Kebaikan Hati Adalah Kebajikan Terbesar

Menurut Victor Hugo, di dunia ini tidak ada yang lebih berharga dari perbuatan baik. Perbuatan baik banyak ditekankan di dalam kebudayaan Tiongkok. Dikatakan bahwa hukum adalah satu-satunya kekuatan massa dan perbuatan baik adalah satu-satunya kekuatan individual.

Victor Hugo
Suatu ketika saya membaca dua cerita pendek yang sangat mempengaruhi pikiran saya. Satu kisah tentang jutaan ikan yang terdampar di pantai setelah terjadinya badai.

Seorang bocah laki-laki tanpa berpikir panjang segera memunguti ikan-ikan tersebut dan mengembalikannya ke laut satu persatu.

Seorang lelaki tua yang kebetulan lewat berkata padanya, ”Hentikanlah Nak! Engkau tidak akan pernah dapat menyelamatkan semua ikan-ikan itu.”

Sambil terus memunguti ikan, anak itu menjawab, ”Paling tidak dari yang dapat saya ambil itu telah terselamatkan.” Orang tua itu tak dapat berkata apapun.

Ada cerita lain yang terjadi di Brasil.

Seekor macan tutul yang tertembak oleh seorang pemburu. Macan itu berjuang setengah jam untuk mencapai tempat kedua anaknya berada, untuk memberi makan sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.

Di saat melihat kejadian itu, pemburu itu meneteskan air mata di pipinya dan merusak senjatanya sendiri.

Jika perasaan kasihan bocah laki-laki dalam cerita pertama adalah suci dan murni, kemudian rasa penyesalan dalam cerita kedua juga patut untuk mendapat pujian.

Mark Twain, seorang penulis ternama Amerika, mengatakan bahwa perbuatan baik adalah sebuah bahasa bersama di seluruh dunia. Ini memungkinkan seorang tuna netra untuk ‘melihat’, dan seorang tuna rungu untuk ’mendengar’.

Orang baik membuat teman yang baik. Mereka membuka pikiran dan hati Anda, dan membersihkan jiwa Anda. Dan mereka mengusir perasaan yang dingin dan kemuraman dengan kehangatan hatinya.

Yang terpenting, Anda jangan menjauh dari orang-orang yang berhati baik itu. 

*Xixi/The Epoch Times/bdn

f⊕☻L∮ ♠ g∀ΓdΞη

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
23