Dia Telah Berubah!

Memberikan seluruh cintamu tidak menjamin orang itu akan membalas sebesar yang engkau berikan. Justru harus berhati-hati dimasa belum ada komitmen dan ikatan pernikahan, memberi seluruh cintamu akan membuatmu terluka parah, sebab harapanmu sudah terlalu besar, sedangkan kenyataan jauh dari harapan.

Bisa saja setiap malam engkau berdoa dan menceritakan kepada Tuhan siapa yang engkau suka dan apa harapanmu terhadapnya, tetapi kadang engkau tidak punya kekuatan untuk menariknya yang telah jalan menjauh darimu. Melihat dari kejauhan punggung seseorang yang sedang menjauh, membuatmu sadar bahwa ia telah membuat keputusan yang sulit dalam hidupnya dan telah merasakan bahwa sudah tidak ada jalan keluar untuk masalahnya.

Sebesar apa masalah yang sedang dihadapi oleh sepasang pasangan tidaklah sulit jika ada yang bersikap lebih dewasa dan mengalah terhadap sifat kekanak-kanakan yang kadang muncul didalam diri seseorang. Sifat itu yang membuat seseorang berubah menjadi pribadi yang egois yang membuatnya tidak peduli akan apa yang sedang terjadi, meski harus mengorbankan hubungan mereka.

Sometimes when I say “I’m okay”, I want someone to look me in the eyes, hug me tight, and say “I know you’re not”.
Disaat seorang wanita dengan tegarnya mengatakan, saya tidak apa-apa, artinya justru sebaliknya. Dan kadang ia berkata, pergilah ... tetapi dalam hatinya mengatakan, "Maukah engkau mencobanya sekali lagi denganku???", tetapi kata itu tidak pernah terucap dan itu menjadi penyesalan seumur hidupnya. Dua kalimat itu yang sering kali terucap oleh seorang wanita dan itu merupakan kebohongan terbesar baginya. Kadang juga terucap, "Aku mendoakanmu bahagia dengan temanmu itu" tetapi menangis dalam hati, dan tidak rela untuk melepaskannya. Memang diluar sana banyak yang lebih baik, yang lebih sabar, yang mempunyai kelebihan yang mempesona, tetapi kadang, kita lebih suka dengan pribadi yang sederhana, yang mau belajar untuk menjadi baik, tanpa harus bertanya, mengapa saya harus berubah, saya berubah untuk siapa???

Setiap orang bisa membuatmu tersenyum, tapi hanya dia yang bisa membuatmu bahagia. Kadang engkau tahu jika hatimu terasa sangat nyaman bila berada didekatnya, tetapi ketakutanmu membuatmu tidak bisa memilihnya dan lebih memilih membeku dalam ketidaktegasan. Hidup ini penuh dengan pilihan dan keputusan, ada baiknya untuk memilih daripada berdiri terlalu lama dipersimpangan jalan yang mempunyai banyak tujuan yang berbeda.

Setiap jalan yang akan engkau pilih masing-masing punya kehidupan yang berbeda, tinggal engkau siap atau tidak untuk menjalaninya bersama. Ada jalan yang awalnya memang terasa berat dan penuh dengan bebatuan yang dapat membuat kakimu terluka ketika melaluinya, tetapi diakhir perjalananmu tersedia hamparan taman indah yang akan membuat perjalananmu yang sulit itu terbayarkan.

Mengejar kebahagiaan itu seperti sedang membawa jaring yang cukup kecil dan harus mendapatkan seekor kupu-kupu yang tersebar di taman yang indah. Jika engkau ingin mendapatkan semua kupu-kupu, pada akhirnya engkau akan mendapati dirimu kelelahan dan tidak ada satu kupu-kupu yang akan masuk ke jaringmu. Kejarlah jika engkau yakin, tinggalkan jika engkau tidak yakin, jika masih ingin berharap pastikan engkau mempunyai kekuatan untuk mengejarnya. Mungkin tubuhnya masih belum jauh darimu, tetapi hatinya sudah sangat jauh meninggalkanmu.

Ada banyak hal yang akan lebih jelas jika engkau diam, sebab saat diam engkau bisa mendengar suara hatimu sendiri, dan jika engkau peka engkau bisa mendengar suara hatinya. Tetapi kadang diam akan menjadi salah, saat ada yang harus dijawab dan engkau memilih untuk diam. Mengapa harus marah untuk meyelesaikan masalah? kemarahan itu timbul saat hatimu tidak lagi bisa merasakan kedekatan dengan hatinya. Sehingga hatimu berteriak dan ingin hatinya kembali dekat denganmu.

