi terhadap komodo (varanus komodoensis) betina yang mati, di ruang karantina Kebun Binatang, Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 8 November 2011. (http://berita.plasa.msn.com/wow/kisah-tragis-di-kebun-binatang-surabaya)



Babi hutan (celeng) yang nampak kurus dan di dalam kandang tidak ada stock makanan (http://t.co/TxmtgZZxRQ).


Seekor baboon yang kena tumor pada lengan kirinya,1 lg tumor di punggung (http://t.co/v80s2QFgoj)


Ular piton mati saat berganti kulit.  Phyton KBS posisi ditemukan team feeding welfarian sudah dalam keadaan busuk, sudah 2-4 hr mati. Tidak ada yg bisa dilakukan pekerja untuk mengambil bangkai ular selain nunggu pawang. (http://t.co/vT0Q77LasC)


"Help me..". Seekor monyet memegang jeruji pintu 'penjara' mereka di Kebun Binatang Surabaya, Indonesia. (Foto: http://michelgmmaas.com/surabaya-zoo).


"Lepasin aku, aku bisa mati kalau disiksa begini.." :'( (Foto: Andrew Chant/Daily Mail). 


"Daily Mail", KBS: ZOO OF DEATH


Sebuah portal berita yang berbasis di Inggris, Daily Mail, menyebut kebun binatang di Surabaya sebagai yang terkejam di dunia. Dalam berita utama di portalnya, Daily Mail membeberkan hasil penelusuran seorang pria asal Sydney, Australia, Richard Shears, ke kebun binatang tersebut.

Dalam penelusurannya, Richard mendapati gajah-gajah muda dirantai di tiga kakinya sehingga mereka tidak bisa bergerak ke depan dan belakang. Setiap hari, para gajah itu dirantai. Rantai baru dibuka jika kebun binatang itu ditutup. Pengelola kebun binatang hanya mementingkan uang daripada memperlakukan gajah dengan baik.


Kenyataan yang amat mengejutkan lagi, ungkap Shears, pengurus gajah disana mengaku hanya membebaskan si gajah satu kali sehari pada sore hari. Itu pun dilakukan hanya beberapa jam saja kemudia si gajah dipaksa untuk kembali.

Fenomena lain yang menyedihkan adalah saat dia melihat 150 burung pelikan dijejalkan dalam satu kandang dan berbagi air dalam kolam yang kecil secara berdesak-desakan. Untuk mengepakkan sayap pun, burung-burung itu tampaknya akan kesulitan.


"Sangat menyedihkan, di Australia saya melihat pelikan bebas terbang dan di kebun binatang ini, saya menyaksikan para pelikan berdesakan, berbagi kolam kecil. Ruang gerak mereka begitu sempit, sehingga mereka tidak bisa melebarkan sayap," tulis Shears.


Richard hanya bisa menggeleng-gelengkan kepala melihat kondisi itu. Menurutnya, burung pelikan tidak perlu diperlakukan seperti itu karena mereka tidak berbahaya. Saran itu, kata Richard, sempat disampaikan ke para penjaga kebun binatang. Namun, jawaban mereka hanya mengangkat bahu.


Shears juga menceritakan dia melihat seekor unta dengan kondisi yang amat memilukan. Wajah unta itu terlihat seperti memelas. Entah apa yang terjadi namun Shears mengatakan, unta itu seperti dibiarkan kurus. Tulang-tulangnya menojol hanya terbungkus kulit, seperti tak ada daging sama sekali. Dia – unta itu, terlihat seperti memelas meminta dibebaskan kepada siapapun yang datang kesana. (Foto: Andrew Chant/Daily Mail).

Dia menilai, kebun binatang di Surabaya tidak lebih sebagai penjara binatang yang sangat mengerikan. Setiap langkah membawanya ke binatang-binatang dengan kondisi mengenaskan. Primata hanya diberi makanan sayur cincang. Beberapa hewan yang besar terlihat tulang rusuknya. Bahkan, seekor unta tampak kurus kering karena kelaparan. Seekor monyet tampak seperti memelas ingin dibebaskan. Banyak lagi hewan lain yang diperlakukan secara menyedihkan.


Seekor monyet tampak seperti memelas ingin dibebaskan. Monyet berjenis capuchin coklat asal Amerika Selatan ini seperti hendak menangis, ketika Richard Shears mendekati kandangnya dan membawakan pisang untuknya di Kebun Binatang Surabaya. Setelah diberi pisang, monyet kecil ini kembali bergelantungan di kandangnya. Dari Reportase Richards ini, media di Inggris menyebut Kebun Binatang Surabaya sebagai kebun binatang paling kejam di dunia. (Foto: Andrew Chant / Daily Mail).

Salah seorang mantan pengurus kebun binatang Surabaya, Tony Sumampau, menyebutkan bahwa selama 3 bulan terakhir, sebanyak 50 hewan mati di kebun binatang ini. Para penjaga lebih mementingkan berjualan makanan dan minuman kepada pengunjung daripada merawat hewan-hewan di kebun binatang ini.


Dunia mulai menyoroti KBS ini sudah sejak 2012 lalu. Kala itu kejadian mengenaskan terjadi pada seekor jerapah yang mati dan di dalam perutnya ditemukan tak kurang dari 20 kg kantong plastik. Selain jerapah, seekor orangutang yang diberi nama Nanik juga mati disana. Nanik yang kala itu baru berusia 12 tahun meninggal akibat tumor pada ususnya. Lalu ada juga seekor harimau sumatera yang kini dikabarkan tengah menderita sakit parah akibat mengkonsumsi daging yang berpengawet. Pihak KBS melalui juru bicaranya Agus Supangkat, mengatakan sudah terdapat peningkatan di KBS, dan hewan-hewan yang mati disana memang karena faktor usia atau karena sakit. Namun menurut Shears, dilihat dari arsitektur kebun binatang itu, tidak ada perubahan berarti sejak beroperasi pada tahun 1916.

Kebun binatang Surabaya dibuka saat pemerintahan dipegang penjajah Belanda pada tahun 1916. Selanjutnya, tidak ada perbaikan berarti, dan malah memperbanyak hewan sehingga membuat kebun binatang ini sesak. (KOMPAS.com)


"Saya melihat lebih dari 3.000 satwa di Kebun Binatang Surabaya yang dibiarkan mati pelan-pelan. Tapi satu hal yang pasti, mereka tidak akan mati dalam kondisi bahagia kecuali sesuatu dilakukan untuk menolong mereka. Saya yakin, jika mereka dirawat dengan baik, kondisi mereka akan jauh lebih baik." ~Richard Shears 



 ZOO OF DEATH

Dimanakah lokasi 'ZOO'nya?



Peta di dalam 'ZOO':





Zoo of Death..





Kebun binatang, penjara, atau neraka..?? :'(

1 komentar:

Senin, 03 Februari 2014 08.04.00 WIB Candela mengatakan...

Ya ampun... Terima kasih ya buat kompilasinya. Aku sering denger tentang kekejaman KBS ini lewat path temen-temen (aku ga tinggal di Indonesia & jarang banget baca berita tentang Indonesia), tapi baru sekali ini aku baca lengkap. Sedih banget... I hope Melanie is still alive now.

Poskan Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
23