Emo vs Gothic

Kesalahan Pemikiran tentang GOTHIC dan EMO

EMO
1. Tahun 1984,di Washington DC Amerika, adalah tahun ketika terjadi evolusi subculture music hardcore punk yang di pelopori Guy Picciotto dengan mendirikan Rites of Spring, Guy Picciotto adalah salah satu penggemar hardcore punk yang kecewa dengan kemunduran hardcore punk dengan maraknya aksi kekerasan dalam komunitas hardcore punk,di tambah lagi band idolanya Minor Threat menjadi begitu kental dengan muatan kepentingan politik individual atas komando dari frontman-nya Ian MacKaye.Guy Picciotto menginginkan sebuah konsep yang keluar dari batasan-batasan hardcore yang mengekang, dan menggantinya dengan gitar yang melodius, ritme yang bervariasi, dan lirik yang sangat penuh luapan emosi pribadi. Sebagian dari lirik lagu-lagu Rites of Spring telah menjadi metafora bagi pemusik emo dari generasi berikutnya, termasuk di antaranya tema-tema seperti nostalgia, kepahitan yang romantis, dan putus asa yang puitis.

Rites of Spring : Guy Picciotto (kiri) dan Mike Fellows (kanan).
Konser-konser Rites of Spring menjadi arena luapan emosi publik, para penonton sering kali menangis tersedu-sedu. Lebih dari itu, Guy juga sangat terharu ketika mengetahui idolanya, MacKaye, kini mengidolakan dirinya dan Rites of Spring, bahkan Mac juga membantu rekaman satu-satunya album Rites of Spring, dan bekerja sebagai roadie dalam konser keliling. MacKaye lalu mendirikan band sendiri bernama Embrace yang mengeksplorasi tema-tema serupa dengan Rites of Spring mengenai pencarian diri dan pelepasan emosi.Singkat kata singkat cerita, Rites of Spring dan Embrace mengusung konsep music perubahan dari hardcore punk yang lebih meluapkan emosi sehingga disebut emotional hardcore punk yang oleh media di amrik disingkat menjadi emocore, trus sampe taun 90-an terpangkas lagi menjadi emo dengan di tandai masuknya istilah ini ke dalam oxford dictionary.so, emo itu emotional hardcore punk, atau kalu di silsilahkan ya emo itu cucunya punk. Menurut Andy Greenwald penulis buku Nothing Feels Good: Punk Rock, Teenagers, and Emo, "Asal usul istilah emo diselubungi misteri ,tapi pertama kali muncul sebagai kebiasaan umum pada 1985. Kalau Minor Threat dianggap hardcore, maka Rites of Spring dengan fokus yang berbeda, bisa disebut emotional hardcore atau emocore. Michael Azerrad pengarang Our Band Could Be Your Life juga melacak asal usul kata emo: "Gaya bermusik seperti itu segera disebut 'emo-core', istilah yang dibenci oleh semua orang yang terlibat di dalamnya-atau bahkan menertawakannya…-, walaupun istilah dan pendekatan itu berkembang paling sedikit lima belas tahun kemudian, dan melahirkan band-band yang mengaku berkonsep emo. MacKaye juga mengenang kembali tahun 1985, dan mengingat ada sebuah artikel di majalah Thrasher yang menyebut Embrace dan grup-grup musik lain di Washington, D.C. sebagai "emo-core". Ketika itu, ia menganggapnya "istilah paling bodoh yang pernah aku dengar seumur hidupku." 

 Teori lain mengatakan istilah emo berasal dari penonton konser Embrace. Mereka meneriakkan kata "emocore" yang dimaksudkan sebagai ejekan bagi Embrace-karena pendirinya banting setir kearah music baru yang berbeda dengan hardcore-. Penggemar emo mengklaim bahwa MacKaye yang menciptakan istilah emo untuk mengejek dirinya sendiri di majalah, atau istilah tersebut berasal dari ciptaan Rites of Spring. Walapun demikian, Oxford English Dictionary mencatat bahwa istilah emo-core pertama kali digunakan tahun 1992, sementara istilah emo mulai dikenal pada tahun 1993. Kata emo pertama kali muncul di media cetak pada tahun 1995 di majalah New Musical Express. Intinya para dedengkot pelopor emo tidak menciptakan emo sebagai sebuah konsep yang lengkap,bahkan untuk namanya sekalipun…so,inilah jadinya, emo mengexpansi ke berbagai subculture yang lain tanpa tau maksudnya.

