SIX SECOND PAUSE (Cara Ilmiah Meredam Emosi)

Ada yang gampang emosi atau marah

Ada sebuah penelitian menarik tentang hal ini..

Setiap orang memiliki respons terhadap amarah yang berbeda-beda, ada yang meluap-luap tapi ada pula yang biasa saja.

Waktu kita dalam keadaan yang membuat kita marah atau terjepit ternyata yang terjadi adalah apa yang disebut sebagai emotion hijacking...

Waktu keadaan kita terjepit, amygdala atau yang disebut sebagai otak emosi (bagian otak yang mempengaruhi emosi dan perasaan) bekerja 80.000 kali lebih cepat dibandingkan otak besar...

Di bawah ini adalah gambar amygdala, berikut letaknya.

Karena amygdala bekerja lebih cepat, logika kita jadi dikalahkan oleh emosi, saat itulah kita menjadi gampang emosi. Keadaan seperti ini disebut sebagai emotion hijacking atau amygdala hijacking, karena otak (akal logika) kita ibaratnya sedang dibajak atau diambil alih oleh emosi kita tadi.

Setelah kita mengetahuinya, selanjutnya bagaimana kita untuk mengatasinya?

Ternyata gampang saja...

Untuk mencapai kecepatan yang sama dengan amygdala, otak besar hanya butuh waktu 6 detik aja. Berarti cara ngatasinnya lewat berhenti dari kegiatan kita selama 6 detik aja, dengan cara membayangkan 6 hal yang bisa menyenangkan diri kita atau 6 hal lain apa saja terserah kita, misalnya dengan menyebutkan 6 nama binatang, 6 nama buah-buahan, dan lain sebagainya.

Itulah yang dalam dunia psikologi disebut sebagai SIX SECOND PAUSE...

Didalam dunia tumbuh kembang seorang anak, hal ini sangat dianjurkan untuk kita mengajarkannya kepada anak-anak kita. Ketika dia dalam keadaan yang bisa menimbulkan emosi (misalnya saat berebut mainan dengan teman-temannya, saat bercanda saling menjambak dan memukul dengan saudaranya) kita bisa menganjurkan padanya untuk menyebutkan 6 hal itu tadi, semisal nama buah atau nama binatang..

Semoga bermanfaat..  ^^
.
.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
23