Apakah Anda Seorang Pemimpin atau Hanya Sekedar Boss?

Setiap pemimpin adalah bos. Tapi setiap bos belum tentu seorang pemimpin. Ini mendefinisikan perbedaan antara seorang bos dan seorang pemimpin. Perbedaan terbesar antara seorang bos dan seorang pemimpin adalah satu. Bos dihormati dan dipatuhi karena senioritas nya. Seorang pemimpin dihormati dan dipandang sebagai contoh bukan hanya karena senioritas tetapi terutama karena kualitas karakter dan kemampuan.

Mereka yang bercita-cita untuk menjadi pemimpin harus memimpin dengan contoh. Tim selalu harus memiliki keyakinan bahwa pemimpin akan berada di sana selama ada krisis atau masalah. Bukan untuk memperbaiki kesalahan, tetapi memperbaiki masalah. Jika anggota tim menemukan bahwa pemimpin tidak mengikuti apa yang diutarakan, mereka tidak akan memiliki rasa hormat baginya. Mereka mungkin mematuhinya, tapi akan kehilangan rasa hormat dari mereka. Pemimpin mendapatkan hal ini dengan tindakan mereka. Mereka melihat dan bertindak tulus. Tidak ada ketidaksesuaian antara kata-kata mereka dan tindakan(konsekuen). Mereka terlihat integral dalam pendekatan dan karakter.
Untuk menjadi seorang pemimpin, setiap bos harus menampilkan ciri-ciri seperti pengetahuan, perencanaan, antisipasi, tinjauan ke masa depan, tindakan, pendekatan berorientasi hasil, perspektif, menghormati setiap anggota tim, mendapatkan rasa hormat mereka, bertindak sebagai teman dan bertindak sebagai mentor. Ini cukup mendasari, tetapi jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin yang baik Anda perlu kualitas ini. Hal ini berlaku tidak hanya bagi para pemimpin nasional tetapi bagi orang-orang di setiap posisi kepemimpinan dalam organisasi mana pun. Setelah seseorang mendapatkan rasa hormat dari / anggota tim nya dia tidak lagi hanya sekedar bos tapi telah berubah menjadi pemimpin.

Kita cenderung percaya bahwa seorang pemimpin (memiliki otoritas tertinggi) atau seseorang dengan gelar mentereng, mendapatkan posisinya atau gelar mereka karena kualitas kepemimpinan mereka. Namun, dalam banyak kasus tidak ada korelasi antara posisi seseorang dan kemampuan kepemimpinan mereka. Hanya memiliki gelar mentereng tidak membuat Anda otomatis menjadi seorang pemimpin, kepemimpinan adalah tentang pengaruh. Mungkin saat ini, gelar hanya mampu memberi Anda waktu untuk latihan kepemimpinan yang benar, apakah kemampuan kepemimpinan Anda bertambah atau berkurang yang akhirnya gagal.

Ada perbedaan besar antara menjadi bos dan menjadi pemimpin ...! Pertimbangkan hal berikut ...

Seorang BOS menciptakan rasa takut dalam diri anak buahnya
Seorang PEMIMPIN membangun kepercayaan

Seorang BOS mengatakan “saya”.
Seorang PEMIMPIN mengatakan “kita”

Seorang BOS tahu bagaimana pekerjaan harus dilakukan.
Seorang PEMIMPIN tahu bagaimana suatu karier harus ditempa

Seorang BOS mengandalkan kekuasaan.
Seorang PEMIMPIN mengandalkan kerjasama.

Seorang BOS menyetir
Seorang PEMIMPIN memimpin

Seorang BOS menyalahkan
Seorang PEMIMPIN menyelesaikan masalah dan memperbaiki kesalahan

Seorang BOS menguasai 10% tenaga kerja bermasalah.
Seorang PEMIMPIN menguasai 90% tenaga kerja yang kooperatif.

Seorang BOS menyebabkan dendam bertumbuh.
Seorang PEMIMPIN memupuk antusiasme yang bertumbuh

Seorang BOS menyebabkan pekerjaan menjemukan
Seorang PEMIMPIN menyebabkan pekerjaan menyenangkan/menarik

Seorang BOS melihat masalah sebagai musibah yang akan menghancurkan perusahaan
Seorang PEMIMPIN melihat masalah sebagai kesempatan yang dapat diatasi staff yang bersatu padu, dan berubah menjadi pertumbuhan.

INGAT. SEORANG BOS BERKATA, “PERGI!”
SEORANG PEMIMPIN BERKATA, “AYO PERGI”  H. Gordon Selfridge

Seorang PEMIMPIN memupuk antusiasme yang bertumbuh
Semua orang HARUS menurut dan tunduk kepada boss hanya karena mereka ingin mempertahankan pekerjaan mereka saja. Sebaliknya seorang pemimpin dimanapun mereka akan selalu diikuti dan dipatuhi oleh karena SIAPA MEREKA (Pemimpin). Banyak pemimpin sekarang ini memimpin dengan hanya bergantung pada posisi mereka (kekuasaan). Bagaimana dengan anda?

*chillinaris™ (thanks to ezinearticles.com)
.
.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
23