Samurai (Rahasia Hidup Bahagia para Samurai)

Photo: Scene dalam film Samurai I: Musashi Miyamoto
Samurai adalah istilah untuk perwira militer kelas elit sebelum zaman industrialisasi di Jepang. Kata samurai berasal dari kata kerja “samorau” asal bahasa Jepang kuno, berubah menjadi “saburau” yang berarti melayani, dan akhirnya menjadi samurai yang bekerja sebagai pelayan bagi sang majikan.

Samurai terkenal sebagai ksatria paling ditakuti dan dihormati pada masanya, juga termasyhur pandai mengendalikan hawa nafsu dan sama sekali tak terpengaruh keadaan sekitar. Para samurai ini hidup berlandaskan nilai-nilai bushido yang mengutamakan keberanian, kehormatan, dan kesetiaan pribadi.
"Samurai terkenal sebagai ksatria paling ditakuti dan dihormati pada masanya, juga termasyhur pandai mengendalikan hawa nafsu dan sama sekali tak terpengaruh keadaan sekitar." 

Spiritual Samurai memaparkan nilai-nilai bushido yang diwariskan kaum samurai yang sampai saat ini masih tercermin di kehidupan masyarakat Jepang. Yang perlu diketahui bahwa pondasi utama filosofi para samurai ialah mencapai kebahagiaan sejati, baik dalam kemenangan atau pun kematian!

Simbol Bushido
Kehidupan para samurai diibaratkan seperti bunga sakura yang indah menawan namun berumur pendek. Karena itu samurai selalu mengingat kematian setiap saat. Hal itulah yang membuat mereka selalu menjaga diri dan pikirannya dari hal yang tidak pantas dan senantiasa melakukan yang terbaik di sepanjang hidupnya.

Spirit Samurai merupakan salah satu faktor yang membentuk karakter bangsa Jepang yang menjadikannya sebagai bangsa unggul, sehingga mampu bangkit dari kehancuran akibat Perang Dunia Kedua dan menjadi negara industri yang pesat perkembangannya di dunia.

Dengan pelajaran ini kita bisa menjalani kehidupan dengan mengutamakan nilai-nilai mulia seperti jujur, tanggung jawab, hormat, disiplin, kerjasama, adil, dan peduli yang oleh kaum samurai disebut sebagai bushido.
.
.

1 komentar:

Minggu, 25 Maret 2012 05.37.00 WIB ubuntu for share mengatakan...

luar biasa para samurai jepang,,aku ingin sekali punya prinsip hidup seperti mereka.

Poskan Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
23