2. Emo itu penyampaian kata hati yang terluka, sakit, hancur pengkhianatan, broken home, bersenang-senang lepas, dan segala sesuatu yang bisa menampilkan eksistensi mereka (emo kid). Ujungnya juga ga jauh, emo kid biasa berprilaku sensitive mudah tersinggung, masokis(melukai diri sendiri), terbiasa dengan-juga melakukan-pengkhianatan, juga berdandan dengan mencolok agar mendapat pengakuan tentang keberadaan mereka. Pendek kata lebih kearah caper ama show off lah…



MacKaye, 2007
3. Perusahaan rekaman spesialis emocore dengan segera bermunculan di sekitar kalangan punk Washington, D.C., dan identik dengan grup-grup musik yang bernaung di bawah label Dischord Records milik MacKaye. Walaupun sebagian besar dari grup-grup tersebut enggan disebut band emo, mereka menerimanya dengan terpaksa. Veteran punk Jenny Toomey mengenang "Orang yang menggunakan istilah emo hanyalah orang-orang yang cemburu terhadap begitu besar dan fanatiknya penggemar pada waktu itu. Rites of Spring sudah ada sebelum istilah emo tercipta, dan mereka membencinya.namun merekapun menggunakannya, konsisten ga tuh….???." Kegemilangan emo di Washington, D.C. hanya bertahan beberapa tahun. Pada 1986, sebagian besar band-band utama, termasuk Rites of Spring, Embrace, Gray Matter, dan Beefeater sudah membubarkan diri. Walaupun demikian, ide dan estetika yang berasal dari mereka dengan cepat menyebar ke seluruh Amerika Serikat lewat majalah penggemar (zine), rekaman piringan hitam, dan kabar burung. Setelah beberapa lama, MacKaye dan Piccioto, bersama Brendan Canty (pemain drum Rites of Spring) membentuk Fugazi. Walaupun anggotanya terkait dengan dunia emo, Fugazi umumnya tidak diakui sebagai grup musik emo. Lho kok bisa……????????

4. Ciri vocal band emo adalah pengungkapan feel lagunya kena banget…tapi gak touchy…sory, aku ga bilang kalo emo asal teriak…

5. Soal fashion,emo mencomot dari tampilan scene. Katanya sih emo is the music and scene is the fashion. Tau kan gimana bentuknya…???
  • Rambut berponi panjang n spikey yang di sisir rapi ke samping dengan penegasan highlight dan dicat hitam, kadang-kadang di padu dengan warna yang menculek-culek kayak warna merah pink,oranye,or dll. Bentuknya asimetris dan bervolume, makanya perlu di sasak atau teasing.
  • Pale skin, wajah yang putih pucat, dengan lips gloss yang senada dengan warna kulit (buat yang emo girl), trus penegasan daerah mata dengan eyeliner dan eyeshadow. Ga ketinggalan face and body pierching, juga kacamata berframe hitam.
  • Kaos n celana ketat, kalo emo girl pake ajar ok berrenda. Soal warna sih biasanya atasan ma bawahan ada paduan antara warna hitam dan warna kontras.
  • Jangan ketinggalan juga accesorisnya, sabuk non kulit bergasper, cat kuku hitam, kalung dan liontin besar, gelang warna hitam ato yang mencolok.
  • Sepatu wajibnya tu sepatu santai yang bertali n bermerk, merk lokal juga gak dosa kok he…he…he…
  • Bagi yang emo-nya gak setengah-setengah, biasanya mereka suka kebawa suasana sedih mereka dengan cara masokis, itu tuh yang suka melukai dirinya pake silet,katanya sih bisa ngerasa nyaman. Hmmm… gak salah juga, endorphin orang kan beda-beda, asal jangan harakiri aja…
 


