8 Hal Sehari-hari yang Bisa Membunuh Anda

Duduk Terlalu Lama. Ini sebuah peringatan dari para ahli kesehatan: Duduk itu mematikan!

Para ilmuwan mempertegas bahwa duduk dalam periode lama bisa berakibat buruk pada kesehatan anda semua, sekalipun anda secara reguler berolahraga. Tidak masalah di mana duduknya, di kantor, sekolah, mobil atau bahkan di depan komputer dan televisi. Hal buruk bisa terjadi jika terlalu lama duduk.

Makanan Sampah. Seringkah anda menyadari bahwa dalam makanan yang anda konsumsi sehari-hari ternyata mengandung zat-zat kimia yang bersifat racun, baik itu sebagai pewarna, penyedap rasa dan bahan campuran lainnya. Zat-zat kimia ini berpengaruh terhadap tubuh anda dalam level sel, sehingga kebanyakan anda akan mengetahui dampaknya dalam waktu yang lama.

Dampak negatif yang bisa terjadi adalah dapat memicu kanker, kelainan genetik, cacat bawaan ketika lahir, dan lain-lain.

Tidak ada cara untuk menghindar 100% dari bahan-bahan kimia itu dalam kehidupan anda sehari-hari, yang perlu anda lakukan adalah meminimalkan penggunaannya sehingga tidak melewati ambang batas yang disarankan.

Minum Minuman Keras. Dari kandungan minuman yang tidak baik, anda pasti sudah bisa mengira-ngira kerugian apa saja yang akan timbul apabila mengkonsumsinya. Efek paling berbahaya ditujukan pada kesehatan tubuh anda.
  • Kerusakan saraf
  • Gangguan jantung
  • Mengganggu metabolisme tubuh
  • Menyebabkan gangguan pada ibu hamil
  • Mengganggu fungsi reproduksi (seksual)
  • Kemiskinan
  • Gangguan jiwa
Mengemudi Kendaraan. "Kematian yang disebabkan kecelakaan di jalan meningkat dari 10,9 persen menjadi 15,8 persen pada 1999-2008, dan sebagian besar peningkatan terjadi setelah tahun 2005," tulis mereka dikutip Reuters. "Pada 2008, sekitar 1 dari 6 tabrakan kendaraan yang fatal akibat pengemudi terganggu saat mengemudi," kata laporan itu. Ditemukan 5.870 orang meninggal dalam kecelakaan yang disebabkan gangguan dalam mengemudi kendaraan.

Merokok. Merokok memiliki dampak yang sangat buruk, karena rokok dapat merusak hampir seluruh organ tubuh manusia, oleh karena itu merokok dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang sangat banyak, sedikitnya ada 24 penyakit yang fatal, misalnya kanker dan penyakit jantung. Dampak buruk merokok bagi kesehatan ini biasanya akan muncul dalam jangka waktu yang lama, diatas 5 tahun.

Fakta tentang rokok:
  • Ada ribuan bahan kimia dalam setiap asapnya
  • Sebagian besar perokok adalah orang-orang miskin
  • 20% bahan dari setiap rokok adalah gula
  • Rokok telah membunuh 100juta orang dalam abad terakhir ini
Teknik/Cara Penyamakan Kulit. Didalam Industri Penyamakan Kulit menggunakan bahan-bahan pembantu yang tersusun dari senyawa-senyawa kimia. Ada yang berwujud bubuk, kristal, maupun cair, semi liquid yang berbahaya terhadap kesehatan manusia. Bahan-bahan kimia tersebut akan kontak dengan pekerja Industri Penyamakan Kulit dengan berbagai macam cara, yaitu melalui kontak dengan kulit atau dengan cara penghirupan dalam bentuk gas atau uap.

Dibawah ini akan dijelaskan akibat yang ditimbulkan apabila kontak dengan bahan-bahan yang bersifat korosif/beracun :
  • Menyebabkan bronkitis
  • Kulit menyebabkan terbakar
  • Merusak buah ginjal juga otot-otot hati
  • Menyebabkan iritasi pada kulit, mata, membran mukosa
  • Menyebabkan mual, muntah-muntah dan pada akhirnya diikuti dengan kerusakan hati
  • Menyebabkan muntah, diare, kolaps
  • Menyebabkan mual, muntah, diare, bahkan anemia. Naftol dapat diserap oleh kulit.
Perokok Pasif. Merokok tidak hanya merusak diri sendiri, tetapi juga merusak orang lain. Terutama orang dekat anda. Mereka, yang bisa jadi putra/putri anda atau istri anda, yang menghirup asap rokok andapun terkena dampak buruk yang lebih berbahaya.
Anda boleh saja melarang putra/putri anda merokok, tetapi kalau anda sendiri merokok dilingkungannya, sama saja anda bersama mereka “merokok”. Mereka juga mengisap asap rokok dan menerima dampak buruk yang dihasilkan akibat merokok. Mereka adalah perokok pasif. Tidak merokok tapi anda paksa menghirup asap rokok.

Ini menyebabkan putra/putri/orang terdekat anda, mempunyai risiko lebih tinggi untuk menderita kanker paru-paru, penyakit jantung koroner, dan gangguan pernafasan. Sedangkan pada janin, bayi dan anak-anak, paparan asap rokok juga dapat menyebabkan berat badan lahir rendah, bronchitis dan pneumonia, infeksi rongga telinga dan asthma. Bahkan, risiko kematian mendadak akibat asap rokok, juga ditemukan pada anak-anak di bawah umur.

Membuat Marah Pengguna Senapan. Bukan senjata yang membunuh manusia, tetapi manusialah yang membunuh manusia lainnya. Sudang barang tentu. hanya saja keberadaan senjata membuatnya jauh lebih mudah. Pada tahun 2007 terdapat hampir 17.000 pembunuhan, tetapi lebih dari 12.000 dari mereka melakukannya dengan perantara senjata api. Memang benar adanya mereka dibunuh oleh senjata. Tetapi 12.000 korban itu bisa saja dilakukan oleh bentuk lainnya (baca: rokok), jika senjata mereka tidak digunakan. Tetapi kenyataannya adalah bahwa senjata memang memiliki tingkat yang mematikan lebih tinggi daripada senjata lainnya. Kenapa pemilik dan pembawa senjata api semisal pistol kebanyakan adalah anggota polisi dan militer? Karena mereka sangat efektif dalam membunuh, itulah sebabnya. Dan perkiraan terbaik adalah bahwa ada lebih dari 350 juta senjata di AS, jadi bagus. Anda tidak pernah tahu siapa yang mengemasnya. 

*acidcow.com
.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
23