Mengintip Karakter Orang lewat Kokology

KOKOLOGY, berasal dari kata kokoro (bahasa Jepang), yang artinya pikiran, semangat, perasaan dan logia/logos (bahasa Yunani), yang artinya ilmu. Kokology adalah ilmu yang mendalami pikiran dan perasaan seseorang. Kokology tersebut diciptakan oleh Isamu Saito, seorang Profesor di Universitas Rissho, Jepang dan dikembangkan oleh Tadahiko Nagao. Kokology berisi tentang kuis atau permainan yang didasarkan atas prinsip-prinsip psikologi, tapi dengan pendekatan yang menyenangkan dan mudah sehingga memungkinkan semua orang mengalami dan menikmati dunia pikiran. Kuis atau permainan ini ditujukan untuk menunjukkan sikap seseorang terhadap sejumlah hal dalam kehidupannya, seperti cinta, prioritas dan pekerjaan. Bisa juga untuk mengetahui sifat, karakter, emosi dan tingkah laku seseorang.

Dalam bukunya, Kokology, Saito mengungkapkan bahwa kuis ini membuat orang mengimajinasikan diri ke dalam sebuah keadaan dan memutuskan apa yang akan dilakukannya saat itu. Ada beberapa tip yang perlu diperhatikan dalam memainkan kokology, antara lain : katakan hal pertama yang muncul di pikiran kita, jangan berusaha mengira-ngira jawaban, jujur pada diri sendiri dan tetap berpikiran terbuka.

Selain digunakan sebagai alat refleksi dan evaluasi diri, kokology juga dapat menjadi cara asyik untuk lebih mengenal karakter teman-teman kita. Ingat tip-tip di atas tadi untuk memainkan kokology ini. Jangan langsung melihat ke bawah untuk membaca jawabannya yaaa....

PERTAMA
Bayangkan langit biru yang cerah tanpa awan. Hanya memikirkannya saja akan memberikan sedikit semangat. Sekarang alihkan mata pikiran kamu untuk melihat pemandangan.
Yang mana dari pemandangan di bawah ini yang paling menenangkan dan membuat kamu santai?
  1. Dataran penuh salju putih
  2. Lautan biru
  3. Gunung yang hijau
  4. Padang yang penuh dengan bunga berwarna kuning

KEDUA
Bayangkan kamu sedang berada di luar rumah saat musim panas di masa kecil, meniup gelembung di tengah padang.
Adegan mana di bawah ini yang terbaik dari yang kamu bayangkan?
  1. Gelembung yang kamu tiup melayang ke angkasa
  2. Kamu meniup ratusan gelembung kecil dengan alat peniup plastik
  3. Kamu sedang berkonsentrasi meniup satu gelembung besar
  4. Gelembung yang kamu buat tertiup angin sepoi-sepoi

KETIGA
Kamu berdiri di depan sebuah lukisan dalam museum seni, dengan tangan terkepal di belakang sementara kamu berusaha untuk menikmatinya, ketika seorang asing mendekati dan mengatakan sesuatu kepada kamu.
Kalimat mana yang diucapkan oleh orang tersebut?
  1. “Bukankah itu lukisan yang indah?”
  2. “Apa pendapatmu mengenai lukisan ini?”
  3. “Maaf, apa Anda punya waktu?”
  4. "Tahukah Anda, saya juga seorang pelukis?”

JAWABAN PERTAMA
Pemandangan yang kamu bayangkan berlawanan dengan langit biru yang cerah menunjukkan sebuah bakat tersembunyi berada di kedalaman pikiranmu yang tidak terganggu.

1. Dataran penuh salju putih
  • Kamu diberkati dengan sensivitas khusus yang membuat kamu mengerti situasi dengan pandangan sekilas dan menguraikan masalah rumit tanpa membutuhkan bukti dan penjelasan. Kamu memiliki kemampuan untuk menjadi pembuat keputusan dan bahkan menjadi seorang visioner. Percayailah selalu intuisimu yang pertama, mereka akan menuntunmu dengan baik
2. Lautan biru
  • Kamu memiliki bakat alami untuk hubungan antar pribadi. Orang-orang menghormati kemampuanmu berkomunikasi dengan orang lan dan cara kamu membantu bermacam-macam kelompok bersama-sama. Hanya dengan berada di sana, kamu membantu orang lain bekerja dengan lebih lancar dan efisien, membuat kamu menjadi seorang anggota yang sangat berharga dalam tiap proyek atau tim. Ketika kamu berkata, “Bagus. Teruskan kerja Anda yang baik,” orang-orang tahu kamu mengatakan yang sebenarnya. Jadi kata-kata itu sangat berarti bagi mereka yang mendengarkannya.
3. Gunung yang hijau
  • Bakat kamu adalah berkomunikasi yang ekspresif. Kamu selalu dapat menemukan kata-kata untuk mengekspresikan apa yang dirasakan. Orang-orang segera menyadari itu juga sama persis dengan yang mereka rasakan. Mereka berkata bahwa berbagi kebahagiaan semakin menjadi berlipat ganda, sementara berbagi duka membuat kita semakin terpisah. Kamu nampak selalu dapat menolong orang lain menemukan sisi yang benar dari komunikasi.
4. Padang yang penuh dengan bunga berwarna kuning
  • Kamu adalah sumber pengetahuan dan kreativitas, penuh dengan gagasan dan potensi yang hampir tidak terbatas. Tetaplah menyesuaikan diri terhadap perasaan orang lain dan jangan pernah berhenti membangun mimpi. Tidak ada apapun yang tidak dapat kamu capai.