7. Emo identik dengan musik yang berlirik puitis, melankolis, berarti dalam, mengandung banyak kemarahan dan kesedihan tentang kematian, keinginan untuk bunuh diri, ditinggal kekasih, hidup yang susah atau tentang keluarga yang broken home.. semua itu di sampaikan dengan begitu emosional.
Daftar artis yang EMO : 30 Seconds to Mars, The All-American Rejects, Panic! at the Disco, Paramore, New Found Glory, Boys Like Girls, Rites of Spring, Saosin, Simple Plan, Tokio Hotel, Embrace, Fall Out Boy, The Used, My Chemical Romance, etc.


8. Kalo aja ada yang bilang emo merupakan perpaduan dari punk ama gothic itu salah besar. Emo merupakan turunan dari hardcore punk seperti yang uda ku tulis di atas, kalo soal penampilan emo ngambil dari scene karena kebawa sifat mereka yang ingin berpenampilan nyentrik ama di selaraskan dengan kebiasaan masokis mereka.soal ideologi, sama sekali ga ada campur tangan gothic di emo. Jadi emo merupakan turunan murni dari hardcore. Lagi pula lifestyle emo bertentangan dengan gothic (simak pembahasan gothic)

GOTHIC
1. Istilah gothic berasal dari nama suku nenek moyang bangsa Jerman, Visigoth, yang berkepercayaan pagan. Orang-orang Visigoth di kenal sebagai bangsa bar-bar yang pemberani, setia dan pemangsa yang kejam, gak heran kalo mereka jadi musuh yang paling merepotkan tentara kerajaan Romawi. Dari segi kekuatan memang mereka gak sebanding dengan tentara Romawi, namun jika mereka merasa terganggu atau kurang aman, mereka akan membunuhi siapapun musuhnya tanpa bersisa !

Penggambaran historis tidak akurat dari "prajurit Jerman" seperti digambarkan dalam Philipp Cl├╝ver's Germania Antiqua (1616).

2. Budaya mereka terkesan gelap dan gloomy, tentu saja sesuai dengan kepercayaan mereka.kebudayaan seperti ini di tampilkan dalam berbagai karya mereka seperti arsitektural lagu, syair, dongeng, fashion, dll.
Di kemudian hari, Romawi menggunakan kebudayaan Visigoth dengan paganisme mereka untuk menembus barikade kepercayaan mereka untuk di kembalikan pada Kristus. Cara ini terbekas pada model arsitektur gereja-gereja kuno.

Masjid Cordoba, Spanyol
Juga ketika Islam menguasai Spanyol dan Andalusia, pembangunan masjid di wilayah ini tak luput dari sentuhan kebudayaan gothic. Asal tau saja, Spanyol juga salah satu wilayah migrasi bangsa Visigoth. Trus sekarang bandingin dengan arsitektur masjid nabawi yang jauh di seberang Madinah. Kenapa sangat mirip dengan arsitektur bangunan di Spanyol yang di dominasi gaya Visigoth yang pagan…??
Ternyata banyak kepercayaan dan agama di dunia ini mengakui dan salut kepada orang-orang Visigoth karena ideologi kejujuran dan kesetiaan mereka, karena ketulusan dan pengabdian mereka.

Ternyata banyak kepercayaan dan agama di dunia ini mengakui dan salut kepada orang-orang Visigoth karena ideologi kejujuran dan kesetiaan mereka, karena ketulusan dan pengabdian mereka.

3. Pada awal milenium pertama, kaum Gothic mengembara ke seluruh benua Eropa. Mereka berangkat dari Skandinavia sebelum tahun-tahun pertama Masehi dan sampai di sebelah selatan daerah yang sekarang disebut Rusia bagian selatan pada pertengahan abad ke-3. Pada abad ke-4 kaum Gothic seperti banyak suku Jermanik lainnya harus minggir untuk bangsa Hun dan mulai bermigrasi ke barat.yang kemudian budaya gothic banyak di pengaruhi budaya Yunani, Slavia, dan Iran. Saat penyebaran mereka inilah kebudayaan gothic mulai di kenal dan diadopsi di seluruh Eropa. Esensi budaya gothic terus di kembangkan hingga sekarang, hingga orang-orang yang ada sekarang tidak menyadari bahwa yang mereka pelajari adalah kebudayaan gothic.

