5 Perempuan Teladan Raih Anugerah Sekar Bangsa 2013

Lima perempuan meraih Anugerah Sekar Bangsa 2013 dari Yayasan Puteri Indonesia dan PT Mustika Ratu Tbk. Mereka memiliki integritas, kontribusi, karya, dan peran dalam bidangnya. Anugerah diberikan pada Malam Bakat Pemilihan Puteri Indonesia 2013, di Puri Agung Grand Sahid Jaya, 29 Januari 2013.

Kelima wanita tersebut adalah Ainy Fauziah (44) dari kategori pendidikan dan pemberdayaan perempuan, Alia Sidik (36) dari kategori kewirausahaan, ekonomi dan bisnis, Teti Suryati (52) dari kategori pariwisata, budaya dan lingkungan hidup, Herawati Sudoyo (62) dari kategori sains dan teknologi, dan Nenden Suryani (31) dari kategori sosial politik.

1. Kategori Sosial dan politik: Nenden Suryani, 31 tahun, Sumedang.
Seorang Sarjana ekonomi dan sarjana pendidikan luar biasa. Di usianya yang masih muda, Nenden telah membangun Al-FAza, sebuah sekolah luar biasa. Nenden dan beberapa pengajar mengelola dan mengajar sekolah ini gratis. Para murid tidak dipungut biaya, para pengajar pun mengajar dengan sukarela.

2. Katagori Sains Teknologi: Herawati Sudoyo, 62 taun, Pare.
Medical Doctor, Master of Science, dan Ph. D. ini telah membuat penemuan berharga dalam genetika populasi. Pengetahuan tentang genetika ini telah membantu pihak kepolisian tanah air dalam mengungkap DNA seseorang. Herawati berhasil mengumpulkan sampel DNA pelaku bom bunuh diri dan mencocokkannya dengan DNA keluarga tersangka dalam waktu kurang dari 2 minggu. Fakta menarik bahwa bahwa perempuan Indonesia ternyata adalah penghuni pertama koloni di Madagaskar sekitar 1200 tahun lalu. Diperkirakan 30 perempuan Indonesia adalah nenek moyang penduduk madagaskan saat ini.

3. Kategori Pariwisata Budaya dan Lingkungan Hidup: Tety Suryati, 52 tahun, Garut.
Sarjana pendidikan biologi dan magister pendidikan ini berkontribusi menjaga lingkungan bersih dan sehat dengan slogannya “bijak dan cerdas mengolah sampah”. Secara berkesinambungan Tety Suryani mengembangkan sistem pengolahan sampah melalui 3R (reduce, reuse, dan recycle), Ia memberikan mata pelajaran khusus bagi para muridnya mengenai pembuatan kopmpos. Menjadikannya muatan lokal lingkungan hidup. Membentuk bank sampah di lingkungan sekitar tempat tinggal warga. Pembicara dan penyuluh soal lingkungan serta serta pengolahan sampah skala rumah tangga dan metode pengolahan sampah sekolah.

4. Kategori Kewirausahaan Ekonomi dan Budaya: Alia Sidik, 36 tahun, Gorontalo.
Sarjana bahasa dan sastra Indonesia ini merupakan aktivis perempuan yang secara konsisten mendorong kaum wanita untuk berkembang dan berprestasi. Alia Sidik sejak lama telah berkecimpung dalam berbagai organisasi dan lembaga pemberdayaan perempuan dengan menggandeng UKM. Dosen luar biasa di STIA Bina Taruna Kota Gorontalo ini menyatukan elemen organisasi perempuan dalam satu kolaisi perempuan dan kemiskinan provinsi tanah kelahirannya, Gorontalo.

Ainy Fauziah
5. Kategori Pendidikan dan Pemberdayaan Perempuan: Aini Fauziyah, 44 tahun, Bangil.
Sarjana teknik sipil dan master of urban management ini terlibat dalam proses rekonstruksi dan rehabilitasi di Aceh pasaca tsunami saat bekerja di sebuah organisasi non profit yang bergerak di bidang kemanusiaan. Diantaranya adalah dengan memberdayakan 500 tukang cat wanita bersertifikasi. Aini Fauziyah juga telah menyumbangkan 100% penjualan bukunya, “Dahsyatnya Kemauan” bagi anak yatim dhuafa.

"Penghargaan ini berkolerasi dengan pemilihan Puteri Indonesia tahun 2013, yakni mencari perempuan-perempuan yang layak menjadi role model atau panutan bagi masyarakat Indonesia," ujar Kusuma Dewi, ketua dewan juri Anugerah Sekar Bangsa, dalam kata sambutannya.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada perempuan Indonesia yang berjasa dan berkontribusi kepada bangsa tanpa pamrih.

Kriteria calon nomine Sekar Bangsa antara lain perempuan yang berperan aktif di bidang yang digeluti tanpa pamrih selama minimal 5 tahun yang dijalankan secara konsisten. Di samping itu, diusulkan minimal oleh 100 orang atau minimal satu lembaga.
"Saya adalah motivator perempuan, dan saya senang bekerja dengan perempuan. Namun yang terpenting, saya senang bisa berbagi dengan banyak orang."  ~Aini Fauziyah
*http://bit.ly/XQqG1r



0 komentar:

Poskan Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
23