JAWABAN KEDUA
Kilauan gelembung yang kamu tiup dalam imajinasi adalah lambang harapan dan impian. Pemandangan yang digambarkan menyikapi bagaimana kamu berpikir tentang impian yang diharapkan akan menjadi kenyataan.

1. Gelembung yang kamu tiup melayang ke angkasa
  • Kamu melihat impian sebagai hal yang sukar dipahami dan tidak dapat dicapai, terbang menjauh seperti gelembung sabun ditiup angin. Mungkin kamu berharap terlalu banyak, terlalu cepat atau terperangkap dalam impian yang mustahil. Apapun masalahnya, jurang pemisah antar impian dan kenyataan sangat besar. Meskipun sangat ingin memberitahu orang lain tentang rencana besar dan rencana masa depan, jauh di lubuk hatimu ada suara yang mengatakan betapa rapuhnya rencana tersebut
2. Kamu meniup ratusan gelembung kecil dengan alat peniup plastik
  • Kamu telah menetapkan pandangan kamu ke hal-hal yang dengan cepat dapat dicapai – baju baru, mobil atau pacar. Impian kamu bijaksana dan selalu berada dalam jangkauan. Putuskan apa yang paling diinginkan di dunia ini dan berusahalah mengejarnya. Jika kamu mengejar semuanya sekaligus, kemungkinan besar kamu akan berakhir dengan tangan kosong.
3. Kamu sedang berkonsentrasi meniup satu gelembung besar
  • Kamu memiliki satu impian atau ambisi yang menguasai seluruh hidup. Peganglah keinginan itu dan teruslah berjuang ke arah sasaranmu. Sejalan dengan waktu, kamu akan melihat bahwa itu tidak terlalu jauh dari genggamanmu.
4. Gelembung yang kamu buat tertiup angin sepoi-sepoi
  • Pengalaman kecewa dengan harapan dan impian yang tidak tercapai di masa lalu membentuk cara berpikirmu sekarang ini. Tapi pengalaman mengejar dan kehilangan beberapa impian di tengah jalan adalah hanya latihan sambil membuat sasaran baru untuk masa depan. Jangan takut untuk tetap bermimpi, satu-satunya orang yang belum pernah mengalami gagal adalah mereka yang tidak pernah mencoba.

JAWABAN KETIGA
Ketika seorang asing tiba-tiba berbicara kepada kamu, selalu ada campuran keprihatinan dan pengharapan. Dalam skenario khayalan ini, perkataan orang itu sebenarnya menggambarkan bagaimana kamu bereaksi dalam kesempatan pertemuan dan ketika bertemu seseorang. Jawaban menyatakan kesan macam apa yang kamu buat ketika bertemu seseorang untuk pertama kalinya.

1. “Bukankah itu lukisan yang indah?”
  • Sikap alamiah yang bersahabat menciptakan kesan pertama yang baik dalam hampir semua orang yang kamu temui. Satu-satunya kekuatiran hanyalah apabila orang tidak menanggapi kamu dengan serius pada awalnya.
2. “Apa pendapatmu mengenai lukisan ini?”
  • Kamu adalah tipe orang yang suka mengira-ngira temperamen orang lain sebelum melakukan sesuatu. Orang dapat merasakan keragu-raguan itu. Mungkin akan mewarnai reaksi mereka kepada kamu. Kamu tidak akan menyinggung orang lain dengan pendekatan yang hati-hati. Tapi kamu mungkin akhirnya akan hidup dengan kondisi-kondisi yang ditentukan oleh orang lain.
3. “Maaf, apa Anda punya waktu?”
  • Setengah duniamu nampaknya seperti orang normal. Tapi setengahnya lagi nampak sedikit aneh. Kamu menciptakan kesan pertama bahwa kamu hidup dalam langkah diri sendiri dan mempertahankan individualisme yang dianggap sebagian orang sebut sebagai eksentrik (aneh). Kamu tidak begitu memperhatikan apa yang mungkin orang lain pikirkan atau rasakan. Suka atau tidak, disanalah terlihat rahasia bagimu.
4. “Tahukah Anda, saya juga seorang pelukis?”
  • Pada awal pertemuan dengan seseorang, kamu agak sedikit gugup dan terlalu tidak sabar. Mungkin kamu hanya berusaha terlalu keras untuk disukai, tapi semakin kuat mencobanya, semakin buruk kesan yang kamu buat. Jangan terlalu banyak kuatir untuk membuat orang-orang berpikir kamu hebat, mereka akan lebih menyukai jika kamu tidak tegang dan santai.
.


0 komentar:

Poskan Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
23