Orang-orang gothess yang ramah di stasiun KA Basel, Swiss. Author : Rama (13 November 2005)

Paganisme - agama termasuk pra-Ibrani
4. Setelah sekian lama kebudayaan itu berkembang dan terus di adaptasi,maka sekarang adalah era baru kebudayaan gothic. Kebudayaan gothic sekarang sama sekali bukanlah pagan atau satanis tetapi jika pagan atau satanis ada dalam diri gothess (pecinta gothic) pun tidak masalah.justru gothic sekarang merupakan budaya yang penuh kesetiaan dan pengabdian pada kepercayaan dan agama masing-masing.

Neopaganism : Pagan handfasting ceremony at Avebury in England (Beltane 2005), May 1st 2005. [http://www.shahmai.org]
Trus kenapa gothic sekarang di identikkan dengan kesesatan satanis atau murder dan persembahan?
  • Pertama, pendahulu gothic yaitu bangsa Visigoth merupakan bangsa penganut pagan sehingga penampilan para gothic identic dengan gelap dan gloomy, tapi tetep gak mutlak sesat.
  • Kedua, karena seorang artis bernama Marilyn Manson yang sejak awal mengaku seorang gothic, selalu menonjolkan aksi murderisasi dan satanic, sampai pada ketika dia di angkat menjadi pendeta di gereja setan, oleh Anton Lavey, profesi dan kepopuleran Manson yang seorang public figure menjadi banyak acuan salah dari banyak orang sehingga mengatakan bahwa gothic itu satanis, padahal itu salah besar. Satanis bukan hal yang wajib di gothic. Sekali lagi gothic bukan satanis atau kekejaman, karena yang seperti itu adalah black dan death metal : Dimmu Borgir, Windir, Satyricon, Christ Denied, etc. Gothic itu ideologi yang penuh dengan kebaikan hati.

Marilyn Manson bersama Anton Lavey
Band-band yang termasuk GOTHIC : Evanescence, Xandria, Delain, Gregorian, Theatre of Tragedy, Lacuna Coil, Nightwish, Within Temptation, Haggard, Epica, The Cure, Marilyn Manson (musiknya emang gothic tapi dia seorang satanic), Nine Inch Nail, HIM, Sirenia, Anathema, Lacrimosa, Deine Lakaien, Moonspel, DeathStar, Draconian, Cradle of Filth [lebih cenderung kepada Black Metal], dll. 





The Cure

Band-band lokal sub GOTHICTotal Tragedy, Gelap, Dreamer, Amatory, Dhanyank, Dramatical Misery (6 band diawal penyebutan ini katanya yang cukup populer), Anueta, Arevhutus, D'lonix, Fragment of Euthanasia, Geboren, Gibraltar, In Loving Memory (gothic doom), Innerbeauty (gothic doom speed), Nocternity, Restless, Unread Lips, dll.

Total Tragedy, sebuah band gothic metal dari Surabaya.
Cradle of Filth dari London menganut aliran melodic black metal, memang musiknya ada yang cenderung ke nuansa Gothic seperti lagu Nymphetamine, dan Temptation. Tpi jika anda penggemar musik underground seharusnya bisa membedakan antara Gothic, Black, death, thrash, sludge, power, doom,dan masih banyak yang lain nya yang mana tidak ada di Indonesia seperti stoner metal dll.