Jangan persalahkan Tuhan saat engkau melihat dirimu sedang mengalami sesuatu yang buruk. Tahukah anda, sesuatu yang buruk terjadi supaya saat engkau menerima sesuatu yang baik, engkau akan merasa sangat bersukacita karenanya. Jangan cepat mengambil kesimpulan tentang hidupmu, sebab engkau belum mengetahui apa yang akan terjadi kedepannya. Percayakan jalan cerita cintamu kepadaNya, Tuhan adalah penulis naskah cinta terbaik sepanjang masa.

Ada hal-hal yang sulit engkau lepaskan karena hal itu masih engkau sukai. Ada hal-hal yang merupakan kebiasan atau sikap yang buruk dalam diri kita, yang walaupun bukan merupakan sebuah dosa, tetapi jika terus melakukan hal itu, engkau akan terluka dan melukai orang lain. Coba renungkan, berapa banyak orang yang terluka karenamu??? Apa penyebabnya??? Jangan-jangan karena sikap burukmu itu....

Dua hal yang membuat seseorang itu berubah: 1. Karena ia telah banyak belajar. 2. Karena ia telah banyak terluka. Salah satu penyebab masalah dalam sebuah hubungan adalah kecemburuan dan rasa memiliki yang sangat besar. Jangan marah terharap orang yang suka cemburu, sebab orang itu sedang dalam ketakutan, ia takut kehilanganmu. Cemburu itu ibarat sebuah bumbu dalam sebuah masakan, terlalu banyak bumbu juga tidak enak. Dalam sebuah pertengkaran, tidaklah penting siapa yang menang, yang penting siapa yang mengalah dan membuat pasangannya menang, dialah pemenang yang sebenarnya. Sama seperti seorang ayah yang sedang bermain panco dengan anaknya, ayah itu akan mengalah dan pura-pura kalah, supaya anak tersebut merasa bangga dan senang. Maukah engkau mengalah demi pasanganmu?

Jika engkau masih diberikan waktu sekali lagi untuk dapat mencintai orang yang sama, maukah engkau menanggalkan egomu dan pergi mengikuti orang yang engkau cintai itu??? Tahukah anda, cinta itu punya kekuatan yang dahsyat, bahkan semua hal-hal yang tadinya sulit, jika ada cinta, itu akan menjadi mudah. Cinta dapat membengkokkan baja yang keras dan tebal, Cinta dapat menghancurkan batu yang keras dan Cinta dapat membuat engkau lebih memahami pribadi setiap orang. Jika engkau memang mencintainya, engkau akan rela kehilangan semua hal lain, demi untuk mendapatkan dirinya, tetapi jika sampai sekarang ada hal-hal yang tidak mau engkau lepaskan, dan rela kehilangannya artinya engkau cuman mau dia berada disisimu, tetapi tidak mau memilikinya.

Dengan terus mengulangi kesalahan yang sama, akan membuatmu terlihat seperti orang lemah yang belum dapat mengalahkan sifat burukmu. Belajarlah, semua kata-kata ini bertujuan untuk supaya engkau belajar, bahwa hanya ada 2 pilihan untuk berubah, belajar yang banyak, atau nanti engkau akan berubah karena telah banyak disakiti. Pilihan ada ditanganmu.

Milikilah kecantikan batiniah yang jarang dimiliki oleh orang-orang lain. Sifat-sifat itu antara lain, kejujuran, keterbukaan, ketulusan, dan kepercayaan. Jika engkau memiliki sifat-sifat tersebut, engkau sebenarnya tidak perlu mencari pasangan hidup, merekalah yang akan mencarimu, sebab sifat-sifat itu sudah banyak ditinggalkan oleh orang-orang yang tidak suka dengan namanya komitmen. Hati mereka telah membeku, sebab sakit dimasa lalu yang telah dideritanya.

Cinta itu ibarat sepasang sepatu, jika memang cocok dengan kakimu, engkau tidak perlu memaksakan untuk bisa masuk. Jika memang terasa sempit dan engkau terus memakainya, jangan heran sepatu itu akan melukai kakimu. Jika dia memang pasangan hidup yang Tuhan berikan kepadamu, dia tidak akan terus menerus melukaimu dengan tindakan yang sama.

Don't love cause you pity. Don't love cause you wanna be loved. Love, cause your heart loves.

If you give your trust to a person who does not deserve it, you actually give him the power to destroy you.

If God gives me one more chance to love/forget you, I will choose to forget you. Because once I love you, I can't forget you.

Budiyanto Tandean


"When I say, "I love you," it's not because I want you or because I can't have you. It has nothing to do with me. I love what you are, what you do, how you try. I've seen your kindness and your strength. I've seen the best and the worst of you. And I understand with perfect clarity exactly what you are. You're a hell of a woman."

~ Joss Whedon
 .
.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
23