10 Sinyal Tubuh yang Patut Anda Perhatikan

Pernahkah anda semua mengalami, cegukan, kram, kedutan dimata? Pasti pernah. Menurut para ahli kesehatan itu merupakan sinyal-sinyal dari tubuh kita yang menunjukkan bahwa tubuh kita sedang mengalami gangguan. Meskipun gangguan ini ringan namun ada baiknya kita semua mengenalinya sehingga kita dapat lebih peduli pada kesehatan kita. Berikut ini ada sinyal-sinyal dari tubuh kita yang patut kita perhatikan.

1. Kedutan Pada Kelopak Mata
Adalah gerakan tak sadar dari bagian tubuh, dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja, seringkali terjadi pada otot-otot kecil, kadang kala pada otot besar. Ini menunjukan bahwa tubuh anda kurang beristirahat. Bahkan para ahli kesehatan sepakat bahwa 99% kekejangan pada mata diakibatkan tubuh anda dilanda stress dan lelah yang amat sangat. Tidak ada cara untuk menghilangkan kedutan selain memberikan tubuh dan mata anda istirahat. Mengompres mata dengan air hangat juga dapat membantu, karena pada daerah tersebut akan mendapatkan aliran darah yang cukup baik.

2. Terlalu Banyak Menguap
Menguap tidak selalu berarti mengantuk. Menguap merupakan sinyal dari bahwa tubuh anda kurang bergerak. Misalnya, anda terlalu serius bekerja sampai lupa anda sudah menghabiskan waktu 5 jam duduk di depan komputer. Terlalu banyak menguap juga berarti bahwa oksigen di dalam otak anda menurun jumlahnya. Kondisi ini dapat menyebabkan anda tidak berkonsentrasi terhadap pekerjaan anda dan menurunkan tingkat kewaspadaan anda terhadap lingkungan sekitar.

3. Cegukan
Jika anda mengalami cegukan padahal anda tidak sedang makan, itu bisa berarti bahwa tubuh anda mengalami stress. Hal ini karena dengan cegukan dapat melepaskan hormon stress ke dalam aliran darah, kemudian merangsang serat syaraf secara berlebihan. Akibatnya, terjadi kontraksi otot tak sadar yang terletak di dekat pita suara hingga menimbulkan bunyi. Cara termudah untuk meredakan cegukan tersebut adalah dengan menelan sedikit gula pasir. Butiran gula pasir akan menstimulir ujung saraf di balik kerongkongan sehingga menghambat impuls syaraf lainnya, sehingga cegukan pun reda.

4. Kram Kaki
Jika anda sering mengalami kram pada kaki setiap malam secara intens itu merupakan pertanda bahwa tubuh anda dehidrasi, kekurangan kalsium dan magnesium. Untuk mengatasinya minumlah air putih lebih banyak dari biasanya dan mengkonsumsi susu kalsium juga sangat dianjurkan.

5. Hidung Memerah
Tandanya anda terlalu banyak memakan makanan yang manis, contohnya cokelat. Makanan tersebut memicu pembuluh darah halus diujung hidung menjadi berkembang. Nah, jika seluruh hidung menjadi merah, sebaiknya kurangi makanan manis. Hidung merah juga bisa menjadi tolok ukur apakah beban jantung terlalu berat.

6. Bibir Berubah Warna
Bila bibir berwarna pucat tandanya anda kekurangan darah. Bila berwarna pucat keunguan bisa jadi ada masalah pada paru paru anda. Warna hitam menandakan masalah pada hati. Warna merah timbul apabila suhu tubuh terlalu tinggi. Sedangkan warna kuning halus menandakan jantung anda lemah.

7. Dahi Bertambah Keriput
Tandanya beban hati terlalu berat. Kurangi minuman beralkohol dan lemak hewani. Minumlah air 3 x sehari.

8. Rambut Cepat Beruban
Tandanya anda terlalu keras berfikir dan perasaan tertekan. Perbanyak konsumsi jenis tumbuhan air, susu sapi, kedelai hitam dan wijen hitam. Mungkin juga rambut beruban adalah faktor keturunan.

9. Lekuk Mata Hitam
Tandanya tubuh anda lelah sehingga beban ginjal menjadi berat. Kurangi mengonsumsi garam, gula, kopi dan teh kental. Anda harus memperbanyak mengonsumsi wortel susu sapi, kacang dan buah.

10. Pipi Berwarna Kelam Kabut
Tandanya tubuh anda kekurangan oksigen dan fungsi pernafasan terganggu. Berjalan santai di taman bisa membantu anda mendapatkan udara segar. Serta perbanyak konsumsi sayuran hijau. Gunanya untuk menambah protein dan menyerap mineral.
.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
23