Cradle of Filth
Berbagai aliran gothic bisa di lihat jika anda sekalian tahu berbagai aliran musik gothic karena paling tidak ada beberapa aliran musik gothic :
  • Gothic Classic : Epica, Haggard, Nightwish, etc
  • Gothic Black Metal : The Sins of Thy Beloved, Theatre of Tragedy, etc
  • Gothic Rock : After Forever, Within Temptation, etc
  • Gothic Murni, gothic choir dll.
Sebagai contoh lyric dari Mr. David lagunya Within Temptation dari album The Silent Force 2004 yang judul nya “See Who I am ” kebetulan saya punya albumnya, harus diakui memang ada band gothic yang memainkan nada yang sedih seperti Lacrimosa, yang menceritakan penderitaan tapi ingat bahwa band yang memainkan lyric seperti itu biasanya band yang menganut aliran doom metal seperti My Dying Bride.

Jadi gothic tidak cenderung ke arah satanic karena yang ke arah satanic adalah band band yang menganut aliran black metal : Dimmu Borgir, Windir, Satyricon, Christ Denied….etc.
gfbfg
5. Music gothic sendiri juga terkesan gloomy, mendayu, touchy, tapi ga mellow, dengan lirik yang penuh dengan depresi, gloomy, kesedihan, kekecewaan, pengorbanan, kesetiaan, kebencian, ataupun pemberontakan dan perlawanan.

Amy Lee

6. Tentang Haggard, Epica, dan Nightwish, banyak yang bilang kalo band-band ini bukan gothic tetapi symphonic metal. Haaaaa….haaa……hey jangan lupa, music gothic merupakan bagian dari music underground yang berarti juga saudaranya metal. Sementara itu gothic telah dikembangkan sejak berabad-abad yang lalu salah satunya melalui music seperti symphony dan orchestra. So, jangan salah yang kalian sebut symphonic metal itu sebenarnya classical gothic salah satu sub culture gothic.

Epica
7. Soal Evanescence, meski mereka sendiri membantah sebagai band gothic, tapi dari segi komposisi music, mereka cenderung ke gothic, lebih tepatnya gothic rock. Trus kenapa mereka membantah….? Mungkin aja mereka belum bisa bedain gothic ama death n dark metal kali.. kayak banyak orang ketakutan disebut sesat he…he…he…
Ga peduli dari mana aslanya, Eropa, Amerika, Asia, Afrika kalo uda jadi gothic ya.. berarti di gothess kayak Evanes tuh…

Evanescence
8. Tentang fashion, gothess ga perlu pusing-pusing, gothic tu simple, penampilan rapi, serba hitam, termasuk rambut pakaian ma sepatu,
Rambut dirawat yang rapi,
Baju baiknya lengan panjang warna hitam,
Celana hitam,
Sepatu,disesuaikan aja ma selera dan acara, yang penting hitam.

Soal accesoris juga ga wajib, gothic tuh simple, rapi, baik hati n murah senyum, tapi kalo mau se ga pa pa,
Pale skin, muka putih pucat dengan kaca mata hitam atau dengan eye shadow hitam.
Pierching ga wajib
Gelang-gelang hitam
Cincin logam putih yang unik dan artistic.

Di rerumputan : Salah satu tahapan festival dalam Klara-Zetkin-Park.
Gothess cewek : Dalam tahapan festival dalam Klara-Zetkin-Park.
Gothic company dengan trem mereka. Dalam tahapan festival dalam Klara-Zetkin-Park.
Gothess cewek : Dalam tahapan festival dalam Klara-Zetkin-Park.
Not beautiful by ~*AstarothPriestess
Wind in your hair by ~xPorcelainHeartx
Lost goth girl, by ~SpookyDigitalGirl
by ~Linda Willjamy
by ~hybrid4u
"Why so Serious?" by Joker
Classic Goth by ~SpookyDigitalGirl
by ~Linda Willjamy

Castle party 2008, Bolkow, Poland
Copyright © 2008 Grzesiek "NOMAD"
ALL RIGHTS RESERVED
Ayu Ratna ex Garasi
Amy Lee, Evanescence
Cristina Scabbia, Lacuna Coil
Mischa Barton berbusana dan memakai aksesoris yang bertema gothic rock chic di Paris Fashion Week, 28 September 2008 silam di Paris, Perancis.
Mischa Barton menghadiri Marlies Dekkers Paris Fashion Show, 28 September 2008 di Paris, Perancis. Mischa berbusana dan memakai aksesoris yang bertema gothic rock chic di Paris Fashion Week.

