Psikologi dan Arti dari Warna-Warna

Ahli fisiologi dan psikologi menjelaskan ada empat warna primer: merah, hijau, kuning dan biru. Walaupun tidak diketahui secara pasti mengapa orang-orang menyukai warna dan kombinasi warna tertentu. Tetapi yang jelas, setiap warna mempunyai karakter atau sifat yang berbeda-beda. Bahkan sejak dahulu warna diketahui mempunyai pengaruh terhadap manusia, namun baru belakangan ini penggunaannya telah dimanfaatkan secara meluas dalam dunia otomotif, busana, permainan dan sebagainya.

MERAH

Warna ini melambangkan keadaan psikologi yang mengurangkan tenaga, mendorong makin cepatnya denyut nadi, menaikkan tekanan darah dan mempercepat pernafasan. Warna ini mempunyai pengaruh produktifitas, perjuangan, persaingan dan keberanian.

1.Merah Terang:
Warna ini melambangkan kekuatan kemauan atau cita-cita. Sifatnya: agresif, aktif, eksentrik. Pengaruhnya: berkemauan keras, penuh gairah, dominasi, jantan.

2.Merah Jambu:
Warna ini melambangkan romantisme, feminim. Warna ini mempunyai sifat menuntut dalam kepasrahan, menggemaskan dan jenaka.

Catatan: Warna Merah kadang berubah arti jika dikombinasikan dengan warna lain. Merah dikombinasikan dengan Hijau, maka akan menjadi simbol Natal. Merah jika dikombinasikan dengan Putih, akan mempunyai arti ‘bahagia’ di budaya Oriental

BIRU

Warna ini melambangkan ketenangan yang sempurna. Mempunyai kesan menenangkan pada tekanan darah, denyut nadi, dan tarikan nafas. Sementara semua menurun, mekanisme pertahanan tubuh membangun organisme.

1.Biru Tua:
Warna ini melambangkan perasaan yang mendalam. Sifatnya: konsentrasi, kooperatif, cerdas, perasa, integratif. Pengaruhnya: tenang, bijaksana, tidak mudah tersinggung, banyak teman.

2.Biru Muda:
Warna ini melambangkan kegigihan dari cita-cita. Sifatnya: bertahan, protektif, tidak berubah pikiran. Pengaruhnya: keras kepala, teguh, sering berbangga diri, berpendirian tetap.

Respon Psikologi: kepercayaan, konservatif, keamanan, teknologi, kebersihan, keteraturan.
Catatan: Banyak digunakan sebagai warna pada logo Bank di Amerika Serikat untuk memberikan kesan ‘kepercayaan.’

KUNING

Warna ini melambangkan kegembiraan. Warna ini mempunyai sifat: Leluasa dan santai, senang menunda-nunda masalah. Berubah-ubah tapi penuh harapan, mempunyai cita-cita setinggi langit dan semangatnya juga tinggi.

Kuning Terang:
Warna ini melambangkan sifat spontan yang eksentrik. Sifatnya: toleran, investigatif, menonjol. Pengaruhnya: berubah-ubah sikap, berpengharapan, dermawan, tidak mudah percaya.

Respon Psikologi: optimis, harapan, filosofis, ketidakjujuran, pengecut (untuk Budaya Barat), pengkhianatan.
Catatan: Kuning adalah warna keramat dalam agama Hindu

HIJAU

Warna ini melambangkan adanya suatu keinginan, ketabahan dan kekerasan hati. Mempunyai kepribadian yang keras dan berkuasa. Warna ini mempunyai sifat: meningkatkan rasa bangga, perasaan lebih superior dari yang lain. Orang yang menyukai warna ini umumnya senang dipuji, senang menasihati orang lain.

Respon Psikologi: alami, sehat, keberuntungan, pembaharuan.
Catatan: Warna Hijau tidak terlalu ’sukses’ untuk ukuran Global. Di Cina dan Perancis, kemasan dengan warna Hijau tidak begitu mendapat sambutan. Tetapi di Timur Tengah, warna Hijau sangat disukai.

ABU-ABU & HITAM


1. ABU-ABU:
Warna ini tidak menunjukkan arti yang jelas. Tidak terang dan sama sekali bebas dari kecenderungan psikologi. Warna ini cenderung netral.

Respon Psikologi: intelek, masa depan (seperti warna Milenium), kesederhanaan, kesedihan.
Catatan: Warna Abu-abu adalah warna yang paling gampang/mudah dilihat oleh mata.

2. HITAM:
Warna ini melambangkan kehidupan yang terhenti dan karenanya memberi kesan kehampaan, kematian, kegelapan, kebinasaan, kerusakan dan kepunahan.

COKLAT & UNGU

1. COKLAT:
Warna ini seringkali menunjukan ciri-ciri: suka merebut, tidak suka memberi hati, kurang toleran, pesimis terhadap kesejahteraan dan kebahagian masa depan.

Respon Psikologi: tanah/bumi, reliability, comfort, daya tahan.
Catatan: Kemasan makanan di Amerika sering memakai warna Coklat dan sangat sukses, tetapi di Kolumbia, warna Coklat untuk kemasan kurang begitu membawa hasil.

2. UNGU:
Warna ini adalah campuran warna merah dan biru yang melambangkan sifat Gempuran Keras yang dilambangkan oleh warna biru. Perpaduan antara keintiman dan erotis atau menjurus pengertian yang mendalam dan peka. Sifatnya sedikit kurang teliti tetapi selalu penuh harapan.

Respon Psikologi: spiritual, misteri, kebangsawanan, transformasi, kekasaran, keangkuhan.
Catatan: Warna Ungu sangat jarang ditemui di alam.




2 komentar:

Rabu, 05 Juni 2013 12.51.00 WIB Anonim mengatakan...

Pilihannya untuk warna2 primer saja, mungkin putih tidak termasuk didalamnya. :)

Poskan Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
23