Gothic Wedding Dress



9. Kepribadian para gothess juga simple, mereka suka dengan semua karya seni, sesuatu yang mengasah otak seperti game dan music. Mereka lebih bersikap tenang dan santai di setiap suasana, look around, dan selalu tanggap dalam setiap masalah.mereka menyukai hal-hal yang romantic seperti bunga, parfum, puisi yang menyentuh, malam yang tenang, ataupun ngedate yang romantic.
Ciri utama para gothess adalah mempunyai kejujuran,ketulusan dan kesetiaan yang mereka agung-agungkan. Mereka akan membeci dengan sebenci-bencinya terhadap pengkhianat. Mereka tidak pernah takut apapun kecuali kehilangan keyakinan dan ketenangan mereka.


MENGAPA EMO BERBEDA DENGAN GOTHIC
Emo memulai tahapan yang matrealis, meninggalkan anti kemapanan, kehidupan yang penuh accesoris, mengutamakan penampilan, kasar, ingin selalu eksis (sok nampang)
Akrab-juga suka melakukan-pengkhianatan, perselingkuhan.
Sok mendramatisir keadaan alias cengeng.
Emosi yang labil.

Sory, gothic terlalu polos untuk orang-orang kayak gini.

"Aku bernaung di bawah bayangan yang gelap bukan karena aku ingin memilih jalan yang menyimpang,aku hanya mencari keteduhan…..."

*Thx: wikipedia
.
.

11 komentar:

Kamis, 13 Januari 2011 10.51.00 WIB Anonim mengatakan...

keren.. setuju !

Sabtu, 12 Maret 2011 07.54.00 WIB Anonim mengatakan...

Great

Rabu, 23 Maret 2011 17.50.00 WIB Anonim mengatakan...

keren,
ternyata beda bangetya emo ma gothic ...

Jumat, 08 April 2011 15.26.00 WIB Anonim mengatakan...

good...!!

Selasa, 18 Oktober 2011 13.00.00 WIB Anonim mengatakan...

jadi kalo gothic itu udah ad dari nenek moyang gitu ya
kalo emo terlahir karna adanya keselisihan/salah paham tentang aliran music itu sendiri gini y gan

Sabtu, 14 Januari 2012 00.00.00 WIB Anonim mengatakan...

bagus

aku sangan seneng magothick mulai dari musicnya, watahnya, style, dll

hidup gothick

Sabtu, 31 Maret 2012 21.27.00 WIB princess gothess mengatakan...

mantapp.. keren2 , jadi ngerti beda emo sama gothess, bnyk yg bilang style aku emo, padahal sebenernya suka sama yg berbau gothic.
skrg saya tau harus jawab apa saat mereka berkata bgtu. :)
i am a gothess..

Sabtu, 02 Juni 2012 09.21.00 WIB Anonim mengatakan...

rasanya Evanescence itu BUKAN Gothic deh...

Amy sendiri lebih suka menganggap bandnya sebagai alternative rock

kalau Nightwish, Epica, sih memang gothic...

tapi kenapa WITHIN TEMPTATION gak disebut? sudah jelas mereka juga termasuk band terkemuka di sini....nya

Jumat, 21 September 2012 13.06.00 WIB Anonim mengatakan...

sejak kapan 30 second to mars emo..?

apa karena poni lemparnya jared leto..?

panic at the disco, new found glory emo..? -_-

Kamis, 15 November 2012 12.23.00 WIB Anonim mengatakan...

I blog often and I really appreciate your content.
The article has truly peaked my interest. I will bookmark your website
and keep checking for new information about once a week. I opted in for
your RSS feed too.
Feel free to surf my site 301blackfriday.com

Selasa, 12 Februari 2013 03.55.00 WIB Anonim mengatakan...

wah ni yg saya cari selama ini kirain emo ma gotik sama setelah bacaa beda jauh jd gothik tu lebih ke karakter liriknya bukan aliran musiknya

Poskan Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
23